5 Cara Ampuh Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan Pengguna Anda

cara membuat seo  dan cara membuat seo di blogspot


Blogging adalah kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan popularitas bisnis Kamu di internet. Bagi banyak bisnis, blogging telah memberikan keuntungan yang luar biasa, bahkan meningkatkan bisnis tersebut ke level yang lebih baik di ceruk yang dibidik. Saat ini, kegiatan blogging yang memberikan value kepada user tampaknya sudah menjadi hal yang jauh lebih penting dibanding kepentingan SEO semata karena aktivitas pembaca di blog Kamu juga sudah menjadi bagian penting dari SEO itu sendiri. Jadi seorang blogger harus mengetahui cara mengoptimasi blog dari sisi SEO dan sekaligus dari sisi pembacanya.

Sebenarnya kegiatan blogging untuk tujuan SEO bukanlah hal yang buruk, menurut saya. Tapi sayangnya banyak blogger yang hanya mengutamakan tujuan SEO semata dan tidak memperhatikan bagaimana user dalam memahami konten yang dibuat. Jika Kamu adalah salah satu blogger yang melakukan hal tersebut, yakinlah bahwa Kamu saat ini sedang membuang-buang kesempatan potensial yang menguntungkan.

Akan lebih baik bila Anda melakukan kegiatan blogging dengan memperhatikan kedua hal tersebut, yaitu SEO dan audiens Kamu. Berikut ini adalah beberapa kegiatan blogging yang dapat memberikan keuntungan dari sisi SEO dan pembaca blog Kamu.

Baca juga : Cara menggunakan Whatsapp web di PC dan Smartphone

1. Memilih Topik yang Unik

Pembaca biasanya suka membagikan konten yang menarik dan unik ke media sosial. Lalu bagaimana cara Anda mengidentifikasi sebuah topik yang menarik? Perhatikan beberap cara berikut untuk memastikan bahwa topik yang Kamu buat cukup menarik dan unik bagi orang lain:

  • Bertanya kepada orang lain melalui media sosial atau pun melalui blog Kamu.
  • Kunjungi forum-forum dan website Q&A seperti Kaskus, Quora atau Yahoo Answers untuk mencari tahu topik yang sering dibicarakan.
  • Manfaatkan Twitter dan Facebook untuk mencari topik yang sering dibahas, Anda bisa menggunakan fitur hastag di media sosial tersebut.
  • Mengunjungi blog lain dan memperhatikan topik apa saja yang banyak dibaca dan dikomentari oleh pembacanya.
  • Memperhatikan situs-situs berita dan menyaring berita yang benar-benar sesuai dengan minat atau topik blog Kamu. Jadilah orang pertama yang membahas berita tersebut dan berbagi pada para pembaca Kamu.

2. Temukan Kata Kunci yang Tepat (Keyword)

Jika Kamu ingin sukses di dalam SEO dan mendapat banyak pembaca, maka memilih kata kunci yang tepat adalah sebuah keharusan karena kata kunci (keywords) punya peranan yang sangat vital dalam menentukan posisi konten Kamu di mesin pencari, dan akan selalu begitu. Semakin banyak variasi kata kunci untuk satu jenis topik, maka potensi trafik Kamu akan semakin bertambah.

Anda bisa menggunakan fasilitas gratis dari Google Ads untuk mencari berbagai kata kunci yang sering diketikkan di Google. Gunakan variasi kata kunci pada setiap konten yang Kamu buat, buat sewajar mungkin untuk menghindari pinalty dari Google. Bila Kamu mememilih sebuah topik yang menurut Kamu menarik namun jumlah pencarinya tidak terlalu banyak, tetaplah menulis untuk topik tersebut karena pasti ada orang lain yang punya minat yang sama dengan Kamu.

Baca juga : Tips mengatur waktu selama work from home

3. Buatlah Konten dengan Yakin

Setiap kali membuat sebuah konten, menulislah dengan penuh keyakinan seolah-olah Kamu punya otoritas dan pakar dalam topik tersebut, namun tetap dengan bahasa yang bersahaja. Buatlah konten yang punya kekuatan dan value kepada audiens Kamu. Jika konten Kamu kebanyakan terlihat seperti menjual sesuatu, kemungkinan besar pembaca Kamu akan meninggalkan blog Kamu dalam sekejap. Sebaiknya konten Kamu berisi informasi yang berharga, bukan hanya berisi link promosi sebuah produk.

4. Pastikan Konten Kamu Mudah Dibaca dan Dimengerti

Kebanyakan pembaca sekarang tidak suka dengan sesuatu yang bertele-tele dan berputar-putar. Mereka lebih memilih membaca poin-poin penting dari sebuah konten. Karena itu, sebaiknya konten yang Anda bangun dibuat lebih mudah dibaca dan dimengerti, misalnya dengan menambahkan sub header yang jelas untuk setiap poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan.

Baca juga : Tips dan Trik Promosi

5. Optimalkan Konten Untuk Mesin Pencari

Jika Kamu sudah mengoptimasi konten untuk pembaca, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi konten tersebut untuk SEO yang lebih baik. Langkah ini bisa Anda mulai dengan memasukkan kata kunci di dalam judul dan menambahkan kata kunci pada konten, mulai dari paragraf pertama, bagian tengah, dan paragraf akhir.

Gunakan kata kunci di dalam konten dengan sewajar mungkin, jangan menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang. Akan lebih baik bila Anda menggunakan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci utama yang Anda pilih. Selain itu, Kamu bisa menghubungkan konten tersebut dengan konten lain yang masih berhubungan di dalam blog Kamu, yaitu dengan menambahkan internal link.

Artikel terkait : Peluang usaha digital printing dimasa pandemi covid 19

6. Bagikan Konten Kamu di Media Sosial

Anda harus memanfaatkan media sosial untuk menarik pembaca lebih banyak, yaitu dengan membagikan konten tersebut ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lainnya. Bila konten Kamu ternyata memberikan value bagi teman-teman di media sosial, kemungkinan besar mereka juga akan senang hati melakukan re-share konten tersebut. Jangan lupa menambahkan tombol sosial media di setiap konten Kamu untuk lebih memudahkan pembaca Kamu membagikan konten tersebut di media sosial.

Ada juga cara membuat favicon blog di postingan sebelumnya yang bisa anda pelajari juga. Juga bisa belajar bisnis di Blog ini.  Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang cara mengoptimalkan website. Bila ada masukan ataupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Share

0 Response to "5 Cara Ampuh Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan Pengguna Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel