√ 11 Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

Manfaat blogging untuk menambah penghasilan dari google adsense


Manfaat menjadi blogger professional - Ekspresi diri melalui media internet telah menjadi bentuk hiburan baru di masyarakat modern dan ikut berpartisipasi online telah menjadi tren saat ini. Tentunya hal ini sangat berdampak pada kreativitas yang terus diciptakan, dan akan membuka segala macam peluang kreatifitas untuk pengemasan karya dalam bentuk digital.

Blog dan media sosial adalah dua komponen yang mampu menunjukkan sisi seseorang yang sebelumnya tidak dipublikasikan untuk dilihat dunia menjadi seseorang yang terkenal dan viral. Bahkan tidak perlu ijazah atau pendidikan tinggi untuk melakukan hal ini, karena nyatanya, memberikan informasi secara jujur dan sederhana dapat menarik perhatian netizen.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

Dunia tidak langsung tahu siapa dan apa pekerjaan Anda tanpa "pengumuman" Anda sendiri. lewat apa? Blog yang dihosting nama sendiri dengan nama domainnya anda sendiri adalah langkah yang bagus. Bahkan, fasilitas gratis seperti Blogger.com, WordPress.com, atau Tumblr.com. Tapi itu memberikan kesan bahwa Anda seperti seorang blogger amatiran. Lebih baik gunakan platform blogging professional dengan nama domain yang unik dan selfhosted.

Baca juga: Langkah Cara Membuat/Memasang Breadcrumbs di Blog (Blogspot)

Kita harus ingat bahwa nama domain akan memberi tahu siapa Anda dan tentu saja menunjukkan sisi profesional Anda. Membangun merek secara online bisa sangat berdampak untuk pekerjaan yang sedang berjalan dan bisnis. Itu bisa dimulai dengan membuat blog profesional yang akan memberi Anda dan bisnis yang telah Anda bangun dengan banyak manfaat.

11 Manfaat Blogging Untuk Anda

Tidak hanya menunjukkan siapa diri Anda, tetapi memiliki blog akan memberikan banyak manfaat, antara lain:

1. Menambah Wawasan Anda

Kegiatan blogging menambah wawasan Anda dalam meningkatkan kemampuan menulis maupun kemampuan dalam bisnis. Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan hal-hal yang relevan dengan bisnis Anda. Membaca merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan jika ingin menulis artikel yang bermanfaat, sehingga pengetahuan bertambah dan gaya bahasa menjadi lebih beragam.

Contohnya jika Anda sering membaca di Wikipedia adalah menambah wawasan anda sekaligus belajar secara online.

Wikipedia adalah ensiklopedia gratis yang mengumpulkan jutaan informasi dari seluruh dunia. Wikipedia juga mendukung penggunaan berbagai bahasa dunia untuk memudahkan akses informasi bagi seseorang.

Selain mendapatkan informasi, Wikipedia juga memberi Anda kesempatan untuk berbagi informasi. Anda dapat menyumbangkan pengetahuan Anda kepada komunitas yang sedang berkembang.

Namun Anda harus berhati-hati saat menggunakan Wikipedia. Pasalnya, Wikipedia bisa bebas diedit oleh pengguna. Anda perlu mengklarifikasi apa yang dapat Anda lakukan dengan sumber lain untuk mendapatkan kebenaran yang valid.

Namun terlepas dari kelemahan tersebut, Wikipedia adalah salah satu sumber informasi terlengkap yang dapat Anda akses.

Baca juga : Cara Ampuh Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan Pengguna Anda

2. Orang Akan Menunggu Update Terbaru dari Anda

Mencari informasi terbaru dan trending adalah hal yang biasa dilakukan. Tentunya Anda juga akan menjadi orang yang paling dinanti oleh para netizen untuk memberikan informasi terbaru melalui blog Anda. Hebatnya, kredibilitas dan visibilitas blog Anda meningkat, yang berdampak besar pada bisnis dan karier Anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

3. Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Tidak semua orang bisa menulis dengan baik dari segi struktur dan tata bahasa. Padahal, membuat artikel dengan “jiwa” menjadi hal yang sangat sulit.

Namun, jika Anda memiliki blog, mau tidak mau Anda akan terlatih untuk menulis dan mencari referensi dari berbagai sumber, yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan menulis Anda.

Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan mengasah kemampuan menulis Anda. Tentu saja, Anda juga bisa melakukannya. Anda bisa memulainya dengan rutin menulis artikel tentang topik tertentu.

Itulah yang blogger lakukan, mereka meluangkan waktu untuk menulis. Semakin sering Anda menulis, semakin baik tulisan Anda.

Hal ini juga dibuktikan oleh Raditya Dika yang memulai karir menulisnya dengan membuat blog. Ada pula blogger eksentrik Magelang bernama Agus Mulyadi yang telah menghasilkan beberapa buku. Semuanya dimulai dengan sebuah blog!

Baca juga : Cara Mudah Mengganti Favicon di Blogger Versi Terbaru

4. Ahli Dalam Blogging

Anda tidak perlu gelar sarjana dari universitas terkemuka untuk menjadikan Anda ahli di suatu bidang. Menjadi blogger memberi Anda kredibilitas dengan memberikan informasi terkini, faktual, dan terperinci untuk memecahkan masalah. Hal itu membuat Anda menjadi seseorang yang memiliki kredibilitas. Jadilah ahli di dalam suatu bidang dengan menjadi blogger.

5. Menjadi Penjelajah Master Blogging

Mendapatkan berita/informasi terbaru tentu membutuhkan caranya sendiri. Termasuk, menggunakan mesin pencari dengan cara yang benar. Menemukan sesuatu seperti ini akan membuat Anda menjadi "peneliti" ulung yang berusaha memberikan wawasan yang bermanfaat bagi semua pembaca blog Anda.

Baca juga : Cara Menampilkan Kolom Komentar di Blog

6. Memiliki Jaringan yang Luas

Hasil tulisan yang menarik kemungkinan akan memberi Anda kesempatan untuk menjadi salah satu pembicara di konferensi atau seminar yang berkaitan dengan topik yang cocok untuk blog Anda. Hal ini dapat memberikan keuntungan tersendiri, yaitu membangun brand Anda sendiri.

Bersosial secara offline tentu tidak mudah, apalagi jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk bergaul dan memperluas networking Anda. Nah, manfaat blog selanjutnya bisa dengan membantu mengatasi kesulitan Anda.

Anda dapat menulis hal-hal yang berguna dan menarik berdasarkan bidang minat Anda. Ketika pembaca tertarik dengan karya Anda, mereka mungkin mengirim pesan atau komentar tentang apa yang Anda tulis.

Nah, sebelum mereka menulis review, Anda bisa menentukan alamat email atau nomor telepon sebagai syarat menulis review. Juga, setelah Anda memiliki detail kontak mereka, Anda dapat menggunakannya untuk mailing atau untuk mempromosikan produk/layanan Anda!

7. Meningkatkan Kreatifitas Anda

Otak yang terus-menerus diisi dengan inovasi membuat otak lebih kreatif. Ide-ide yang sebelumnya dianggap sulit atau bahkan tidak mungkin untuk diimplementasikan, ternyata bisa diimplementasikan tanpa disadari. Hal ini bisa terjadi karena kemampuan bawah sadar kita semakin terlatih dan otomatis memicu Anda untuk berpikir lebih luas.

8. Memori Otak Akan Meningkat

Pikiran yang terus-menerus dirangsang oleh berbagai informasi akan membantu meningkatkan memori otak. Membaca dan mempelajari berbagai tulisan menjadi tahapan otak, yang meningkatkan jumlah neuron di otak. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan kagum dengan kualitas dan pola pikir yang Anda dapatkan dengan aktivitas blogging Anda.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kotak Script Dalam Postingan Blog

9. Pikiran Menjadi Lebih Fokus

Menulis dan mengekspresikan ide secara online melalui blogging akan meningkatkan intuisi atau pemikiran Anda. Interaksi atau aktivitas sosial yang berlangsung mempertajam pikiran dan perasaan. Padahal, sekadar mendengarkan "curhat" bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Kita perlu menyadari bahwa blogging bukan hanya tentang menunjukkan siapa Anda sebenarnya, atau cara yang lebih dikenal luas untuk mengekspresikan diri Anda. Tapi ada lebih dari sekadar membuat seseorang lebih mudah menemukan siapa mereka sebenarnya. Jadi, apakah blog telah mengubah Anda?

10. Menghasilkan Uang dari Blog 

Bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan, Anda bisa melakukannya dengan  membuat website. Saran saya, buat dulu blog berdasarkan topik atau tentang blog yang Anda kuasai, lalu maksimalkan dari blog tersebut.

Ingatlah bahwa menghasilkan uang dari blogging seringkali tidak langsung terlihat hasilnya. Sama seperti resep sukses bagi para pebisnis, memelihara blog membutuhkan ketekunan dalam membuat dan menerbitkan artikel secara teratur. Misalnya, dua kali sehari  atau sekali setiap hari.

Setelah meningkatkan jumlah pengunjung, untuk mendapatkan penghasilan Anda dapat menginstal layanan periklanan seperti Google AdSense atau Audience Network.

Selain  iklan, Anda juga dapat menjual produk  Anda  sesuai dengan tema blog Anda agar lebih tepat sasaran. Misalnya, jika blog Anda  tentang kecantikan, Anda juga bisa menjual barang-barang yang berhubungan dengan kecantikan. Sama berlaku untuk tema blog lainnya. Anda dapat menjual aplikasi apapun yang berkaitan dengan blog Anda.

Baca juga : Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

11. Menjual Produk Anda

Jika Anda memiliki bisnis offline, Anda dapat menggunakan fitur blogging ini untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan setiap hari.

Langkah ini bisa menyelesaikan banyak masalah sekaligus, bahkan membantu mengenalkan lokasi bisnis yang kurang strategis. Ketika produk yang Anda jual mulai muncul di dunia online, Anda bisa mulai mendapatkan keuntungan dari blogging.

Hal ini berhasil diterapkan oleh Karya Erat, pemilik bisnis alat-alat kebersihan yang banyak menawarkan produk kebersihan seperti tempat sampah, gerobak sampah, kontainer sampah dan lainnya. Di awal bisnis Karya Erat membuat toko offline untuk meningkatkan penjualan dan saat ini juga memulai blog untuk mengoptimalkan SEO situs webnya.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

Di blog Karya Erat, ia menulis tentang jenis, manfaat, dan perawatan tempat sampah yang dijualnya. Dengan cara ini di akhir artikel, ia dapat mengarahkan pembaca untuk mampir ke toko online-nya.

Dengan membuat blog untuk optimasi SEO, sekarang penjualan tempat sampahnya meningkat.


Share

0 Response to "√ 11 Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel