√ 7 Cara Membuat Logo Keren dan Unik Untuk Blog Anda

√ 7 Cara Membuat Logo Keren dan Unik Untuk Blog Anda


Tahap-Tahap Membuat Logo Keren dan Unik

Pentingnya memiliki logo keren untuk sebuah blog, karena dengan adanya logo pada sebuah blog merupakan identitas yang akan diingat oleh pengunjung blog. Dimana logo tersebut sebagai tanda pengenal kepada semua pengunjung blog sebagai branding terhadap blog tersebut.

Membuat logo adalah salah satu kegiatan yang penting ketika kita mencoba membuat website baru, baik itu blog atau halaman biasa. Membuat logo bisa menjadi hal yang mudah dilakukan, tetapi juga bisa menjadi sesuatu yang buat Anda tidak bisa tidur, tergantung pada bakat artistik Anda. Jika Anda adalah orang yang kesulitan mendesain dan menggambar logo, maka artikel ini wajib dibaca dan dipraktekkan.

Sangat mudah dan cepat untuk membuat logo atau banner untuk blog/website Anda, bahkan orang yang tidak memiliki bakat desain pun dapat melakukannya. Memang jago buat logo keren tidak akan memenangkan penghargaan apapun, tapi setidaknya Anda akan memiliki sesuatu yang bisa Anda pasang di blog/website Anda.

Baca juga: Cara Menjadikan Tampilan Blog Anda Lebih Fresh, Berikut Ini Tipsnya

Mengapa Logo Itu Sangat Penting Untuk Blog/website? 

Logo hanyalah sebuah gambar yang dapat mewakili sebuah situs web. Biasanya logo yang sederhana  mudah diingat. Logo juga diasosiasikan dengan iklan berupa billboard, advertising dan marketing, sehingga pelanggan belajar mengasosiasikan logo dengan perusahaan atau website.

Bahkan jika sebuah mentahan logo keren tidak memiliki kata-kata, itu dapat menggambarkan relevansi situs web atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini akan mempermudah proses pemasaran, karena hanya dengan menampilkan logo di koran atau billboard dapat membuat pelanggan mengenali dan memikirkan perusahaan yang memiliki logo tersebut.

Inilah mengapa sebuah website harus memiliki logo yang berkualitas, karena logo adalah “wajah” dari blog/website Anda. Logo yang dirancang dengan buruk dapat membuat calon pelanggan Anda menjauh dan melupakan logo yang mereka lihat.

Statistik Tentang Desain Logo 

Sebelum beralih ke tips pembuatan logo, saya ingin memberikan beberapa statistik tentang logo merek TOP. Berikut adalah beberapa sorotan penting dari artikel ini yang mungkin perlu Anda pertimbangkan saat membuat logo untuk blog/situs web Anda.

Statistik Desain Logo


Tips Membuat Gambar Logo Keren dan Menarik 

Logo berperan sebagai identitas seseorang, bisnis, perusahaan, organisasi atau bahkan suatu kegiatan. Brand sangat penting dan merupakan prediktor sukses atau tidaknya bisnis. Jadi apa yang Anda butuhkan untuk membuat logo yang menarik dan mudah diingat untuk blog Anda? Ada 3 jasa desain logo online untuk mendesain logo blog anda.

Walaupun saat ini template logo keren banyak bertebaran di media online, namun alangkah baiknya jika kita membuat logo sendiri. Karena dengan buat logo sendiri kita lebih memiliki identitas tesendiri dalam sebuah blog, hindari menjiplak karya orang lain.

1. Logaster

Logaster dapat dengan mudah dan cepat membuat puluhan gambar logo keren yang siap pakai. Yang Anda butuhkan hanyalah memasukkan nama blog Anda, jenis atau topik di bidang yang disediakan di Logaster. Ini akan memberi Anda keuntungan jika Anda:

  • Tidak tahu seperti apa logo blog Anda  
  • Tidak memiliki keahlian desain logo 
  • Ingin membuat kartu nama untuk perusahaan yang sesuai dengan logo

Kerennya, Anda yang bisa mengubah gaya logo dengan mudah, termasuk warna, teks, ikon, dan pemosisian. Logo yang Anda buat melalui Logaster dapat diunduh dalam format PNG, JPEG,  vektor (SVG, PDF). Logo untuk blog/website Anda dapat diunduh secara gratis dengan layanan Logaster.

Ini Contoh logo keren yang dibuat dari Logaster:

Contoh logo keren yang dibuat dari Logaster


2. Zillion Designs

Website Ini adalah pembuat logo keren simple (sederhana). Anda bisa membuat logo Anda sendiri cukup dalam 3 langkah: 

  1. Pilihlah jenis blog atau jenis usaha Anda 
  2. Pilih ikon untuk logo Anda 
  3. Edit logo dan unggah 

Anda harus memilih ikon warna logo dan teks pada ikon itu sendiri. Ini bisa menjadi hal yang rumit jika Anda tidak tahu seperti apa seharusnya logo Anda. Setelah Anda berhasil mendesain logo, Anda dapat mengunduhnya sebagai file EPS, JPEG, dan PNG. Untuk mendapatkan logo yang dibuat Anda harus membayar $291.

Contoh Logo Templates via Zillion Designs:

Contoh Logo Templates via Zillion Designs


3. Hipster Logo Generator

Hipster Logo Generator memiliki gaya konsep desain yang sangat update. Selain itu, layanan ini memudahkan Anda untuk memilih logo yang paling cocok untuk blog Anda. Hispter Logo Generator menawarkan banyak alat dan penyesuaian sehingga Anda dapat mengoptimalkan logo sesuai keinginan. 

Contoh logo melalui pembuat logo Hispter:

Contoh logo melalui pembuat logo Hispter


Logo dengan Basis Font

Meskipun banyak desainer menyebutnya sebagai tanda kata, bukan ikon, menggunakan font sebagai logo keren simple huruf Anda adalah cara yang bagus untuk memvisualisasikan blog Anda. Faktanya, banyak merek e-commerce yang sukses menggunakan font untuk logo mereka. Lihat beberapa contoh di bawah ini:

Logo dengan Basis Font


Logo berbasis font gratis. Namun, font premium ($1-$100) sering kali terlihat lebih menarik karena telah dipoles dan terlihat lebih baik daripada font biasa.

Luangkan waktu Anda untuk menentukan jenis huruf logo yang tepat untuk blog Anda. Jika Anda membutuhkan inspirasi, Anda dapat memperhatikan contoh logo keren polos di Internet, di majalah. Perhatikan ikon yang sesuai dengan etos blog Anda dan jangan lupa untuk memasukkan warna karena ini dapat menciptakan energi positif untuk Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi beberapa situs web terbaik untuk inspirasi membuat logo blog Anda.

  • Logospire.com
  • Logomoose.com
  • Dribble.com
  • Logopond.com
  • Logofaves.com

Proses Pembuatan Logo Keren

Langkah-langkah berikut ini akan memandu Anda melalui proses mendesain logo yang akan membantu menandai blog Anda di niche blog.

A. New Brainstorming

1. Identifikasi Fungsi Utama Logo  

Sebuah logo dapat mewakili merek Anda melalui penggunaan logo dalam bentuk gambar, simbol atau font. Oleh karena itu, sangat jelas bahwa blog/website bisnis Anda perlu memiliki logo yang mudah diingat oleh orang lain, misalnya pelanggan Anda.

2. Pertimbangkan Audiens Target Anda

Mengetahui siapa audiens target blog Anda sangat penting. Dengan cara ini, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa logo Anda untuk menarik orang yang akan membaca blog Anda.

3. Terinspirasi Oleh Logo Blog Lain, Tapi Jangan Meniru

Bahkan jika Anda menyukai logo merek terkenal dan ingin menirunya, Anda harus memikirkan dampak negatif jangka panjang pada blog Anda. Anda kemungkinan besar akan dianggap melanggar hak cipta orang lain. Belajar dari sejarah perusahaan makanan Pecel Lele Lela meniru logo Starbucks, akhirnya mereka mengubah logo tersebut karena dianggap plagiat dari logo merek terkenal. 

Lihat logo blog/website lain yang serupa dengan milik Anda. Tanyakan pada diri Anda apa yang Anda suka dan tidak suka tentang logo tersebut. Logo yang sukses adalah logo yang terlihat sederhana, mudah diingat pelanggan, dan relevan dengan niche blog Anda.

4. Menerapkan Prinsip dan Aturan

Ketika Anda mulai membuat logo untuk blog Anda, ingatlah prinsip dan aturan yang disebutkan di atas.

B. Pengujian Logo Keren dan Desain

1. Membuat Beberapa Gaya 

Awalnya, Anda mungkin memiliki beberapa ide yang ingin Anda wujudkan dalam desain logo Anda. Menempatkan semua ide ini ke dalam desain Anda, Anda akan dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Bahkan desain yang tidak berguna dapat memicu ide lain atau memperkenalkan elemen yang ingin Anda pertahankan dalam versi desain berikutnya.

2. Gambarlah Desain Sketsa 

Membuat sketsa adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan ide ke kertas, di mana Anda dapat mengevaluasinya dengan lebih mudah. Anda juga dapat mengunjungi layanan online seperti Logaster untuk menemukan konsep logo blog Anda.

3. Minta Penilaian Desain Logo Kepada Orang Lain

Pamerkan beberapa contoh desain logo kepada orang-orang yang menurut Anda cocok untuk pasar blog Anda. Sebaiknya jangan meminta nasihat dari keluarga atau teman dekat, karena sering kali tidak  objektif.

C. Menyelesaikan Desain Logo 

1. Melakukan Draft Final 

Terakhir, Anda perlu membuat logo blog Anda secara online. Anda dapat melakukannya dengan opsi berikut; 

  • Membuat gambar sendiri dengan software seperti photoshop atau coreldraw 
  • Menyewa seorang desainer 
  • Membuka tawaran Anda dapat memanfaatkan layanan Sribu.com 
  • Menggunakan pembuat logo online seperti Logaster

Setelah Anda selesai menyelesaikan logo Anda, Anda juga harus melihat umpan balik (feedback) pada desain logo blog Anda. 

2. Pilih Format File yang Tepat Untuk Logo Keren Anda

Hasil akhir dari Logo dalam file Anda dapat dibuat dengan semua jenis gambar yang Anda inginkan, seperti vektor (EPS, PDF),  bitmap berbasis piksel, atau raster (JPG). PNG, GIF, TIF, BMP). Jika Anda menginginkan penjelasan teknis, Anda bisa mendapatkan informasinya melalui Bantuan Gogle.

File vektor biasanya memerlukan perangkat lunak desain profesional untuk dibuka, file ini dapat dibuat dalam resolusi tinggi. Sedangkan file bitmap (pixel atau raster) biasanya digunakan dalam tanda tangan email (email signature) misalnya, dan memiliki keterbatasan. Anda tidak dapat menambah ukuran file gambar dengan piksel tanpa mengaburkannya (blur).

Periksa Lagi logo yang Anda Telah Buat 

Setelah Anda membuat logo, sangat penting untuk memeriksa apakah logo Anda memiliki karakteristik yang kuat.

1. Apakah Logo Anda Spesial? 

Spesial berarti memiliki keunikan tersendiri, berbeda dari yang lain. Kita dapat mengambil ikon Bing sebagai contoh. Logo Bing menggunakan warna biru muda yang populer, 80 dari logo berwarna biru. Tipografi pada logo Bing mewakili keterbukaan dan keluasan - bagus untuk situs mesin pencari, tetapi polos dan datar tidak akan berfungsi dengan baik jika mereka ingin bersaing dengan Google.

Logo Keren Bing


2. Apakah logo Anda bagus (Visible)? 

Ini berarti audiens Anda dapat melihat atau dengan mudah melihat logo Anda. Kebanyakan desainer logo mulai membuat logo dengan warna dasar hitam dan putih. Namun, bagian kecil dari logo yang biasanya berupa font (seperti titik kecil pada huruf i) tidak akan muncul jika dipadukan dengan warna yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan keseluruhan logo Anda terlihat bagus dalam kombinasi dengan warna hitam atau putih.

3. Apakah Logo Anda Mudah Beradaptasi (Adaptable)?

Artinya logo Anda dapat diaplikasikan pada berbagai media, seperti logo yang diaplikasikan pada mug, t-shirt, blog, dan lainnya. Contohnya adalah logo Bing dengan warna latar belakang putih, logo Bing dapat diterapkan pada hampir  semua media. Karena logo Bing dalam teks lanskap, tidak dapat digunakan sebagai ikon favorit atau ikon aplikasi seluler persegi panjang. Cara satu-satunya adalah dengan menggunakan huruf “B”, namun hal ini dapat mengurangi keunikan logo yang menggunakan teks.

4. Apakah Logo Anda Gampang Diingat (Memorable)? 

Tujuan membuat logo blog adalah agar blog Anda gampang diingat. Kita dapat menguji apakah sebuah logo mudah diingat dengan rangkaian kata yang berbeda, kata mana yang muncul di benak kita ketika kita melihat atau mendengar sesuatu.

Logo Keren


Ketika saya melihat atau mendengar logo di atas, yang terlintas di benak saya adalah Bir, Keripik, dan Mobil. Apakah logo di atas menggunakan kata Beer, Chips atau Car? Sama sekali tidak, dan tidak perlu karena mudah dikenali. Ini adalah contoh logo keren dan bagus.

5. Apakah Logo yang Anda Buat Universal?

Bagian ini mungkin bagian tersulit dalam membuat logo karena pola pikir setiap orang berbeda. Jadi, bagaimana perusahaan besar dan terkenal berhasil membuat logo universal?

Google menggunakan logo keren dengan warna yang unik:

Logo Keren Google


Apple menggunakan logo buah apel yang bekas dimakan dengan warna netral:

Logo Keren Apple


Catatan: Logo Apple bahkan tidak memerlukan kata-kata untuk mendefinisikan logo perusahaan tersebut, Apple menciptakan nilai popularitas yang besar dan luar biasa.

6. Apakah Logo Anda Tidak Lekang Oleh Waktu (Timeless)?

Aturan dasar membuat logo abadi adalah TIDAK menggunakan warna yang terlalu cerah, TIDAK terlalu banyak gaya, dan TIDAK menggunakan font yang terlalu mencolok. Minimalisme adalah seni yang mengatakan lebih banyak dengan sedikit usaha, Anda harus menambahkannya ke dalam logo Anda.

7. Apakah Logo Anda Termasuk Sederhana (Simple)?

Buatlah logo keren simple agar mudah diingat oleh pengujung blog, sehingga ketika mereka akan kembali membaca konten blog Anda yang diingat adalah logonya. Anda bisa membuat logo keren polos berwarna seperti Google atau bisa mendesain sendiri tergantung selera Anda, asalkan berisi makna yang menjadi tujuan membuat logo tersebut.

Ini adalah dua langkah praktis yang dapat kita ambil untuk menentukan apakah logo yang dirancang adalah logo sederhana. 

  • Perkecil logo, lalu perbesar. Pesan dalam logo yang kuat harus dapat dibaca terlepas dari ukurannya. 
  • Gambar logo Anda dengan pensil dalam 10 detik. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik, Anda akan memiliki logo yang sederhana.

Contoh logo sederhana yang bagus adalah logo Nike:

logo keren simple nike


Demikianlah beberapa tips untuk membuat logo keren untuk blog Anda!, tentunya cara buat logo tidak sesulit yang kita bayangkan, dengan mengikuti cara buat logo diatas Anda bisa membuat logo sendiri tanpa harus menyewa jasa pembuatan logo. Saya harap Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan setelah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk memposting komentar Anda pada artikel ini dan membagikannya di media sosial.

Share

0 Response to "√ 7 Cara Membuat Logo Keren dan Unik Untuk Blog Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel