√ Pengertian Identifikasi: Arti Identifikasi, Proses, Bentuk, dan Contoh Identifikasinya (Lengkap)

Pengertian identifikasi


Pengertian Identifikasi Adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan identifikasi? Apa itu identifikasi? Secara umum, pengertian identifikasi adalah prosedur atau proses di mana informasi dan data tentang sesuatu, fakta atau seseorang diselidiki, dicari, ditemukan, direkam. 

Menurut pandangan lain, arti identifikasi adalah suatu bentuk interaksi sosial dalam masyarakat, dimana seseorang memiliki kecenderungan atau keinginan untuk menjadi seperti artis atau idola lainnya. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian identifikasi dapat dijelaskan dengan tiga cara, yaitu:

  1. Tanda pengenal; bukti pengenal 
  2. Menetapkan atau menentukan identitas seseorang, benda, dan lain-lain. 
  3. Suatu proses psikologis yang terjadi pada diri seseorang, dimana seseorang secara tidak sadar membayangkan bahwa dirinya adalah orang lain yang dikagumi dan meniru perilaku orang yang dikaguminya tersebut. 

Dengan demikian, pengertian identifikasi adalah proses memastikan atau menetapkan identitas, baik seseorang, objek, fakta, atau sebagainya. Berdasarkan penjelasan definisinya, kata “identifikasi” memiliki beberapa arti yang berbeda tergantung dari bagaimana kata tersebut digunakan.

Baca juga; Pengertian Analisis

Bentuk-Bentuk Identifikasi

Dalam ilmu-ilmu sosial dan budaya, identifikasi adalah suatu proses yang terjadi dalam diri seseorang, di mana perilaku orang lain yang dikagumi ditiru sedemikian rupa sehingga orang tersebut menjadi hidup dan serupa dalam kepribadian dan karakter kepada orang tersebut orang yang dia kagumi. Berikut ini beberapa bentuk identifikasi adalah sebagai berikut:

1. Defensive Identification

Identifikasi defensif (Defensive Identification) adalah bentuk identifikasi yang muncul karena seseorang takut terhadap sesuatu. Sebagai contoh; Anak pemalu melihat diri mereka sebagai pejuang yang menghadapi ketakutan mereka di depan orang lain. 

Baca juga: Pengertian Evaluasi

2. Class Identification

Identifikasi kelas (Class Identification), Identifikasi kelas adalah bentuk identifikasi yang terjadi dalam kelas sosial tertentu. Sebagai contoh; seorang siswa atau mahasiswa meniru tingkah laku seorang guru atau dosen yang mereka kagumi.

3. Development Identification

Identifikasi perkembangan (Development Identification) adalah salah satu bentuk identifikasi positif, dimana seseorang yang sebelumnya bergantung pada pihak lain menjadi lebih mandiri. Sebagai contoh; seorang anak yang sebelumnya bergantung pada orang tua mengalami perkembangan diri dan hidup lebih mandiri.

4. Ethnic Identification

Identifikasi etnik (Ethnic Identification) adalah bentuk identifikasi yang terjadi pada kelompok etnis tertentu. Sebagai contoh; Orang-orang keturunan Tionghoa di Surabaya saling berkomunikasi dalam bahasa Jawa untuk berkomunikasi dengan bangsa Jawa asli.

Baca juga : Pengertian Kompetensi

Proses Identifikasi

Dalam ilmu-ilmu sosial, proses identifikasi juga dapat diartikan sebagai proses meniru orang yang dikagumi. Identifikasi dapat terjadi karena  sugesti dan dorongan dari orang tersebut. 

Proses identifikasi dimulai dengan peniruan dan berlanjut dengan proses identifikasi, di mana seseorang menempatkan dirinya dalam situasi yang sama dengan seseorang yang dikaguminya. 

Proses identifikasi dan personalisasi terlihat serupa tetapi pada dasarnya berbeda. Proses peniruan hanya terbatas pada peniruan tubuh dan perbuatan, tetapi tidak menempatkan diri pada posisi  orang yang dikagumi. 

Selain itu, proses peniruan bersifat sementara atau hanya untuk jangka waktu tertentu. Namun, proses pendeteksiannya memakan waktu lama bahkan permanen.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Contoh Identifikasi 

Proses identifikasi dapat berdampak positif atau negatif bagi seseorang tergantung siapa yang diidolakannya. Contoh identifikasi manusia adalah sebagai berikut: 

  1. Sang anak sangat mengagumi Hotman Paris Hutapea hingga bercita-cita menjadi pengacara terkenal saat besar nanti. 
  2. Orang Indonesia menyukai gaya blus Presiden Jokowi. Hal ini membuat banyak tokoh politik  Indonesia meniru gaya blusukan Jokowi. 
  3. Sebagian besar etnis Tionghoa di Surabaya menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah salah satu contoh proses identifikasi etnis agar komunikasi berhasil dengan baik. 
  4. Anak cenderung meniru perilaku orang tuanya. Selain belajar, anak mengagumi orang tuanya dan berusaha meniru mereka. 
  5. Seorang pria menjalani serangkaian operasi plastik agar terlihat seperti Michael Jackson. Selain itu, ia juga berlatih menyanyi dan berakting sebagai artis idolanya tersebut. 

Demikian penjelasan singkat dan sederhana mengenai pengertian identifikasi, bentuk, proses dan beberapa contoh identifikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share

0 Response to " √ Pengertian Identifikasi: Arti Identifikasi, Proses, Bentuk, dan Contoh Identifikasinya (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel