√ Pengertian Kompetensi: Definisi, Jenis, dan Manfaat Kompetensi (Lengkap)

Pengertian kompetensi adalah

Pengertian Kompetensi Adalah

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kompetensi? Secara umum pengertian kompetensi (competency) adalah kemampuan atau kecakapan yang dimiliki seseorang dalam suatu bidang tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu sesuai dengan jabatan yang dijabatnya.

Pendapat lainnya yang dimaksud kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai dasar yang terkandung dalam diri seseorang, yang tercermin dari kemampuan berpikir dan bertindak secara serempak. Dengan kata lain, kemampuan bukan hanya tentang pengetahuan atau kemampuan seseorang, tetapi juga tentang kemauan untuk melakukan hal-hal yang diketahui dan menghasilkan manfaat.

Menurut pendapat Jack Gordon (1998), ada 6 aspek yang terkandung dalam konsep kompetensi, yaitu sebagai berikut;

  • Nilai (value)
  • Sikap (attitude)
  • Minat (interest)
  • Pengetahuan (knowledge)
  • Pemahaman (understanding)
  • Kemampuan (skill)

Secara etimologisnya, kata "kompetensi" berasal dari bahasa Inggris, yaitu "competence" atau "competency", yang artinya kemampuan, kecakapan, dan wewenang. Oleh karena itu pengertian kompetensi merupakan gabungan dari pengetahuan, keterampilan dan atribut kepribadian seseorang, sehingga dapat meningkatkan kinerjanya dan memberikan kontribusi lebih bagi keberhasilan organisasi.

Baca juga : Pengertian Indikator

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan kompetensi, kita dapat mengacu pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Stephen Robbin

Menurut Stephen Robbin (Stephen Robbin, 2007: 38) yang dimaksud dengan kemampuan adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, yaitu kemampuan ditentukan oleh faktor intelektual dan fisik.

2. Van Looy, Van Dierdonck dan Gemmel

Van Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel (1998: 212) meyakini bahwa pengertian kompetensi merupakan karakteristik manusia yang berkaitan dengan efektivitas kinerja, yang dapat dilihat pada perilaku, cara berpikir, dan gaya kinerja.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

3. Sedarmayanti

Menurut Sedarmayanti, pengertian kompetensi merupakan karakteristik dasar seseorang dan berkaitan dengan efisiensi kinerja individu dalam melakukan pekerjaannya. 

4. A.A. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut Mangkunegara, kompetensi merupakan faktor dasar yang terdapat pada diri seseorang yang berkemampuan lebih tinggi, yang membedakannya dengan orang berkemampuan sedang lainnya.

5. UU No. 13 Tahun 2003

Pendapat lain Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap orang yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai standar yang ditetapkan.

Jenis-Jenis Kompetensi

Kompetensi menurut para ahli

Ada beberapa pendapat para ahli yang menjelaskan jenis-jenis kompetensi. Beberapa pendapat tentang kompetensi menurut para ahli sebagai berikut:

1. Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer

Sebagaimana telah dijelaskan dalam "Surya Dharma" (2003), menurut Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer kompetensi dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kompetensi Dasar (Threshold Competency) yaitu ciri-ciri utama yang harus dimiliki seseorang dalam melaksanakan suatu tugas pekerjaan. Misalnya, seseorang yang memiliki kemampuan membaca, menulis, dan lainnya.
  • Kompetensi Pembeda (Differentiating Competency); berbagai faktor yang membedakan individu berkinerja tinggi dalam pekerjaannya dari individu berkinerja rendah dalam pekerjaannya.

2. Charles E. Jhonson

Sebagaimana tertuang dalam "Wina Sanjaya" (2005: 34), menurut Charles E. Johnson kompetensi dapat dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya sebagai berikut:

  • Personal Competency; yaitu kemampuan individu dalam hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian dari setiap individu.
  • Profesional Competency; yaitu kemampuan seseorang untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam sebuah pekerjaan yang ia tekuni.
  • Social Competency; kompetensi pribadi dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dan kepentingan sosial.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

3. Kunandar

Kunandar mengemukakan dalam bukunya (2007) bahwa kompetensi dapat dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu:

  • Kompetensi Intelektual; yaitu seperangkat pengetahuan yang dimiliki oleh individu yang perlukan untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  • Kompetensi Fisik; yaitu kemampuan fisik pribadi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam pekerjaannya.
  • Kompetensi Pribadi; yaitu sarana perilaku yang berkaitan dengan kemampuan individu untuk memahami diri sendiri, mengekspresikan diri, identitas diri dan transformasi diri.
  • Kompetensi Sosial; yaitu metode perilaku tertentu yang menjadi dasar pemahaman diri dan merupakan bagian dari lingkungan sosial.
  • Kompetensi Spiritual; yaitu kemampuan seseorang dalam memahami, juga menghayati, serta mengamalkan kaidah-kaidah dalam keagamaan.

Manfaat Kompetensi

Berbicara manfaat tentu Kompetensi setiap orang memiliki peranan yang sangat penting baik dalam efektivitas pelaksanaan tugas-tugas pekerjaan ataupun dalam profesinya. Menurut Ruky (dalam buku Edy Sutrisno 2010), Banyak perusahaan-perusahaan besar menggunakan kompetensi sebagai acuan dasar dalam merekrut tenaga kerja yang mereka butuhkan.

Meskipun begitu ada beberapa manfaat merekrut pekerja yang memiliki sebuah kompetensi diantaranya sebagai berikut:

  • Memperjelas standar kerja dan harapan perusahaan yang ingin dicapai.
  • Kompetensi individu dapat digunakan sebagai alat potensial untuk seleksi tenaga kerja yang dibutuhkan.
  • Kecakapan tenaga kerja akan memaksimalkan proses produktifitas perusahaan.
  • Kecakapan atau kompetensi tenaga kerja bisa dijadikan alat dasar dalam proses mengembangkan sistem remunerasi.
  • Kompetensi bisa membantu perusahaan untuk dapat beradaptasi terhadap sebuah perubahaan yang terjadi.
  • Kompetensi dapat memudahkan setiap perusahaan untuk menyelaraskan perilaku kerja dengan nilai-nilai organisasi yang terkandung didalamnya.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan

Akhirnya penjelasan ringkas mengenai pengertian kompetensi, jenis-jenisnya, dan beberapa manfaat kompetensi untuk setiap orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan.


Share

0 Response to "√ Pengertian Kompetensi: Definisi, Jenis, dan Manfaat Kompetensi (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel