9+ Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran dan Bisa Dikerjakan Oleh siapapun

Bisnis Online dan Bisnis Offline, Cara memulai bisnis online dan offline

Banyak orang yang masih bingung dalam memulai bisnis ? ada yang kebanyakan mikirin bisnis apa, sampai ada juga yang kebanyakan mikir akhirnya sama sekali tidak memulai bisnis apapun.

Bisnis apa ya, yang bisa laku setiap hari dan untung terus ? Pertanyaan ini pasti sering terlintas dipikiran Anda saat ini. Usaha apa ya, yang bisa terus-menerus menguntungkan?

Jawaban dari pertanyaan Anda adalah “IYA” terkadang memang ada bisnis yang laku terus. Namun, selain bisnis yang laris dipasaran, bisnis yang sedang dijalankan juga harus memiliki jangka panjang dan bisa dikembangkan terus-menerus.

Jika Anda saat ini sedang mencari Ide bisnis, tidak ada salahnya untuk terus mencoba beberapa peluang bisnis yang akan dibahas pada artikel berikut ini :

Jenis Bisnis yang Laku Setiap Hari

Bisnis saat ini dibagi menjadi dua, yaitu bisnis online dan bisnis offline. Jika dibandingkan mana yang lebih laku antara bisnis online dan bisnis offline, maka jawabannya sama saja. Bisnis online maupun offline sama-sama menguntungkan dan banyak peminatnya tergantung apa yang dijual, target pasar, dan bagaimana  cara terbaik menjualnya.

Beberapa bisnis yang paling laris saat ini di pasaran Indonesia:

Bisnis Online Terlaris

Bagi generasi milenial sangat beruntung berada di era digital seperti sekarang ini. Kesempatan untuk menjadi pebisnis online sangat terbuka lebar dan bisa dikerjakan oleh siapapun. Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dilakukan pada era digital saat ini, jika disebutkan satu per satu maka Anda akan bingung dengan banyaknya pilihan.

Kamu tidak perlu bingung harus memilih bisnis internet yang laku di pasaran, Berikut ini beberapa bisnis internet :

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah suatu bisnis menjual barang tanpa memiliki produk, sederhananya Anda hanya difokuskan marketing dalam menjual produk, untuk urusan produk baik itu stock produk, packing, pengiriman, dan lain sebagainya itu sudah diatur oleh dropship. Bisnis dropship adalah bisnis berjualan produk orang lain tanpa harus menyiapkan stok barang terlebih dahulu dan tidak perlu pusing mikirin proses pengirimannya ke konsumen.

Tugas utama dropshiper adalah memasarkan barang yang dijual serta berkomunikasi dengan konsumen dan supplier. Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga barang karena biasanya harga dari supplier lebih murah.

  • Keuntungan: Anda tidak harus punya modal besar untuk memulainya karena tidak perlu membeli stok barang dan kamu juga tidak perlu menyiapkan tempat untuk penyimpanan barang. Selain itu, proses pengiriman barang dilakukan oleh supplier sehingga tidak perlu repot memikirkan packing dan delivery.
  • Kekurangan: Kamu hanya bekerja sebagai perantara antara konsumen dan supplier, seringkali dropshipper kewalahan dalam hal berkomunikasi ke dua belah pihak tersebut. Jadi, ketika kamu ketemu konsumen yang rewel banyak nanya dan lain sebagainya, maka siap-siap pusing menghadapinya ditambah jika supplier kamu tidak cepat tanggap.
Baca  juga: Browser tercepat saat ini

2. Menjadi Reseller

Bisnis Reseller berbeda dengan bisnis dropship, dimana reseller Anda harus mempunyai stock barang, packing, pengiriman, dan lainnya. Salah satu keuntungan menjadi reseller adalah kita bisa mengontrol jumlah barang yang akan dijual dan terhindar dari resiko kehabisan stok di supplier. Namun, tentu saja modal kamu juga harus lebih banyak karena membeli stok barang dari supplier.

Beberapa jenis produk yang laku setiap hari di internet melalui bisnis dropship dan reseller diantaranya:

  • Produk elektronik dan accesorisnya (komputer/ laptop,  smartphone, tab, kamera digital, drone, dan lain-lain)
  • Produk fashion (pakaian kerja, gamis, hijab, pakaian anak, dan lain-lain)
  • Produk kecantikan (obat jerawat,pemutih kulit, make up, perawatan rambut, dan lain-lain)
  • Produk herbal (vitalitas, herbal kesehatan, dan kecantikan dll)

3. Menjual Jasa dan Keahlian

Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu dan ingin membuka jasa atau menjualnya  secara online, maka kamu berada di era yang sangat tepat, sekarang berbagai hal bisa dilakukan secara online, termasuk menjual jasa dan skill kamu.

Sebenarnya bukanlah hal yang baru, tapi kebanyakan orang belum menyadarinya. Coba kamu perhatikan perkembangan internet sekarang, banyak orang yang menjual jasa dan keahliannya secara online. Bahkan setiap orang yang punya skill tertentu menjual keahlian tersebut ke orang lain di luar negeri tanpa harus ke luar negeri, luar biasa kan.

Berikut ini beberapa jenis keahlian yang bisa menjadi bisnis laris setiap hari diantaranya adalah :

  • Keahlian di bidang pembuatan aplikasi (developer iOS/ Android)
  • Keahlian di bidang pembuatan website (web developer)
  • Keahlian di bidang desain grafis (desain grafis)
  • Keahlian menulis (content writer)
  • Keahlian pemasaran online (SEO, Google Ads, FB Marketing, dan lain-lain)

4. Menjadi YouTuber Sukses

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bisnis satu ini, yaitu menjadi seorang Youtuber. Apakah menjadi Youtuber termasuk jenis bisnis yang laku setiap hari? Tentu saja, mungkin kamu menganggap berjualan itu hanya suatu hal yang berhubungan dengan jual beli barang, tidak seperti itu juga teman, menjadi Youtuber juga merupakan suatu bisnis generasi milenial saat ini. Bahkan potensi di bisnis ini luar biasa.

Menjadi seorang Youtuber kamu juga menjual sesuatu, yaitu karya dalam sebuah video atau biasa disebut konten video, dengan mempublikasikannya lewat Youtube agar video kamu ditonton secara gratis oleh orang lain.

Penghasilannya menjadi seorang Youtuber dari mana? Video kamu ditonton secara gratis tapi ketika mereka menonton video Anda akan melihat dan klik iklan di video tersebut, nah, dari iklan tersebutlah Youtuber akan mendapatkan pundi-pundi uang.

Menjadi seorang Youtuber sudah menjadi salah satu model bisnis jangka panjang dan menjanjikan sekarang ini. Ditambah bertambahnya para pengguna Youtube dan teru meningkat setiap harinya. Jadi, kalau kamu bisa membuat video atau hobi dalam membuat video unik dan keren, bisa menjadi seorang Youtuber menyalurkan hobi sekaligus mendapatan uang. Mantap kan.

Baca juga : Tips mengatur waktu sleama WFH

5. Menjadi Seorang Blogger Profesional

Menjadi seorang Youtuber sama halnya seperti menjadi seorang Blogger. Seorang Youtuber menjual kontennya berbentuk video sedangkan seorang blogger menjualnya dalam bentuk artikel atau tulisan bermanfaat agar dibaca orang lain secara gratis. Lantas penghasialannya dari mana? Penghasilan seorang blogger itu berasal dari pembaca yang mengklik iklan yang tayang di blog mereka. Semakin banyak pengunjung sebuah blog, maka potensi keuntungan dari kegiatan para blogger akan semakin besar.

Blogger professional masuk dalam kategori bisnis yang laku setiap hari karena para pengguna internet di dunia terus meningkat setiap tahunnya. Semua pengguna internet tersebut mencari informasi berbagai hal melalui Google sebagai sumber rujukan solusi terhadap permasalahan mereka. Ketika blog kamu memberikan informasi yang bermanfaat dan dicari banyak pengguna internet maka pengunjung blog mu akan terus bertambah, begitu juga dengan penghasilan mu. Hmmm luar biasa ya.

Tetapi untuk menjadi seorang blogger bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu seorang yang masih awam dalam dunia blog atau bisa dibilang pemula. Namun tidak ada salahnya memulainya, semua hal besar berawal dari hal kecil. Walaupun saat ini kamu belum menjadi blogger professional, dengan terus belajar dan mengasah kemampuan ngeblog dan terus menerus belajar maka suatu saat kamu akan jadi blogger yang dikenal banyak orang, dan punya penghasilan dari kegiatan blogging tersebut. Teruslah berjuang jangan menyerah. 

Sumber Penghasilan blogger biasanya berasal dari:

  • Iklan mandiri (iklan dari advertiser yang menghubungi langsung ke blogger)
  • Iklan PPC ( Google Adsense, MGID, dan iklan lain-lain)
  • Menjual produk sendiri melalui blog (software, theme blog, ebook, dan lain-lain)
  • Menjual produk affiliasi
  • Menulis artikel ulasan berbayar untuk sebuah produk (endorse)
  • Dan lain-lain

Bisnis Offline Tak Kalah Laris

Jika kamu tidak memiliki kemampuan di bisnis online atau tidak berminat dengan bisnis online. Bukan karena gaptek tapi kamu memang lebih suka bisnis di dunia nyata, itu tidak masalah.

Bisnis offline tidak harus selalu dipasarkan secara online karena pada dasarnya konsumen banyak yang lebih memilih datang langsung ke workshop atau ke lokasi tempat jualan ketimbang melalui online di internet. Lalu, bisnis offline apa yang laku setiap hari di dunia offline? Berikut ini beberapa bisnis online yang bisa kamu coba diantaranya:

1. Usaha Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah bisnis offline yang paling laku karena kebutuhan primer manusia adalah alasannya. Bisnis offline ini merupakan bisnis menjanjikan sepanjang masa. Ada banyak sekali jenis kuliner yang bisa dijual. Tetapi kamu juga harus bisa memilah dan memilih dalam usaha kuliner apa yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini. 

Sebelum memulai bisnis kuliner, ada baiknya tanyakan pada diri sendiri dan orang lain, jenis kuliner apa yang cocok untuk dijual ditempat mu. Apakah makanan utama atau cemilan, apakah membuka tempat makan seperti restoran atau warung tenda. Pentignya riset pasar terlebih dahulu dalam memulai bisnis offline ini.

Hal yang sangat penting dalam bisnis kuliner adalah menyediakan makanan yang dibutuhkan konsumen. Selain itu, faktor modal juga harus menjadi pertimbangan karena buka usaha kuliner membutuhkan tempat baik itu ruko maupun warung tenda.

Baca juga : Cara menggunakan Whatsapp web di PC dan Smartphone

2. Buka Usaha Warung Kopi

Usaha warung kopi adalah bisnis offline mudah yang bisa kamu coba, karena modal tidak terlalu besar bahkan tergolong modal kecil. Warung kopi atau biasa disebut warkop di Indonesia bukanlah hal yang baru, dengan harga kopi yang murah tanpa mengesampingkan kualitas rasanya, dan bahkan kopi adalah minuman yang disukai semua kalangan.

Pada umumnya warung kopi beroperasi di pinggir jalan atau diarea perkampungan yang ramai. Konsep bisnis warkop sebenarnya sederhana, bahkan bisa dimulai di depan rumah kamu jika lokasi rumah mu strategis. Buka warung kopi modalnya tidak besar, cukup dengan dana Rp.400.000,- kamu sudah bisa membuka warung kopi.

Usaha warung kopi biasanya dilengkapi dengan suguhan lainnya, misalnya gorengan tempe, tahu, pisang goreng, ubi goreng, roti bakar, bubur kacang hijau, dan lain-lain. Jika kamu mempunyai modal yang cukup memadai juga didukung lokasi yang bagus, kenapa tidak mencoba bisnis yang laku setiap hari dan menguntungkan seperti warkop ini.

 3. Berjualan Kue dan Roti

Bisnis jualan kue termasuk dalam kategori bisnis yang laku setiap hari dan akan bertahan sepanjang masa? Ah yang bener? Pasti bertanya-tanya? Pasti percaya ya, apalagi di Indonesia yang masyarakatnya suka ngemil. Walaupun ada banyak pengusaha kue dan roti di Indonesia, mereka selalu mendapatkan pembeli dan pelanggan setia.

Bila kamu kekurangan modal untuk bisnis ini, maka bisa menjual kue dan roti dengan cara preorder yaitu dengan cara melayani saat ada pesanana saja. Dengan istilah lain, pesanan dibuat berdasarkan konsumen yang telah membayar terlebih dahulu. Ini rekomendasi saja.

Dalam menjalankan bisnis kue dan roti harus memiliki ciri khas pada rasa dan keunikannya. Bagaiamanapun kunci keberhasilan berdasarkan pada ciri khas dan keunikan suatu produk, karena konsumen mencari sesuatu yang berbeda. Salah satu contoh bisnis kue dan roti yang unik seperti roti buaya, walaupun roti lain lebih enak rasanya namun bentuk roti tersebut unik dan orang tertarik untuk membelinya.

4. Bisnis Barbershop

Bisnis barbershop merupakan bisnis yang dikategorikan bisnis laku setiap hari. Pertumbuhan bisnis ini sangat mencolok di beberapa kota besar di Indonesia terutama di Ibu kota DKI Jakarta.

Perkembangan bisnis ini cepat karena bisnis barbershop target konsumennya menyasara pada pria metropolitan di perkotaan. Bila dulu harus potong rambut ke salon, maka saat ini bisa memotong rambut di barbershop dengan harga yang terjangkau.

Bisnis ini sudah menjadi bisnis franchise karena dilakukan sangat professional di Indonesia. Bahkan untuk menjadi seorang hair stylist harus belajar dan memiliki sertifikat terlebih dahulu. Salah satu sekolah untuk barber dan hair stylist adalah Blackbox Barber Academy.

Baca juga : Peluang usaha digital printing

Setelah memberikan penjelasan ringkas di atas tentunya kamu punya gambaran, untuk menjalankan bisnis yang cocok untuk kamu. Perlu kamu ketahui bahwa bisnis yang laku setiap hari bukanlah bisnis cepat kaya, karena pada dasarnya semua jenis bisnis butuh proses. Jalani saja bisnis yang kamu pilih dengan semangat dan pantang menyerah, coba semua bisnis dan tetap berusaha keras, semoga sukses ya.


Share

0 Response to " 9+ Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran dan Bisa Dikerjakan Oleh siapapun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel