√ Pengertian Kondusif: Pembelajaran dan Contohnya Dalam Sosiologi (Lengkap)

Arti Kondusif


Arti Kondusif Secara Umum

Beberapa orang belum memahami apa itu kondusif? pengertian kondusif, dan cara pembelajaran tentang kondusif. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita membahas secara ringkas dan sederhana mengenai arti kondusif dan contohnya dalam sosiologi.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kondusif? Menurut para ahli, makna arti kondusif adalah situasi atau kondisi yang mendukung terwujudnya sesuatu atau situasi yang mengarah pada kemungkinan terjadinya sesuatu dengan cara yang diinginkan. 

Secara etimologis, kata kondusif berasal dari bahasa latin yaitu “conducere” 

  • Con =  bersamaan dengan…. 
  • Ducere = memimpin atau mengarahkan….

Istilah “kondusif” cukup sering digunakan beberapa kali. Kata kondusif dalam bahasa Indonesia merupakan gambaran singkat dari situasi yang mendukung. 

Contoh: 

  • Situasi di kota Jakarta cukup kondusif pasca peristiwa pengeboman. 

Kalimat ini menggambarkan secara singkat situasi di kota Jakarta yang  cukup aman seperti yang diharapkan pasca peristiwa bom.

Baca juga; Pengertian Analisis

Pengertian Kondusif Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kondusif adalah keadaan yang tenang dan tidak kacau serta mendukung terwujudnya suatu kegiatan atau tujuan tertentu. 

Contoh : 

  • Proses belajar mengajar siswa berjalan lancar, karena suasana kelas sangat kondusif. 

Pengertian Kondusif Dalam Sosiologi 

Dalam Sosiologi, arti kata Kondusif diartikan sebagai keadaan tenteram dan tertib masyarakat dalam fungsinya. 

Contoh: 

  • Lalu lintas di jalan raya dalam keadaan kondusif. 
  • Proses pembelian tiket domestik berjalan lancar dan kondusif.

Baca juga : Pengertian Kompetensi

Pengertian Kondusif dalam Pembelajaran

Pengertian kondusif untuk pembelajaran adalah sikap tenang dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan berbagai tugas secara terarah dan mendukung semua kegiatan yang merupakan bagian dari pembelajaran. 

Contoh: 

  • Siswa kelas diam-diam menyelesaikan tugas belajar di kelas. 

Dari penjelasan pasal ini dapat disimpulkan bahwa pengertian kondusif sangat erat kaitannya dengan kata Damai dan dukungan. Dengan kata lain, karakteristik yang menguntungkan merupakan prasyarat untuk mencapai suatu tujuan, dan situasi yang tidak menguntungkan mencegah pencapaian tujuan.

Situasi yang kondusif seperti itu dapat muncul di bawah pengaruh faktor-faktor eksternal dan internal. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan kualitas hidup yang lebih baik, Anda dapat menciptakan situasi yang kondusif bagi diri Anda dan lingkungan Anda. 

Baca juga: Pengertian Evaluasi

Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana mengenai pengertian kondusif dan penggunaan istilah kondusif dalam situasi tertentu. Ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Share

0 Response to "√ Pengertian Kondusif: Pembelajaran dan Contohnya Dalam Sosiologi (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel