Semangat Jadi Pebisnis Karena Berbisnis Bukan Cuma Rencana

Karena jadi pebisnis bukan hanya renacana

Dunia entrepreneur saat ini memang menjadi sebuah profesi yang didambakan oleh banyak orang. Maka tidak heran bila kemudian hari telah menjadi sebuah lahan bisnis yang hari demi hari bahkan setiap tahun semakin bertumbuh. Banyak hal menjanjikan yang ditawarkan oleh profesi ini untuk bisa mencapai kesuksesan sejati dan kehidupan yang makmur dan sejahtera. Bahkan di era digital sekarang ini banyak muncul jenis bisnis yang menarik untuk dicoba.

Dengan hadirnya pengusaha-pengusaha muda itu menandakan bahwa bisnis telah menjadi sebuah fenomena terbaru di lingkungan masyarakat, Namun, saat bisnis mulai banyak diminati oleh semua orang, ada beberapa orang yang masih kesulitan untuk mewujudkan niat mereka untuk berbisnis.

Ketika Anda mulai terjun ke dalam dunia bisnis ini harus didasari dengan sebuah niat dan semangat bisnis yang kuat. Tapi banyak kasus dari para calon pebisnis yang kemudian mengalami kegagalan karena ternyata mereka tidak memiliki niat dan tekad yang cukup kuat pada saat memulainya.

Terkadang mereka lebih dulu merasakan kekhawatiran dan rasa ragu akan sebuah risiko yang ada pada bisnis tersebut.

Pada saat ujian ini hadir dihadapannya, mereka bukannya melawan dan terus berusaha mengalahkan rasa khawatir dan rasa ragu itu, mereka justru terus diselimuti rasa tersebut dan akhirnya membuat mereka tenggelam dan gagal menjadi pebisnis hebat. Maka dari itu untuk Anda yang ingin memulai dalam dunia bisnis atau ingin menjadi seorang pebisnis handal, alangkah baiknya Anda untuk mempelajari atau memperhatikan beberapa teknik berikut ini untuk mewujudkan niat bisnis yang Anda miliki.

Baca  juga: Browser tercepat saat ini

1. Cari Teman-teman Baru

Teknik pertama dalam mewujudkan niat berbisni adalah membuat sebuah networking (Jaringan) dengan kata lain memperbanyak relasi, atau mencari teman-teman baru. Untuk menjalankan sebuah bisnis, pengusaha tidak bisa bekerja sendirian. Mereka membutuhkan partner atau mitra agar bisa membantu dan mendukung kegiatan bisnis Anda. Memperluas lingkaran pertemanan yang berlatar belakang sebagai pebisnis untuk menjadi solusi Anda dalam mewujudkan niat berbisnis Anda. Dengan memiliki teman sesame pebisnis Anda akan selalu mendapatkan ilmu baru, pengalaman, pelajaran, bahkan motivasi untuk mewujudkan niat bisnis yang baik.

Motivasi merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk Anda yang akan mengawali bisnis, kerena pada umumnya kekhawatiran dan keraguan akan selalu menghinggapi para pebisnis pemula yang bisa mengancam niat awal bisnisnya. Pada saat anda memiliki teman pebisnis dan bergaul dengan mereka maka saat Anda menghadapi sebuah rasa ragu ini, teman-teman Anda akan memberikan solusi, dukungan, dan motivasi untuk Anda agar mengubah rasa ragu itu menjadi sebuah keyakinan. Maka dari itu pentingnya relasi adalah hal dasar dalam memulai bisnis.

Baca juga : Cara menggunakan Whatsapp web di PC dan Smartphone

2. Carilah Panutan Bisnis 

Seberapa penting seorang panutan bisnis? Tentu saja itu sangat penting, para pengusaha yang sudah lebih awal bergerak sebelum Anda dalam memulai bisnis dan sudah sukses bisa menjadi panutan dan acuan bagi Anda untuk menentukan arah berbisnin Anda. Dengan mempelajari latar belakang, sejarah hidup, bahkan kisah perjalanan awal meniti karir bisnisnya. Anda akan dengan mudah mendapatkan ilmu dan motivasi agar Anda bisa memulai niat bisnisnya dengan baik dan terarah.

History dan pengalaman yang berharga dari para pengusaha juga akan membuat Anda mendapatkan inspirasi yang bermanfaat dalam proses awal membangun bisnis Anda, dan bermanfaat bagi acuan bisnis yang baru Anda mulai.

Untuk mempelajari kisah dan pengalaman para pengusaha ini Anda bisa dengan mudah mendapatkannya,  saat ini banyak pilihan media yang bisa digunakan seperti buku otobiografi atau biografi, artikel di Google tingal browsing, atau dengan menonton channel video di televisi atau Youtube. Anda bisa mempelajari di Youtube dengan mudah hanya dengan mengetikkan keyword kisah sukses pebisnis di kolom pencarian.

Baca juga : Bisnis yang laku setiap hari

3. Cintai Apa yang Kamu Kerjakan

Sebelum memulai bisnis pertama Anda harus riset bisnis yang Anda sukai, karena bisnis adalah sebuah kegiatan yang harus membuat Anda bergelut dengannya setiap saat dan setiap waktu. Maka dari itu saat mengawali niat Anda untuk terjun ke dalam dunia bisnis. Anda harus memiliki rasa cinta atau passion yang tinggi terhadap bidang bisnis yang akan Anda geluti dalam jangka panjang. 

Dengan didasari passion yang kuat dari awal, Anda tidak akan kesulitan dalam mewujudkan niat bisnis Anda. Karena yang terjadi adalah Anda akan merasakan dorongan kekuatan yang besar dalam diri Anda untuk terus bergerak dan mengalahkan rasa ragu dan khawatir yang akan menghampiri Anda, apa yang kita lakukan jika itu adalah passion Anda maka saat menjalaninya akan terasa menyenangkan, ada istilah hobi yang dibayar itu adalah sebuah proses yang sangat diinginkan oleh setiap pebisnis.

4. Hancurkan Mitos Tentang Bisnis

Teknik terakhir untuk sukses mewujudkan niat berbisnis adalah dengan melawan dan menghancurkan mitos-mitos yang selalu ada dalam bisnis. Terkadang bisnis memang sesuatu yang acapkali memiliki banyak mitos yang ternyata itu tidak semuanya benar. Maka dari itu Anda sebagai pemula atau calon pengusaha, harus selalu bersikap kritis terhadap semua mitos yang Anda dengar, mitos yang datang kepada Anda baik dari orang atau sesuatu yang Anda ketahui dari media.

Mitos bisnis sangat berbahaya bagi Anda yang akan memulai bisnis. Karena saat Anda terprovokasi dengan mitos bisnis ini, maka mental anda akan menurun dan gagal mewujudkan niat berbisnis Anda. Namun, saat Anda berhasil menghancurkan mitos bisnis yang tidak benar, maka Anda akan terus berkembang dan terus bergerak dengan sebuah keyakinan untuk mewujudkan impian Anda berbisnis.

Baca juga : Tips mengatur waktu sleama WFH

Kesimpulan

Menjadi seorang pengusaha itu bukan untuk seorang pemalu. Bahkan keberanian pun belum cukup untuk berhasil. Seorang pengusaha memiliki jiwa keuletan dan pantang menyerah, terus mencoba untuk memulai hidupnya dan berjuang setiap pagi ketika Anda bangun dari tempat tidur, terus berjuang adalah hal yang membuat seseorang menjadi entrepreneur. 

Fakta sebenarnya setiap kesulitan di dalamnya pasti ada kemudahan yang mengiringinya. Terlebih dalam dunia bisnis dan perdagangan, tidak bijak rasanya jika kita menyerah begitu saja kepada keadaan. Semangat dan terus berjuang ya. 


Share

Belum ada Komentar untuk "Semangat Jadi Pebisnis Karena Berbisnis Bukan Cuma Rencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel