√ Pengertian Analisis: Memahami Tentang Analisis dan Cara Penggunaannya Dalam Istilah (Lengkap)

Pengertian analisis


Analisis adalah kata atau tulisan yang selalu digunakan dalam berbagai bidang keilmuan seperti matematika, ekonomi, bisnis, manajemen, ilmu sosial dan bidang lainnya. Lantas apa sebenarnya arti analisis dan bagaimana analisis ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari? 

Pasal ini membahas secara singkat beberapa hal yang berkaitan dengan kata "analisis", antara lain: 

  • Penjelasan tentang apa itu analisis, baik dalam pengertian umum maupun penilaian para ahli. 
  • Perbedaan antara analisis dan analisa. 
  • Beberapa turunan analisis kata. 
  • Penggunaan kata "analisis" dalam beberapa istilah.

Lihat dan baca pembahasan lengkap artikel ini untuk lebih memahami apa arti analisis.

Baca juga: Pengertian Evaluasi

Pengertian Analisis Adalah 

Kata analisis diadaptasi dari kata bahasa Inggris "analysis", yang secara etimologis berasal dari kata Yunani kuno "ἀνάλυσις" (diucapkan Analusis). 

Kata Analusis terdiri dari dua suku kata, yaitu “ana” yang berarti kembali, dan “luein” yang berarti melepaskan atau larut. Dikombinasikan, kata itu lagi memiliki arti menguraikan ulang atau menguraikan kembali. 

Dari asal katanya, analisis adalah pemecahan suatu subjek atau topik yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. 

Jadi secara umum istilah analisis adalah kegiatan yang terdiri dari beberapa kegiatan seperti; menyusun, memisahkan dan mengurutkan pengelompokan benda-benda menurut kriteria tertentu kemudian mencari hubungannya dan kemudian menafsirkan maknanya. 

Pernyataan lain menyatakan bahwa analisis adalah upaya untuk mengamati sesuatu secara mendetail dengan menguraikan komponen-komponennya atau menyatukan komponen-komponen itu untuk dipelajari lebih lanjut. 

Ada banyak aktivitas analitis dalam kehidupan sehari-hari, dengan menggunakan berbagai metode. Pada umumnya analisis dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.

Baca juga: Pengertian Promosi

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Berikuti ini pengertian analisis menurut para ahli, kata analisis atau analisis berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “analusis” yang berarti melepaskan. Pengertian analisis telah dijelaskan oleh beberapa ahli antara lain: 

1. Dwi Prastowo Darminto

Menurut pendapat Dwi Prastowo Darminto, pengertian analisis adalah membagi suatu topik menjadi berbagai bagian dan menelaah bagian-bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk mencapai pemahaman dan pemahaman yang tepat. tentang makna keseluruhan. 

2. Syahrul

Pengertian analisis dalam akuntansi menurut pendapat Syahrul adalah suatu kegiatan yang menilai keadaan pos-pos atau pecahan-pecahan yang berkaitan dengan akuntansi dan kemungkinan penyebab perbedaan yang timbul.

3. Komaruddin 

Menurut pendapat Komaruddin, pengertian analisis adalah tindakan berpikir dimana keseluruhan dibagi menjadi komponen-komponen kecil untuk mengenali tanda-tanda komponen, hubungan. antara masing-masing komponen dan berfungsinya masing-masing komponen secara keseluruhan.

4. Wiradi

Pengertian analisis menurut pendapat Wiradi adalah suatu kegiatan yang menyangkut pengurutan, pembagian, pemisahan, kemudian pengelompokan dan pengelompokan menurut kriteria tertentu, kemudian dicari arti dan hubungannya masing-masing.

Baca juga: Pengertian Implementasi

5. Rifka Julianty

Menurut pendapat Rifka Julianty, pengertian analisis adalah suatu kegiatan dimana pokok-pokok dari berbagai bagiannya dipisahkan dan diteliti bagian-bagian itu sendiri serta keterkaitan bagian-bagian itu untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang tepat tentang analisis tersebut secara keseluruhan.

6. Mohammad Afdi Nizar

Menurut pendapat Mohammad Afdi Nizar, pengertian analisis dalam akuntansi adalah menilai kondisi ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan terjadinya perbedaan.

Baca juga : Pengertian Kompetensi

7. Robert J. Schreiter

Menurut pendapat Robert J. Schreiter, konsep analisis adalah “pembacaan” teks yang menempatkan berbagai tanda dan menempatkan tanda-tanda tersebut dalam interaksi yang dinamis dan pesan yang dikomunikasikan.

8. Minto Rahayu

Pengertian analisis menurut pendapat Minto Rahayu adalah cara membagi pokok bahasan menjadi beberapa bagian, antara lain menaggalkan, melepaskan, menjelaskan sesuatu yang erat kaitannya.

9. Husein Umar

Pengertian analisis menurut pendapat Husein Umar adalah proses kerja yang terdiri dari langkah-langkah kerja sebelum penelitian, yang didokumentasikan dengan langkah-langkah pembuatan laporan.

10. Efrey Liker

Menurut pendapat Efrey Liker, pengertian analisis adalah tindakan mengumpulkan bukti-bukti untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

11. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian analisis menurut KBBI adalah: 

  • Mempelajari suatu peristiwa (tulisan, tindakan, dan lain-lain) untuk mengetahui keadaan  sebenarnya (penyebab, keadaan, dan lain-lain). 
  • Membagi topik menjadi beberapa bagian dan mempelajari hubungan antara bagian dan bagian itu sendiri untuk memahami dan mendalami makna keseluruhan dengan baik 
  • Menyelesaikan masalah yang dimulai dengan menebak kebenarannya 
  • Penjelasan bahkan setelah belajar sebanyak mungkin.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Perbedaan Analisis dan Analisa

Pengertian analisis adalah

Mana sebenarnya kata baku analisis atau analisa? Apa itu penulisan, analisis, atau analisa yang benar? 

Ada banyak kesalahan saat menggunakan analisis kata. Beberapa menganggap analisis kata benar dan beberapa menganggap analisa kata yang paling benar. 

Kata baku dan benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah analisis. Namun, penggunaan analisis kata sudah cukup bagi banyak orang untuk menganggapnya sebagai kata yang tepat. 

Contoh penggunaan analisis kata dalam kalimat: 

  • "Rian menganalisis beberapa penemuan yang berkaitan dengan penelitiannya." 
  • "Peneliti mendiskusikan hasil analisisnya dengan rekan-rekannya." 
  • "Pengusaha melakukan analisis pasar sebelum meluncurkan produknya."

Baca juga: Pengertian Koordinasi

Turunan Kata Analisis

Setiap tulisan menggunakan beberapa turunan analitik kata. Setiap turunan  memiliki arti yang berbeda, sehingga penempatannya  harus benar. 

Beberapa turunan kata analisis adalah: 

  • Analisis; Konsep analisis adalah melakukan analisis. 
  • Penganalisis; Pengertian penganalisis adalah orang yang melakukan proses analisis. 
  • Penganalisisan; konsep analisis adalah proses, metode, masalah dan cara melakukan analisis.

Penggunaan Kata Analisis Dalam Istilah

Pengertian analisis

Seperti disebutkan di atas, analisis kata sering digunakan dalam berbagai bidang mulai dari ilmu bahasa, matematika, sains, bisnis, manajemen, ilmu kimia, dan bidang studi lainnya. Berikut contoh istilah yang menggunakan kata analisis: 

1. Istilah Analisis dalam Dunia Bisnis

  • Analisis SWOT; Sebuah metode untuk mengevaluasi kelemahan, kekuatan, peluang, ancaman dan spekulasi berdasarkan panjangnya; kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman 
  • Analisis Pasar; analisis potensi pasar, lokasi, sifat dan karakteristik. 
  • Definisi analisis pekerjaan; penilaian kemampuan dan kepribadian seseorang dalam kaitannya dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

2. Istilah Analisis dalam Bahasa

  • Analisis Wacana; bagaimana wacana dibagi menjadi bagian-bagian yang melakukan analisis 
  • Analisis Linguistik; penelitian oleh ahli bahasa untuk mengolah data linguistik dari penelitian lapangan atau penelitian kepustakaan untuk menarik kesimpulan 
  • Analisis Deduktif; memeriksa kebenaran suatu pernyataan dengan menunjukkan bahwa pernyataan itu tertanam dalam pernyataan lain yang telah ditetapkan kebenarannya

3. Istilah Analisis dalam Ilmu Kimia

  • Analisis Ayak; pemilahan padatan berdasarkan ukuran dengan saringan 
  • Analisis Endapan; pemisahan partikel berdasarkan kecepatan sedimentasi cairan

4. Istilah Analisis dalam Ilmu Kesehatan

  • Analisis Imunitas; menguji ketahanan organisme dengan antigen-antibodi 
  • Analisis Rongga Perut; pemeriksaan isi perut organisme untuk menentukan nutrisi

Setiap makalah penelitian biasanya disertai dengan berbagai analisis yang disajikan oleh penulis. Deskripsi analisis harus logis dan objektif. Jika penulis tidak menjelaskan analisis secara logis, makalah penelitian dianggap tidak tepat. 

Kesimpulan 

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian analisis adalah proses memecah atau membagi informasi atau materi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih mudah dipahami dan dijelaskan. 

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana mengenai kata “analisis” mulai dari pengertiannya, turunannya, perbedaan analisis dan analisa, serta contoh penggunaannya menurut istilah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Analisis: Memahami Tentang Analisis dan Cara Penggunaannya Dalam Istilah (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel