Cara Menampilkan Kolom Komentar di Blog Tidak Muncul Saat Dibuka Versi Mobile

Kolom Komentar Pada Blog

Kolom komentar pada Blogger tidak tampil

Komentar adalah suatu elemen yang sangat penting dalam sebuah website atau blog. Jumlah komentar pada sebuah blog dapat menunjukan secara visual langsung kepada para visitor sebanyak apa traffic pada blog yang Anda bangun sehingga menjadi tolak ukur referensi bagi mereka agar tertarik dengan artikel yang lainnya.

Dengan adanya komentar secara tidak langsung itu menunjukkan apakah artikel anda benar-benar dibaca oleh pengunjung atau tidak. Makanya sebuah artikel harus menjadi solutif bagi para visitor.

Jika pengunjung merasa terbantu dengan artikel yang anda buat atau dapat menyelesaikan persoalan-persoalan mereka. Maka mereka akan meninggalkan komentar pada postingan tersebut, terkadang mereka mengisi kolom komentar untuk memberikan ucapan terima kasih ataupun hanya bertanya kembali apabila belum mengerti dengan apa yang disampaikan dalam artikel.

Menurut beberapa orang mengatakan bahwa jumlah komentar juga dapat mempengaruhi rank pada postingan artikel yang anda buat. 

Ada beberapa hipotesa menyatakan bahwa dalam sebuah komentar blog kadang-kadang menyimpan kata kunci (keyword) yang menjadi kriteria bagi Google sebagai validasi dengan kata kunci terkait, sehingga mampu mendongkrak artikel anda menjadi posisi rank yang lebih baik. Anda juga bisa belajar bisnis di Blog ini.

Kolom komentar hilang di versi seluler (mobile)

Bagaimanapun elemen komentar pada blog cukup penting,  maka penting bagi seorang Blogger untuk memastikan apakah kolom komentar pada blog Anda tersedia untuk visitor atau tidak. Baik pengunjung versi browser, tablet, ataupun mobile.

Mungkin saja kolom komentar  tersebut tidak muncul pada Blog anda. Terkadang kolom komentar tersebut tidak tampil pada website anda dan anda tidak mengetahui hal tersebut sehingga kolom komentar tersebut tidak tampil pada Blog Anda.

Hal yang harus anda perhatikan adalah periksa kolom komentar tersebut apakah tersedia pada versi yang lain seperti versi seluler atau tablet. Mungkin saja kolom komentar tersebut tidak tersedia pada Blog anda seperti yang pernah saya alami sebagai berikut:

Cara mengatasi kolom komentar pada Blogger tidak tampil


Kolom komentar tersedia dalam versi website, namun dalam versi Mobile kolom komentar tersebut tidak tersedia seperti gambar dibawah ini;

Cara atasi kolom komentar Blogger tidak tampil


Menampilkan Elemen Kolom Komentar Dalam Versi Mobile Sangat Penting

Kolom komentar jika tidak tampil akan ada beberapa kerugian yang akan dirasakan ketika kolom komentar dalam versi Mobile tidak tersedia.

Kita tidak bisa memastikan apakah artikel pada Blog benar-benar di baca oleh pengunjung.

  1. Kita tidak bisa memastikan apakah artikel pada Blog benar-benar di baca oleh pengunjung.
  2. Beberapa kemungkinan dapat mengurangi rank artikel Anda di Google.
  3. Tidak adanya interaksi antara pengunjung dan pemilik Blog untuk berdiskusi mengenai artikel pada Blog anda.

Selain dari kekurangan tersebut ada alasan lain mengapa menampilkan kolom komentar pada versi mobile itu penting, yaitu tentang traffic pengunjung Blog. Pada era digital saat ini pengunjung Blog banyak dikunjungi melalui smartphone.

Gambar berikut ini menunjukan salah satu perbandingan antara pengunjung Website dan Mobile dengan selisih bisa dibilang lumayan besar.

Cara melihat Pengunjung website versi mobile di search console

Kamu bisa melihat sendiri selisih yang cukup besar antara perangkat Dekstop/Website dengan perangkat Mobile/seluler yaitu sekitar 2531 pengunjung. Oleh karena itu efeknya akan cukup merugikan bagi pemilik Blog jika ternyata para pengunjung yang awalnya ingin memberikan komentar pada artikel anda, namun tidak jadi mengisi karena kolom tersebut tidak tersedia.

Cara Menampilkan Kolom Komentar Dalam Versi Mobile

Berikut ini tips yang akan saya berikan tentang cara untuk menampilkan kolom komentar dalam versi Mobile, anda dapat mengikuti tahap-tahapnya berikut ini, untuk menyelesaikan kolom komentar tersebut. Gambar berikut yang saya tampilkan ada di Blogger dengan mode klasik, namun anda dapat menerapkannya juga dalam mode terbaru Blogger.

1. Buka Blogger.com, kemudian klik 'Tema'

Cara membuka Blogger


2. Klik 'Edit HTML'

Cara masuk pada menu edit html di blogger


3. Jika tampilan HTML sudah muncul, klik Ctrl+F untuk melakukan pencarian.

Copy kode berikut di kolom Search

]]></b:skin>

4. Copy script berikut diatas script  ]]></b:skin>

.mobile .blogger-iframe-colorize {
display: block !important;
}.blogger-iframe-colorize {
display: block !important;
}

Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut. klik 'Simpan Tema' kemudian klik kembali untuk keluar dari mode html.

Cara membuka mode edit html di Blogger


4. Jika sudah selesai, maka cek kembali salah satu artikel anda dalam versi Mobile.

Pastikan bahwa kolom komentar pada versi mobile sudah tersedia. Berikut adalah perbandingan pada salah satu artikel saya ketika kolom komentarnya hilang, kemudian kolom komentarnya tersedia setelah saya menerapkan tahap tahap diatas.

Cara menampilan kolom komentar di Blogspot


Akhirnya selesai juga penjelasan sederhana artikel  mengenai cara menampilkan kolom komentar di Blog yang hilang saat dibuka versi Mobile, semoga membantu anda yang sedang kebingungan mencari solusi dengan kolom komentar yang hilang pada Blog versi mobile. Juga anda bisa belajar cara mengganti logo favicon blog.

Semoga Bermanfaat ya, Terima kasih.


Share

0 Response to " Cara Menampilkan Kolom Komentar di Blog Tidak Muncul Saat Dibuka Versi Mobile"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel