30 Peluang Usaha Makanan yang Menjanjikan di Sekitar Kita

Peluang Usaha Makanan, Peluang bisnis makanan, bisnis kuliner, waralaba, franchise makanan


Mulkiaja.com - Berbicara usaha makanan tentu banyak peluang yang bisa kita coba, karena bagaimanapun makanan adalah kebutuhan pokok manusia karena semua manusia butuh makan. Makanan mengandung nutrisi dan energi untuk kebutuhan tubuh manusia dalam menjalankan semua aktivitas.

Peluang bisnis makanan atau usaha kuliner bisa dibilang usaha yang tidak akan ada hentinya karena akan selalu dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan setiap orang.

Di Indonesia sendiri tentu banyak sekali peluang bisnis makanan yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis terutama yang menyukai usaha kuliner. Dibandingkan dengan Negara lain Indonesia merupakan Negara konsumtif dalam hal makanan.

Indonesia memiliki banyak jenis makanan dan beragam bahkan setiap daerah punya ciri khas makanan tersendiri, mulai dari makanan pokok hingga makanan ringan. Untuk harganya juga beragam mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.

Untuk memulai usaha kuliner ini bukanlah hal yang mudah, Namun, Anda bisa mencoba memanfaatkan beberapa jenis usaha makanan yang menguntungkan dengan modal relatif kecil, Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis makanan yang menguntungkan di sekitar Anda, maka ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa usaha kuliner yang menjanjikan, tentukan minat dan kemampuan Anda :

Artikel terkait : Peluang usaha digital printing

A. Ide Usaha Makanan Ringan / Snack

Masyarakat Indonesia hampir semua menyukai makanan ringan. Kalau diperhatikan jenis usaha makanan ringan di lingkungan kita, pasti banyak sekali jenis makanan ringan, beberapa jenis makanan ringan yang sangat terkenal di Indonesia adalah aneka gorengan, aneka kripik renyah, aneka kue basah, kue kering, dan masih banyak lagi.

1. Usaha Makanan Aneka Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sudah tidak asing di sekitar kita, bahkan gorengan selalu ada disetiap sudut kaki lima. Untuk menjalankan bisnis gorengan tidak membutuhkan modal yang besar, tetapi modal di awal lumayan besar karena harus membeli beberapa peralatan dan bahan-bahan untuk memulai usaha gorengan tersebut. Beberapa jenis usaha gorengan yang paling laku di pasaran adalah :

  • Buka usaha jualan bakwan
  • Bisnis kuliner jualan goring pisang
  • Usaha makanan jualan risoles
  • Usaha makanan jualan ubi dan singkong goring
  • Berbisnis kuliner tahu isi goreng (contohnya tahu jeletot)
  • Bisnis kuliner makanan tempe goreng

Jika Anda sudah siap menjalankan usaha gorengan, pilihlah jenis usaha gorengan diatas tadi karena peminatnya pasti sangat banyak.

Mungkin membuka usaha kuliner gorengan terlihat kurang keren buat Anda, bahkan beberapa dari calon pebisnis ragu untuk menjalankannya karena gengsi atau malu. Padahal seorang berjiwa pengusaha tidak akan merasa gengsi atau malu apapun usaha yang akan dijalankannya, bisnis gorengan ini adalah sebuah peluang usaha makanan ringan yang berpotensi besar dalam memberikan keuntungan.

2. Usaha Kuliner Aneka Keripik

Usaha keripik adalah makanan ringan renyah yang banyak disukai oleh masyarakat kita, Ada beberapa jenis kripik yang paling laris dijual di pasaran, misalnya:

  • Usaha kuliner keripik rebung
  • Bisnis kuliner keripik singkong
  • Usaha kuliner keripik pisang
  • Bisnis kuliner keripik kentang
  • Usaha kuliner keripik tempe
  • Usaha kuliner keripik sagu
  • Usaha kuliner keripik jamur
  • Usaha kuliner keripik usus
  • Dan lain-lain

Usaha aneka keripik ini bisa dilakukan secara online, Ada beberapa pengusaha keripik yang menjual produk mereka secara online, tentu saja untuk target marketnya lebih luas karena menjalankan secara online dan offline sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar.

3. Usaha Makanan Aneka Kue

Pada saat ini banyak sekali jenis kue yang dijual di pasaran, dan kebanyakan dijual secara online dan offline. Jenis kue secara umum ada dua, yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering bisa bertahan lebih lama setelah produksi dan harus disimpan dengan baik.

Sedangkan kue basah berbeda, jenis kue ini tidak akan tahan lama dan harus cepat dimakan kalau kelamaan akan basi dan tidak enak. Tentunya Anda harus memperhatikan jenis kue apa yang akan dijual, apakah cocok dengan target market Anda ?

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, untuk jenis kue-kue kering bisa dijual secara online maupun offline karena lebih tahan lama. Biasanya jenis kue-kue ini banyak dicari pada momen-momen tertentu misalnya saat akan hari lebaran idul fitri, lebaran idul adha, hari libur nasional, dan tahun baru. 

Berikut ini jenis bisnis makanan kue kering :

  • Putri salju
  • Kue  Nastar
  • Kue sagu keju
  • Bisnis kuliner kue dahlia
  • Dan masih banyak lagi

Berbeda dengan kue-kue basah biasanya dijual secara online di pasar-pasar tradisional di pusat-pusat perbelanjaan. Kue basah ini lebih banyak dibeli dibandingkan dengan kue kering bahkan peminatnya sangat banyak. Beberapa kue basah yang paling banyak laku di pasaran adalah kue lemper, kue bolu, kue kukus, kue lapis, kue apem, dan lain-lain.

B. Ide Usaha Makanan Utama (Membuka Warung Makan)

Seperti yang sudah dibahas diatas, makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa diabaikan, Yang dimaksud adalah usaha warung makan/restoran ini adalah usaha yang menjual makanan utama bukan makan kecil atau cemilan.

Di Indonesia sendiri makanan utamanya adalah nasi, lauk, dan sayuran. Makanan inilah yang dijual di warung-warung makan/restoran, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka juga sekaligus menyediakan makanan dan minuman ringan.

1. Usaha Kuliner Buka Warung Makan Sederhana

Usaha warung makan harus berada ditempat-tempat yang strategis. Dengan lokasi yang strategis maka usaha warung makan akan lebih laris bila lokasinya berada di sekitar perkantoran, sekolah, kampus, dan lingkungan pabrik. Karena sudah pasti orang-orang disana akan mencari makan ketika jam makan siang atau pada jam-jam istirahat. Jenis makanan yang ditawarkan di warung makan biasanya adalah makanan sederhana atau makanan rumahan dengan harga yang relatif murah.

Untuk menjalankan usaha kuliner dengan membuka warung makan relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan menjalankan usaha restoran Namun, perlu Anda sadari bahwa niat dan ketekunan sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha kuliner tersebut.

Beberapa contoh warung makan yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar :

  • Bisnis kuliner warung bubur kacang hijau, kopi, dan roti bakar
  • Menjalankan usaha warung tenda (contohnya; pecel ayam)
  • Usaha warung tegal (warteg)
  • Dan lain-lain

2. Usaha Makanan Buka Restoran

Untuk membuka usaha kuliner restoran tentunya membutuhkan modal yang lumayan besar, apalagi jika membuka restoran baru dengan brand baru. Biasanya usaha restoran banyak dibuka di pusat-pusat perbelanjaan, pusat ibukota, dan tempat lain yang banyak dikunjungi. Jenis makanan yang dijual di restoran berbeda dengan yang dijual di warung makan biasa, dan tentunya harga lebih mahal dari warung makan biasa.

Restoran yang notabene turun temurun biasanya sudah memiliki customer sendiri yang selalu setia menjadi pelanggan mereka. Namun, bila restoran tersebut adalah restoran brand baru tentunya dibutuhkan usaha dan modal yang lebih besar untuk membuatnya lebih terkenal dan banyak diketahui oleh orang-orang. Tetapi ini adalah tantangan tersendiri bagi seorang pebisnis kuliner yang menjalankan usaha restoran.

Beberapa contoh restoran adalah;

  • Restoran makan khas Jepang (Sushi, Ramen, dll)
  • Tempat makan restoran Padang
  • Restoran khusus Seafood
  • Dan lain-lain

5 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Makanan

Untuk bisa sukses dalam menjalankan sebuah bisnis makanan maka kita harus menjalaninya dengan tekun dan dengan manajemen yang baik. Ada beberapa factor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha kuliner, diantaranya sebagai berikut:

1. Kualitas Makanan yang Dijual

Namanya usaha makanan tentu yang pertama dinilai adalah kualitas makananya, perhatikan makanan yang dijual harus terjamin kualitasnya, baik bahannya, rasanya, dan pengemasannya. Selalu gunakan bahan yang masih baik dan bersih, dan pengolahannya dengan cara yang sesuai dengan standar pengolahan bahan makanan. Jika makanan menggunakan kemasan, pastikan kemasan tersebut dalam kondisi baik dan terlihat unik.

2. Inovasi dalam Menjalankan Usaha Makanan

Inovasi merupakan faktor kedua yang bisa menunjang kesuksesan bisnis makanan. Setiap pengusaha yang mau berinovasi dalam bisnis makanan yang bisa menjadi pemenangnya. Dengan inovasi, maka akan muncul rasa baru atau varian terbaru dari jenis makanan yang pernah dibuat sehingga membuat konsumen tetap bertahan dan tertarik dengan inovasi makanan terbaru.

Jika produk tersebut sudah banyak di pasaran usaha kuliner lain maka itu sebuah hal yang wajar, anda harus memberikan inovasi dengan sentuhan terbaru pada produk tersebut sehingga berbeda dengan produk lain. Maka akan menjadi hal yang menarik bagi sebuah usaha kuliner Anda.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Ada istilah pembeli adalah raja, pepatah tersebut benar adanya karena sebagai pengusaha kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen. Walaupun konsumen baru yang belum Anda kenal sebelumnya. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka konsumen tersebut akan mendapatkan kesar bahwa bisnis yang Anda jalankan terlihat professional. Tentu saja hal seperti ini akan membuat konsumen merasa nyaman dan mau kembali lagi.

4. Membidik Target Pasar yang Tepat

Pada saat pertama membangun sebuah usaha makanan, kita harus bisa melihat target market yang sesuai. Misalnya kita ingin menjual produk kuliner bakwan dengan harga murah meriah, maka target yang paling cocok adalah kalangan menengah ke bawah atau bahkan semua kalangan yang menurut anda adalah target yang bagus.

Dalam Bisnis makanan ini  Anda harus membuat promosi. Misalnya setiap penjualan pertama, Anda memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu, memberikan sampel makanan gratis di tempat umum yang ramai, dan cara lainnya.

Artikel terkait : Bisnis yang laku setiap hari

5. Berpikir Positif

Semua bisnis kuliner yang Anda jalankan membutuhkan pola pikir yang positif dari pelaku usahanya agar bisa cepat berkembang, termasuk usaha kulinernya, kenapa demikian? Karena biasanya apa yang terlalu kita cemaskan maka itulah yang akan terjadi.

Contohnya di bawah alam sadar Anda selalu berpikir bahwa usaha kuliner Anda akan mendapatkan banyak pembeli, maka Anda akan menemukan berbagai ide atau cara untuk segera mencapai tujuan tersebut. Ini terjadi di bawah alam sadar Anda, maka dari itu ada baiknya untuk selalu berpikir positif.

Ada banyak peluang usaha makanan di lingkungan kita, tetapi belum tentu semuanya cocok dengan Anda. Karena itu, Anda harus bisa memilah dan memilih bisnis makanan seperti apa yang paling cocok untuk Anda jalankan.

Modal materil bukanlah hal utama untuk menjalankan sebuah usaha makanan yang bisa menguntungkan, karena sebenarnya kita bisa mendapatkannya dari pinjaman teman, pinjaman Bank, Koperasi, atau pinjaman dari tempat lain. Misalnya dari keluarga. Modal yang paling penting untuk menjalankan sebuah usaha kuliner adalah perencanaan, pelaksanaan, konsistensi, dan yang terakhir inovasi dalam berbisnis.


Share

Belum ada Komentar untuk " 30 Peluang Usaha Makanan yang Menjanjikan di Sekitar Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel