7 Tips Untuk Mengatur Waktu Selama Masa Work From Home

Mulkiaja.com - Selama masa pandemi Covid 19 ini banyak karyawan dirumahkan adapula yang masih bekerja namun bekerja dari rumah atau yang biasa disebut WFH (Work From Home).

Nah, kali ini Bagaimana tips mengatur secara efektif selama masa WFH? Mungkin ini adalah pertanyaan yang populer bagi mereka yang saat ini masih bekerja secara WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah.

Untuk seorang blogger atau freelancer, bekerja dari rumah sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagi mereka yang biasa bekerja dikantor akan mengalami sedikit kesulitan karena untuk fokus bekerja dirumah sangatlah sulit.

Berdasarkan pengalaman pribadi yang saat ini yang masih bekerja dari rumah, Saat bekerja saya bisa dimana saja, tetapi dengan adanya resiko mendapat banyak gangguan ketika bekerja.

Karena tidaklah mudah untuk tetap bisa fokus bekerja, terutama saat mengejar deadline, mereka yang kerja dari rumah harus menemukan cara efektif agar bisa fokus menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu.


Mengatur Waktu Saat WFH

Pada saat Anda melaksanakan Work From Home, maka ada beberapa tips dari saya untuk mengatur waktu agar bisa menggunakan waktu kerja secara efektif dan produktif simak tipsnya berikut ini :


1. Menentukan Tempat Kerja

Menentukan area kerja


Seringkali saya bekerja di meja makan atau di tempat tidur. Sebenarnya dirumah saya memiliki kantor khusus untuk tempat kerja, yah, walaupun kecil tapi cukuplah untuk bekerja sendirian  tentunya dilengkapi meja,kursi, dan laptop. Kantor kecil yang cukup nyaman untuk saya pribadi.

Di kantor kecil inilah saya bisa menyelesaikan tugas-tugas saya.

Ketika kita bisa bekerja dimanapun, maka potensi-potensi gangguan dari sekitar akan lebih banyak juga. Jujur ini berdasarkan pengalaman saya.

Misalnya, pada saat saya bekerja diruang tamu, seringkali orang dirumah lalu lalang mengajak ngobrol dan mengganggu konsentrasi. Atau ketika saya kerja di kamar, tapi kemudian tertidur karena merasa terlalu nyaman dan akhirnya malah ngantuk.

Ini sebuah gangguan kecil tapi bisa sangat berpotensi membuat kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik tepat sesuai deadline.

Untuk itu selalu berusaha bekerja dari ruang kerja agar bisa bekerja semaksimal mungkin dan bekerja dengan konsentrasi dan mengurangi potensi gangguan dari luar. Jika Anda bekerja dari rumah, maka Anda harus memiliki ruangan khusus atau kantor kecil pribadi agar nyaman bekerja sehingga waktu Anda lebih produktif.


2. Membuat To Do List

Membuat to do list


Ada beberapa kegiatan tidak produktif saat kita dirumah, contohnya saya pernah menghabiskan waktu seharian hanya untuk bermain game, Hari itu saya tidak mengerjakan tugas sama sekali.

Mereka yang bekerja dari rumah seringkali gagal dalam mengatur time management karena harus memisahkan waktu untuk kerja dan waktu untuk diri sendiri.

Nah, salah satu cara untuk mengatus waktu dengan efisien adalah Anda harus membuat to do list, baik itu untuk harian mingguan maupun bulanan.


3. Hindari Bermain Media Sosial

Hindari bermain sosial media


Sosial media adalah hal yang tidak bisa dihindari pada saat kita bersantai, hal ini akan membuat kita sulit menyelesaikan sebuah pekerjaan bila kita terus-menerus terganggu oleh bunyi notifikasi email atau media sosial. Sebaiknya atur waktu Anda untuk menyelesaikan berbagai tugas dan hindari menggunakan gadget selama mengerjakan tugas tersebut.

Contoh, dalam sehari saya hanya membaca dan membalas email pada saat waktu tertentu saja, kegiatan bersosial media (Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya) hanya saya lakukan pada saat jeda sebentar saja dan membatasi lama waktunya.

Biasanya saya membuka email selama 1 jam di pagi hari, dan setengah jam di waktu siang hari, begitupula saat membuka Twitter dan Facebook. Saya sangat membatasi waktu saat bermain-main sosial media karena hal ini bisa menghabiskan waktu tanpa kita sadari.

Ketika mengerjakan tugas deadline, biasanya saya menjauhkan gadget dan hanya memeriksanya di saat-saat tertentu saja.


4. Istirahatlah Saat Membutuhkannya

Kata-kata istirahat sejenak


Tujuan awal seseorang bekerja dari rumah pasti berbeda-beda. Untuk saya pribadi, saya memilih kerja dari rumah dengan harapan agar bisa lebih sering bersama dengan keluarga atau biasa disebut quality time.

Seringkali saya mempercepat pekerjaan agar bisa selesai secepat mungkin agar bisa segera bermain dengan anak walaupun sudah merasa kelelahan.

Kondisi kelelahan secara fisik maupun mental akan membuat kita bekerja tidak maksimal, saya menyadari bahwa semakin saya memaksakan diri bekerja disaat tubuh sudah merasa lelah maka semakin besar pula kemungkinan pekerjaan itu tidak selesai, atau hasilnya akan buruk.

Jika Anda sudah merasa lelah dan  butuh istirahat, maka Anda harus melakukannya saat itu juga. Waktu istirahat Anda harus dimanfaatkan dengan baik. 

Anda bisa beristirahat dengan tidur, jalan-jalan (refreshing), merenung dan lain-lain. Ketika rasa lelah Anda berkurang maka gangguan dari dalam diri sendiri akan perlahan hilang, atau setidaknya berkurang dan mood menjadi lebih baik.


5. Mengatur Jadwal Tugas Lain

Cara memanajemen waktu


Saat bekerja dari rumah Anda harus bisa mengatur untuk jadwal tugas lain, Inilah tantangan bekerja dari rumah, aka nada banyak tugas tambahan yang harus dilakukan selain pekerjaan utama.

Apasih tugas tambahannya ?

Tugas tambahan itu bisa mencakup banyak hal dan tidak terbatas, misalnya mencuci piring, mengantarkan pakaian ke laundry, membeli gas elpiji, mengurus anak, mengganti aqua galon ke dispenser, mencuci mobil dan lain-lainnya.

Nah, tugas-tugas tambahan ini akan membuat kesulitan dalam bekerja bila Anda tidak membuat jadwal.

Dengan adanya jadwal tentu saja akan teratur dan membuat kita berusaha mengikuti time frame yang sudah ditentukan dan membuat kita bekerja menjadi lebih produktif.

Misalnya : saya membuat jadawal menjemput anak dari sekolah jam 11 siang. Maka saya harus menyelesaikan tugas-tugas saya paling lambat 1 jam sebelum jam 11 siang. Tentu ini akan membuat saya lebih fokus dan terpacu untuk menyelasikan pekerjaan karena sudah memiliki tugas lain, yaitu menjemput anak, ini contoh saja.


5. Cobalah Memakai Pakaian Kerja

Memakai pakaian kerja, baju kerja kantoran


Salah satu hal yang sering dibanggakan oleh mereka yang kerja dari rumah adalah pakaian kerja mereka, yupp, mereka bisa bekerja hanya dengan pakaian biasa, atau ada yang cukup dengan sarungan gitu hehe.

Namun, sebenarnya hal seperti itu bisa menjadi ‘batu sandungan’ lho. Kok bisa, kenapa ? Pakaian di rumah yang sangat santai ternyata bisa mempengaruhi mood kerja dan pola kerja seseorang. Karena pakaian yang terlalu santai bisa membuat seseorang bekerja menjadi lebih lambat, tidak teratur, tidak profesional, dan hasilnya juga tidak maksimal.

Memang hal ini tidak terjadi pada semua orang, tapi kebanyakan yang terjadi pada diri saya sendiri sebagai blogger. Lalu apa yang saya lakukan ?

Saya pernah mencoba memakai pakaian kerja seperti di kantor, memakai celana panjang dan kemeja rapi, atau memakai celana pendek untuk jalan dan baju kaos berkerah. Yang pasti pakaian saya rapih.

Hasilnya luar biasa lho, menggunakan pakaian rapih saat bekerja di rumah ternyata mempengaruhi cara saya bekerja menjadi lebih profesional. Perubahan kecil ini yang saya lakukan mungkin bisa saja bermanfaat bila Anda mencobanya sendiri, karena hal ini harus Anda coba dan rasakan sensasi perbedaannya.


7. Bekerja Maksimal Saat Puncak Produktifitas

Produktif dalam memanajemen waktu


Setiap orang memiliki waktu puncak produktifitasnya masing-masing. Beberapa orang memilik waktu puncak produktifitas di pagi hari, namun ada beberapa orang lebih produktif pada malam hari.

Tentunya Anda harus mengetahui waktu puncak produktifitas Anda terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui jam-jam produktif Anda  untuk mengerjakan banyak tugas, maka akan banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan dalam waktu yang lebih singkat dan produktif.

Kita tahu bahwa lebih mudah untuk mengerjakan sesuatu dengan hasil maksimal ketika belum kelelahan, Karena itu, Anda harus mengetahui pola hidup yang Anda lakukan selama ini. Dengan cara itu Anda akan mudah menemukan waktu puncak produktifitas Anda setiap harinnya.

Pada saat puncak produktifitas ini, sebaiknya, Anda fokus mengerjakan tugas-tugas saja. Untuk sementara, hindari kegiatan membuka sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, atau kegiatan lain di jam-jam puncak produktifitas Anda.

Namun, tentu saja poin ini tidak bisa diterapkan apabila waktu kerja telah ditentukan oleh atasan, rekan kerja, atau klien Anda.


Penutup

Di atas tadi adalah tips mengatur waktu yang bisa Anda lakukan. Bekerja dari rumah memiliki keuntungan dan sekaligus memiliki tantangan yang tidak boleh disepelekan.

Dengan membuat jadwal dan konsisten mengerjakan jadwal tersebut dengan baik akan membuat waktu kita lebih produktif selama masa WFH. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin selama masa pandemi covid 19 ini, semoga kehidupan ini kembali normal seperti semula. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share

0 Response to "7 Tips Untuk Mengatur Waktu Selama Masa Work From Home"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel