5 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android

Browser tercepat Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge dan UC Browser


Mulkiaja.com - Terkadang banyak orang belum mengetahui bahwa aplikasi browser beraneka macam, mulai dari Google Chrome, Mozilla firefox, Microsoft Edge dan lain-lainnya. Disini kita akan membahasnya secara singkat dan sederhana.

Berbicara tentang aplikasi browser saat ini, semua pengguna internet lebih memilih menggunakan browser tercepat untuk diinstal di perangkat mereka, kenapa ? Alasannya sederhana, kamu ingin mendapatkan pengalaman browsing dengan cepat dan nyaman saat berselancar di internet, misalnya kecepatan loading dan keamanan browser, iyakan ?

Pada saat ini ada banyak jenis aplikasi browser yang bisa kamu pilih, baik untuk PC maupun Smartphone, akan tetapi sebagain orang tidak memiliki gambaran jelas mengenai web browser terbaik yang bisa mereka miliki. Terkadang pengguna PC dan Smartphone justru menggunakan aplikasi browser yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. 

Sebelum kamu menginstal aplikasi browser di PC atau Smartphone, pastikan terlebih dahulu browser yang kamu pilih, apakah sesuai dengan kebutuhan dan dapat mendukung aktivitas yang biasa kamu lakukan karena setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi cobalah selektif dalam memilih aplikasi browser.

Baca Juga : Tips mengatur waktu selama WFH

Browser Tercepat dan Terbaik untuk Browsing

Pada dasarnya fungsi web browser ialah untuk melakukan browsing atau berselancar di internet, web browser merupakan aplikasi atau software yang membantu pengguna untuk menjelajahi, menyajikan konten, dan mengambil konten yang ada di berbagai sumber media, mempermudah dalam mencari informasi tertentu.

Untuk saat ini aplikasi browser mencapai puluhan yang dapat digunakan untuk perangkat Komputer PC/Laptop maupun smartphone Android kamu, kemungkinan kamu akan merasa bingung dalam memilihnya.

Dari sekian banyaknya pilihan aplikasi web browser/peramban web, berikut ini adalah beberapa aplikasi web browser tercepat dan terbaik yang bisa kamu pilih sesuai selera :

1. Google Chrome, Browser Tercepat dan Ringan


Aplikasi Browser tercepat Google Chrome di PC dan Smartphone

Bagi kamu yang terbiasa berselancar di internet dalam mencari informasi pasti mengenal dengan web browser google chrome, pada saat mencari informasi kamu membutuhkan kecepatan loading, keamanan saat browsing, pengaturan yang sederhana, dan tampilan minimalis, maka pilihan Google Chrome adalah browser terbaik yang bisa kamu gunakan dalam aktivitas browsing.

Fitur utama dari browser ini adalah teknologi mesin rendering WebKit yang dapat mendukung platform di berbagai macam perangkat seperti : Windows, MacOS, Linux, iOS, Android dan Chrome OS. Dengan adanya fitur Google Chrome memungkinkan penggunanya untuk menyimpan riwayat internet/history, unduhan, bookmark, mode penyamaran (incognito), edit profile, dan lain-lainnya.

Sebagian besar para pengguna Komputer PC/Laptop dan smartphone menggunakan Google Chrome karena web browser ini tercepat, selain cepat tentunya browser ini juga memiliki fitur bandwidth saving yang bisa menghemat kuota data seluler pada smartphone kamu.

Tapi untuk browser ini menggunakan RAM komputer dalam operasinya sehingga untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan RAM komputer yang lumayan tinggi, Selain itu, data pengguna browser Google Chrome juga akan tersimpan di server Google karena untuk keperluan advertise (iklan) dan lainnya.

Download Google Chrome untuk: PC/ Laptop atau Smartphone

2. Mozilla Firefox, Browser Terbaik Dengan Banyak Fitur


Aplikasi Browser tercepat Mozilla Firefox di PC dan Smartphone


Pasti kalian tidak asing dengan web browser yang satu ini, inilah Mozilla Firefox web browser kedua setelah Google Chrome. Dimana browser Mozilla Firefox merupakan salah satu browser terbaik yang pernah ada, dan juga fiturnya yang lebih lengkap. Update terbaru dari Mozilla Firefox yang disebut dengan Firefox Quantum bahkan lebih cepat ketimbang versi sebelumnya.

Firefox memiliki banyak fitur sehingga tampilannya sedikit lebih ‘ramai’ dibanding Google Chrome, beberapa fitur browser ini diantaranya : pembaca PDF, add-ons, sikronisasi, reading mode, web notification, bookmark, dan lainnya.

Browser ini tidak secepat Google Chrome, meskipun begitu Firefox menjadi pilihan utama sebagian pengguna internet karena fiturnya yang keren. Untuk versi mobilenya, pengguna Firefox dapat memblokir iklan secara otomatis dan juga kamu mendapatkan perlindungan pelacakan pada peramban pribadi.

Untuk kekurangan pada Mozilla Firefox adalah proses loading pertama kali yang cukup lambat, terus browser ini memerlukan add on agar bisa bekerja secara maksimal.

Download Mozilla Firefox untuk: PC/ Laptop atau Smartphone

Baca Juga : Cara mengganti logo favicon di Blogspot

3. Opera, Browser Cepat dan Minimalis


Aplikasi Browser tercepat Opera di PC dan Smartphone


Opera adalah salah satu browser tercepat dan ringan untuk semua perangkat, Opera mini merupakan web browser yang dibuat oleh pembuat CSS. Selain di sistem operasi Windows, Opera Mini juga banyak digunakan untuk Android. Fitur-fitur yang ada di peramban Opera cukup lengkap. Meskipun begitu, 

popularitas Opera tidak sepopuler web browser lain. Hal ini dibuktikan dengan minimnya pengguna Opera Mini di Windows.

Browser ini memiliki desain tampilan yang sederhana dengan sidebar di bagian kiri untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan Opera. Adapun beberapa fitur browser Opera adalah; fitur pilihan bahasa, fitur keamanan, fitur speed dial, fitur restore session, dan lainnya.

Kelemahan Opera browser ini tidak dapat membaca halaman web tertentu secara utuh karena melakukan kompres pada file javascript. Sehingga browser ini menjadi agak lambat ketika kita membuka banyak tab.

Download Opera untuk: PC/ Laptop atau Smartphone

Baca Juga : Peluang Usaha Digital Printing

4. Microsoft Edge, Browser Terbaik untuk Microsoft 10


Aplikasi Browser tercepat Microsoft Edge di PC dan Smartphone

Microsoft Edge baru-baru ini telah mengalami update dari versi sebelumnya. Pembaruan ini membuatnya tampak lebih terlihat dari browser lainnya. Namun, bagaimana kinerja browser Microsoft Edge ini bila dibandingkan dengan Google Chrome, Opera, dan Mozilla Firefox.

Microsoft Edge tampil lebih bagus dibandingkan versi sebelumnya terlihat lebih mirip dengan browser seperti Google Chrome. Jadi terlihat tidak asing dengan versi barunya pada saat menggunakan versi terbaru Microsoft Edge, karena memang biasa menggunakan Google Chrome untuk berselancar.

Perbedaannya adalah Microsoft Edge mengandalkan Bing untuk hasil pencarian dan Google Chrome tentunya mengandalkan Google. Selain itu, perubahan pada Microsoft Edge juga membuat browser terlihat lebih modern bila dibandingkan dengan browser Mozilla Firefox dan Opera. 

Ketika saya membuka Microsoft Edge juga terasa lebih cepat, bila dibandingkan dengan Mozilla Firefox dan Opera. Namun, browser dengan wajah baru ini terasa sama bila dibandingkan dengan browser Google Chrome. Soal kecepatan ini juga sangat terasa perbedaannya dibanding versi sebelumnya. Dimana saya mampu membuka website-website secara lancar dan cepat.

Download Microsoft Edge untuk: PC/ Laptop atau Android

5. UC Browser, Tercepat untuk Download


Aplikasi Browser tercepat UC Browser di PC dan Smartphone


Perkembangan UC Browser di dunia terutama di Indonesia sangat cepat, yang dibuktikan dengan semakin banyaknya pengguna hingga mencapai total 1,5 milyar pengguna diseluruh dunia dan banyak situs-situs berbasis download menggunakan UC Browser sebagai peramban yang direkomendasikan. Bahkan, UCWeb mengklaim UC Browser telah diakses oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap harinya, dan menduduki peringkat dua teratas pada posisi peramban terbaik Playstore Indonesia. Para penggunanya memberikan rating baik terhadap browser ini.

UC Browser cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS karena termasuk salah satu browser tercepat mobile dengan beragam fitur di dalamnya. Selain untuk perangkat mobile, browser ini juga tersedia untuk perangkat PC/ Laptop.

Meskipun tidak sepopuler Chrome dan Firefox, browser ini banyak digunakan di computer PC/Laptop. Beberapa fitur yang terdapat pada UC Browser diantaranya; fast download, cloud sync, data compresion, dan lainnya.

Download UC Browser untuk: PC/ Laptop atau Android

Baca Juga : Cara termudah menggunakan Whatsapp web

Dari 5 aplikasi browser tercepat yang disebutkan di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah browser yang paling sesuai dengan kebutuhan mu agar kegiatan berselancar di internet menjadi lebih produktif. Pilihlah browser terbaik menurut kamu dan bisa mendukung tingkat produktifitas kamu. 


Share

0 Response to " 5 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel