√ 12 Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru Bila Anda Ingin Sukses

12 Pola Pikir Pengusaha yang Harus Ditiru Bila Anda Ingin Sukses


Apa yang membedakan pengusaha dengan pekerja biasa? Jawaban singkatnya, mentalitas. Lantas, bagaimana mentalitas pengusaha agar bisa menjadi pemilik bisnis yang sukses?

Pembahasannya sangat menarik, terutama bagi yang ingin memulai bisnis.

Padahal, tidak ada yang salah dengan pekerja kantoran. Selain gaji bulanan yang bisa membuat kita merasa aman dan terhindar dari kesulitan keuangan, bekerja kantoran juga memberi kita banyak pengalaman.

Namun rutinitas yang membosankan harus dilakukan setiap hari untuk memenuhi kewajiban Anda sebagai karyawan.

Oleh karena itu, Anda tidak akan jatuh ke dalam lingkungan pekerja biasa yang nyaman, mulai mengumpulkan dana dan berencana untuk mengubah karir Anda sebagai pengusaha.

Sebelum memulai, sebaiknya Anda juga memahami mentalitas beberapa pengusaha sukses yang patut ditiru.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan

Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru

Pengusaha tentu memikul tanggung jawab yang lebih besar dari pekerja biasa. Kita harus bisa menempa mental lebih baik dan lebih bertanggung jawab, disiplin dan inovatif.

Jika kita ingin menjadi pengusaha sukses, silahkan tinggalkan mentalitas pekerja. Lantas, mentalitas seperti apa yang harus dimiliki seorang pengusaha ?

1. Bertanggung Jawab Atas Semua Situasi dan Keputusan yang Diambil

Pengusaha adalah orang yang luar biasa, dan mereka memiliki kesempatan untuk menciptakan hal-hal yang sebelumnya tidak ada menjadi ada.

Dulu, ketika kita menjadi pekerja biasa, mungkin kita hanya perlu menjalankan semua tanggung jawab tanpa harus khawatir dengan pro dan kontra dari kontribusi tugas tersebut kepada perusahaan.

Tentunya cara berpikir ini harus diubah, karena seorang pengusaha tidak hanya bertanggung jawab atas kesejahteraan dirinya sendiri, tetapi juga untuk usahanya sendiri bahkan tim yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Sebelum masuk ke dunia pengusaha, Anda harus mempraktikkan pola pikir pengusaha ini sambil tetap bekerja di kantor untuk belajar terlebih dahulu.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

2. Visi Jangka Pendek dan Jangka Panjang Berjalan Beriringan

Pekerja biasanya hanya fokus pada hal-hal jangka pendek. Namun, pengusaha harus menetapkan visi jangka pendek dan visi jangka panjang, lalu menjalankannya pada waktu yang bersamaan.

Jangan pernah malas mewujudkan setiap visi dan ide luar biasa yang telah kita pikirkan selama ini.

Jika Anda memiliki business plan, maka Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bisnis tersebut.

Misalnya dari perspektif jangka pendek, Anda ingin menjalankan perusahaan yang bisa meningkatkan pendapatan. Dalam jangka panjang, dalam 5 tahun ke depan, skala dan stabilitas bisnis Anda akan 100 kali lipat meningkat.

3. Ketidaknyamanan adalah Zona Nyaman

Pengusaha akan selalu dituntut untuk berpikir "out of the box". Semua ide gila baru dan keinginan mereka harus diimplementasikan secara terencana agar mendatangkan keuntungan dan reputasi yang baik pada bisnis yang dibangun.

Tinggalkan zona nyaman pekerja dan jadikan ketidaknyamanan itu sebagai bagian dari proses pembelajaran.

Baca Juga : Peluang Usaha

4. Belajar adalah Perjalanan Tanpa ada Henti

Seperti yang dikatakan Steve Jobs; stay hungry, stay foolish. Tetap lapar dan tetap merasa bodoh.

Pengusaha sukses tidak akan pernah merasa hebat. Mereka selalu mempelajari hal-hal baru dan mempelajari teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.

Pekerja biasanya membutuhkan keterampilan khusus untuk memenuhi semua kewajiban. Namun, memilih menjadi entrepeneur berarti memutuskan untuk melanjutkan pembelajaran seumur hidup.

Karena jika tidak ada proses pembelajaran yang berkelanjutan, maka perusahaan tidak akan berhasil. Belajar dari banyak hal dapat membuat kita lebih sadar akan perubahan besar dalam situasi tersebut.

Baca Juga : Motivasi Bisnis

5. Menjadi Orang yang Obyektif Mencintai Bisnis yang Dibangun

Sejujurnya, meskipun dia tidak menyukai pekerja biasa, dia biasanya harus berusaha melakukan semua pekerjaan.

Namun, ketika seorang pekerja berubah menjadi pengusaha, itu berarti orang tersebut telah memilih bidang yang diinginkannya.

Berusahalah untuk mulai mengembangkan bisnis secara objektif dan bijak dari awal.

6. Melanggar Aturan Standar Bukanlah Hal yang Tabu Bagi Pengusaha

Melanggar aturan saat bekerja dengan perusahaan lain dapat mengakibatkan pemecatan, tetapi bagi pengusaha, tidak demikian.

Melanggar aturan standar dan kebiasaan konvensional berarti menemukan cara baru untuk mengembangkan bisnis Anda secara aktif.

Selama itu legal dan tidak mengganggu hak dan kepentingan orang lain, tidak apa-apa itu sah-sah saja.

7. Dedikasi Waktu yang Tidak Terbatas

Jam delapan sampai lima adalah tentang jam kerja yang harus dipatuhi oleh pekerja biasa.

Ketika Anda melihat angka 5 di jam tangan Anda dan waktu pulang begitulah menjadi seorang pekerja biasa, untuk menjadi pengusaha berarti mengorbankan kebahagiaan. Karena pengusaha membutuhkan waktu yang tidak terbatas untuk membangun bisnis yang sukses.

Pengusaha sukses tidak pernah mengenal waktu untuk bekerja ketika mereka memulai bisnis mereka sendiri. Mereka bahkan bisa bekerja puluhan jam sehari.

Carilah berbagai inovasi dalam keadaan rileks dan santai, agar kita tidak merasa kewalahan saat menggunakan waktu yang ada.

8. Gaya Hidup Sederhana

Nah, mungkin Anda berasal dari keluarga kaya dan memiliki bisnis. Namun, memamerkan harta dan kekayaan di media sosial bukanlah gaya hidup pengusaha sukses.

Mentalitas pengusaha sukses adalah bahwa kesederhanaan hidup lebih penting daripada pengakuan masyarakat terhadap dirinya di sosial media.

Dan yang paling penting adalah bagaimana cara menjadi kaya beneran, bukan bagaimana agar terlihat kaya didepan orang.

Makanya kebanyakan pengusaha sukses menggunakan pakaian dan kendaraan yang sederhana jauh dari kata mewah.

9. Terapkan Sikap Disiplin

Disiplin merupakan salah satu kebiasaan dan cara berpikir para pengusaha sukses. Para orang tua harus mendisiplinkan anak-anak mereka sejak usia dini.

Sikap disiplin ini bisa dipelajari dan harus dipraktekkan terus menerus. Ini membutuhkan konsistensi, motivasi dan keinginan yang kuat untuk menghindari godaan kemalasan.

Disiplin memungkinkan seseorang untuk mengkategorikan dan memilih apa yang dibutuhkan dan fokus untuk mencapainya. Inilah mengapa disiplin adalah gaya hidup para pengusaha sukses yang wajib ditiru.

Baca juga : Peluang Usaha Digital Printing

10. Jangan Pernah Menyerah

Para pengusaha mengetahui fakta bahwa menjalankan bisnis akan menghadapi banyak tantangan dan kendala. Kegagalan, pengabaian, dan hilangnya antusiasme adalah bagian dari jalur ninja pengusaha sukses.

Namun, ketika semua tantangan dan rintangan terhalang, para pengusaha tidak akan mudah menyerah. Berbagai trial error, baik itu dalam proses perencanaan maupun pada saat pelaksanaan, itu semua menjadi pelajaran yang berharga bagi mereka.

Kata menyerah tidak ada dalam kamus mereka, kadang ada beberapa langkah mundur, tetapi itu hanya sebuah langkah ancang-ancang untuk belajar berlari lebih cepat.

Baca  juga : Bisnis yang Laku Setiap Hari

11. Persaingan Mendorong Inovasi

Lihatlah pengusaha sukses, mereka tidak takut bersaing dengan perusahaan lain. Mereka tidak melihat pesaing sebagai musuh, atau ancaman yang harus dihilangkan.

Mentalitas pengusaha adalah bahwa persaingan merupakan kesempatan belajar untuk meningkatkan kinerja usahanya.

Pengusaha sukses membandingkan pesaing mereka dengan bisnis mereka dan mempelajari apa yang perlu ditingkatkan agar bisnis mereka dapat tumbuh dan berkembang lebih maju.

12. Tidak Menunda Waktu

Banyak orang yang bingung kapan waktu yang tepat untuk meninggalkan zona nyaman dan mulai bertransformasi menjadi pengusaha.

Hanya ada satu kuncinya, yaitu mulailah sekarang.

Seperti yang dikatakan Bob Sadino, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dibuka, bukan perusahaan yang ditanyakan terus sepanjang waktu.

Jika kita masih mau bekerja sama dengan perusahaan, maka kita bisa mulai berbisnis dengan bantuan keluarga dan orang yang kita cintai.

Tidak ada entrepeneur yang bisa langsung sukses saat memulai bisnis. Antusiasme dan dedikasinya untuk maju akan membawa perubahan ke arah yang lebih positif.

Kita hanya perlu meyakinkan diri sendiri untuk memilih dan menjalankan bisnis berdasarkan minat dan bakat kita.

(It’s not about ideas. It’s about making ideas happen) Ini tidak ada hubungannya dengan ide. Ini tentang membuat ide menjadi kenyataan.

Inilah 12 pola pikir pengusaha sukses yang patut ditiru. Oleh karena itu, meskipun Anda masih bekerja di kantor, Anda dapat menerapkan cara berpikir tersebut di atas sebelum benar-benar menjadi seorang pengusaha.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ 12 Pola Pikir Pengusaha yang Wajib Ditiru Bila Anda Ingin Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel