√ 4 Alasan Orang Unsubscribe Blog Anda

4 Alasan Orang Unsubscribe Blog Anda


Konten Blog Sebagai Indikator Kualitas Blog

Konten blog adalah indikator utama bagi seorang blogger untuk mengetahui seberapa besar kualitas artikel blog yang ditampilkan untuk para pembaca atau pelanggan blog Anda, maka dari itu pentingnya konten blog berkualitas untuk memberikan value terhadap blog yang telah kita buat.

Blogging merupakan aktivitas yang saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Selain sebagai sarana ekspresi diri, blogging kini juga dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan melalui aktivitas blogging yang dimonetisasi lewat Google Adsense. Namun, untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan blogging ini, seorang blogger harus berjuang dan bekerja keras agar blognya laku dan banyak pengunjungnya.

Salah satu cara agar blog laris manis adalah dengan meningkatkan jumlah pelanggan blog. Pelanggan adalah orang yang berlangganan informasi atau pembaruan dari blog Anda. Dengan memiliki jumlah pelanggan yang besar, potensi untuk menarik pengunjung akan semakin jauh lebih besar.

Baca juga : Keuntungan dan Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blog

Namun sangat disayangkan saat ini masih banyak blogger yang gagal mempertahankan subscribernya dengan baik. Jumlah subscriber blognya menurun karena sangat mudah bagi pelanggan blog ini untuk unsubscribe blog atau berhenti berlangganan. Tentu saja, ketika Anda melihat banyak pelanggan blog berhenti berlangganan, itu berarti blog Anda bermasalah baik itu dari artikel blog maupun informasi yang diberikan pembaca mungkin tidak akurat.

Dari situ, Anda perlu mengevaluasi dan memperbaiki diri jika tidak ingin subscriber blog Anda terus menurun. Langkah pertama adalah mengidentifikasi alasan pelanggan meninggalkan blog Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang mungkin berhenti berlangganan dari blog Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

1. Konten yang Tidak Terkait Dengan Kebutuhan Pembaca 

Alasan nomor satu orang berhenti berlangganan dari blog adalah konten yang tidak terkait dengan kebutuhan pembaca. Contoh pada awal, Anda bisa menulis artikel blog yang sesuai dengan blog dan kebutuhan Anda. Namun karena kesibukan blogging, terkadang blogger bisa kehilangan konsentrasi dan tidak fokus dengan apa yang ditulis. Sehingga pembaca merasa artikel blog yang Anda buat tidak nyambung bahkan mungkin keluar dari topik yang sedang dibahas.

Akibatnya, konten yang disajikan berubah arah dan tidak lagi seperti dulu. Ketika konten yang Anda tulis tidak lagi relevan, pelanggan blog kita dapat meninggalkan Anda dengan berhenti berlangganan (unsubscribe) karena konten yang ada dianggap tidak memenuhi harapan dan kebutuhan pembaca. 

Maka sebagai blogger kita harus memberikan informasi yang sedang dibutuhkan pembaca, selain itu artikel blog yang dibuat memilki poin-poin penting yang sedang dicari oleh pelanggan. Jika artikel blog sudah memenuhi informasi yang dicari subscriber, maka tidak perlu khawatir bahwa pelanggan tidak akan lagi melakukan unsubscribe pada blog Anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

2. Artikel Blog yang Berulang dan Membosankan

Ketika blogger merasa kesulitan dalam menulis dan merasa stuck idenya. Ini bisa terjadi karena mereka tidak tahu kapan harus menulis konten. Pada saat hal ini terjadi dan mereka terpaksa untuk menulis, hasilnya sering berupa teks yang berulang dan monoton terkadang tidak karuan artikel blognya.

Artikel blog yang sama berulang-ulang sebenarnya kurang baik karena akan membuat orang merasa monoton ketika tidak ada informasi baru yang bisa dibaca. Ketika orang sudah merasa bosan dan lelah terhadap konten Anda yang tidak update, inilah alasan orang untuk berhenti berlangganan (unsubscribe) blog Anda.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, tentunya Anda harus kreatif dan terus berinovasi dalam membuat konten. Jangan fokus pada hal yang sama. Anda harus mengeksplorasi ide dengan berita terkini dan berita yang terkait dengan topik blog Anda. Bagaimanapun konten adalah informasi yang dibutuhkan oleh pembaca seyogyanya sebagai konten kreator Anda memberikan informasi-informasi terbaru Agar pembaca merasa blog Anda bermanfaat.

Baca Juga : Panduan dan Tips Belajar Membuat Blog Untuk Pemula

3. Konten Hoax dan Non-Original 

Ingatlah bahwa pelanggan blog Anda mungkin adalah orang-orang yang lebih tahu semua tentang kejadian terkini. Mereka kemungkinan besar memiliki sumber tambahan sebagai referensi selain informasi dari blog Anda.

Ketika mereka menemukan bahwa konten Anda tiba-tiba berubah karena tidak lagi orisinal, mereka mungkin tidak akan menghormati Anda. Jika mereka menemukannya lebih dari sekali, mereka mungkin bosan dan berhenti mengikuti blog Anda. Jadi berhati-hatilah!

Semaksimal mungkin buatlah konten blog yang banyak dicari oleh audiens, misalnya konten blog pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, baik itu konten blog tentang pelajaran sekolah maupun edukasi tentang ilmu pengetahuan.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

4. Banyaknya Spam Email Subscriber Masuk

Pelanggan blog atau subscriber sebenarnya akan menerima pembaruan blog melalui email ketika mereka menjadi subscriber blog Anda. Pada saat mengirim pembaruan, konten yang ada akan muncul di kotak masuk Anda. Tentu saja, di kotak masuk email ini tidak hanya blog Anda yang tampil disana.

Ketika pelanggan ini menemukan kotak masuk email mereka terlalu penuh, mereka sering menghapus beberapa email yang tidak penting. Di sinilah subscriber blog Anda dapat memutuskan untuk menghapus email dan menghentikan email atau berhenti berlangganan dari blog Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Untuk menangani email Anda yang dihapus dan kemudian berhenti berlangganan, Anda perlu mengirim konten yang tidak intens atau terlalu sering mengirim email. Jadi kirimkan konten blog Anda secara jarang-jarang dengan frekuensi dan jeda waktu. Anda dapat menghitung sendiri latensi yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan subscriber target blog Anda.

Baca juga : Manfaat Menulis Artikel Blog Abadi

Demikianlah alasan orang-orang unsubscribe blog Anda, penjelasan sederhana diatas merupakan gambaran bahwa sebagai blogger kita harus membuat konten blog yang menarik sehingga orang tidak menyesal setelah subscribe blog kita. Buatlah konten blog yang bagus dan buatlah konten blog yang menarik untuk pembaca agar setiap artikel blog yang diberikan bisa memuaskan pengunjung blog.

Share

0 Response to " √ 4 Alasan Orang Unsubscribe Blog Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel