Cara Mudah Mengganti Favicon di Blogger Versi Terbaru (Blogspot)

Mulkiaja.com - Cara Mengubah Favicon di Blogspot Terbaru Google telah merilis tampilan atau update terbaru untuk platform Blogger di tahun 2020 ini. Dan menurut informasi antarmuka blogger baru tersebut akan diterapkan secara otomatis untuk semua akun Blogger. Meskipun demikian, kalian yang cukup asing dan kurang nyaman dengan tampilan Blogger yang baru, maka bisa mengembalikannya ke versi lama atau klasik. Caranya cukup dengan masuk ke akun Blogger, kemudian klik tombol “Kembalikan ke Blogger Lama” yang ada di bagian paling bawah sisi kiri layar. 


Cara Mengubah Favicon di Blogspot Terbaru
Contoh logo favicon di Blog


Blogger versi baru ini ada banyak perubahan. Salah satunya yakni pada bagian menu Tata Letak, yang berfungsi untuk mengatur layout template. Perubahan yang mencolok yakni untuk opsi mengubah favicon blog. Kalau dulu opsi untuk mengganti favicon tersebut berada di menu Tata Letak atau Layout. Tetapi di tampilan Blogger baru fitur tersebut sudah dihilangkan dari menu Tata Letak tersebut. 

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mengganti favicon default Blogger menjadi favicon buatan sendiri? Tenang saja, fitur untuk mengubah favicon di blogspot tersebut tetap ada, hanya letaknya saja yang dipindah. Penasaran dengan cara mengganti favicon di Blogger versi baru tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 


Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Terbaru 2020

Sebenarnya mudah tentang bagaimana cara mengganti favicon di Blogger tampilan terbaru. Hanya saja beberapa pengguna sedikit ada perubahan, Dimana letaknya tidak sama seperti Blogger versi klasik atau lama. Karena dengan adanya perubahan ini maka dari itu saya mencoba membahasnya pada artikel kali ini. 

Namun, sebelum lanjut ke cara ganti favicon blog di Blogger baru, sebaiknya ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Favicon harus dalam format PNG, JPG, ICO, ataupun GIF
  • Ukuran favicon tidak boleh lebih dari 100 kb.
  • Bentuk favicon harus persegi (square) dengan rasio yang sama. Sebagai contoh, ukuran default 16x16 pixels. 
  • Agar favicon backgroundnya transparan, maka disarankan untuk menggunakan format PNG atau GIF (favicon bergerak).

Kalau beberapa syarat dan ketentuan di atas sudah dipahami, sekarang lanjut ke langkah-langkah untuk mengganti favicon di blog pribadi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kunjungi situs Blogger dan login dengan menggunakan akun pribadimu. 
  • Pada blog yang ingin diubah faviconnya, selanjutnya kamu klik pada menu Setelan atau Settings yang ada di sisi kiri tampilan. 
  • Di bagian bawah opsi untuk menambahkan ID Properti Google Analytics, di sana ada opsi Favicon. 

Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru
Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru

  • Klik pada opsi Favicon tersebut, maka kamu akan dibawa ke halaman baru untuk menambahkan favicon blog. 
  • Selanjutnya klik tombol Pilih File, kemudian cari file favicon yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Jika sudah ketemu, lanjut dengan klik Open
  • Langsung terapkan favicon tersebut di blog dengan cara klik tombol Simpan. 
  • Selesai. 

Catatan: Favicon tidak akan langsung berubah, melainkan harus menunggu beberapa waktu. Waktu tersebut bervariasi, bisa 1x24 jam, 2 hari, atau bahkan ada yang sampai 5 hari. Ini karena Google perlu waktu untuk mengganti favicon default Blogger ke favicon baru yang kamu unggah tersebut.

Cara Membuat Favicon yang Mudah untuk Pemula

Membuat Favicon blog sama mudahnya dengan membuat logo untuk sebuah blog. Disini kamu bisa menggunakan software khusus seperti Adobe Photoshop untuk membuatnya. Biasanya saya menggunakan Adobe Illustrator untuk pembuatan logo dan favicon blog tersebut. 

Untuk membuat logo dan favicon blog dengan Adobe Illustrator membutuhkan spesifikasi PC atau Laptop yang lumayan tinggi, tapi disini kamu bisa menggunakan software Adobe Photoshop CS untuk alternatifnya. Berikut ini langkah-langkah membuat logo dan favicon blog dengan adobe Photoshop CS sebagai berikut :

  • Pertama pastikan bahwa kamu sudah menginstall software Adobe Photoshop CS di PC atau laptopmu, jika belum punya kamu bisa download terlebih dahulu disini Adobe Photoshop CS
  • Untuk membuat logo dan favicon dengan jenis font yang unik kamu bisa mengunjungi situs 1001 Font
  • Nah, setelah menginstall Adobe Photoshop, Disini saya asumsikan anda sudah tahu cara menginstall Adobe Photoshop dan menambahkan font baru di Windows. 
  •  Pada halaman utama software Photoshop, kamu buat lembar baru dengan cara klik tombol Ctrl + N.
  • Atur ukuran lembar kertas 100x100 dengan format pixels. anda bisa menyesuaikan ukuran lembar kertas tersebut sesuai selera anda. Kalau sudah, selanjutnya klik tombol OK.
  • Agar lebih mudah, saya akan membuat logo dan favicon menggunakan font unik saja. Jadi tidak perlu skill khusus untuk membuatnya. Pertama klik Horizontal Type Tool atau dengan ikon T, lalu klik pada lembar kertas. Kamu juga bisa menambahkan objek lain agar favicon lebih menarik. Misalnya saja menambahkan objek lingkaran sebagai background dari favicon. 

Cara Mengubah Favicon di Blogspot Terbaru
Cara membuat favicon

Sekarang kita sudah berhasil membuat favicon blog menggunakan Adobe Photoshop CS. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk blog pribadi. Cara mengubahnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Itulah tadi cara mengganti favicon di Blogger versi baru yang bisa coba kamu praktekan sendiri. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadi, supaya Mulkiaja.com bisa terus memberikan informasi menarik untuk kalian semua. Salam hormat dari saya dan Terima kasih.
Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengganti Favicon di Blogger Versi Terbaru (Blogspot)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel