√ Implementasi: Pengertian Implementasi, Contoh dan Tujuan Implementasi

Implementasi adalah


Arti Implementasi Adalah

Sering kita mendengar orang-orang menggunakan kata implementasi dalam sebuah pidato atau pembicaraan yang sifatnya formal, tetapi kita belum memahami sebenarnya apa yang dimaksud dengan implementasi (implementation)? Secara umumnya pengertian implementasi adalah penerapan atau tindakan yang dilakukan menurut suatu rencana yang telah dipersiapkan atau dirumuskan secara matang dan dibuat dengan terperinci dan cermat sebelumnya.

Pandangan lain adalah bahwa pengertian implementasi adalah tindakan praktis untuk mengimplementasikan rencana yang dirancang dengan baik. Dengan kata lain, implementasi hanya bisa dilaksanakan jika ada rencana, bukan hanya tindakan semata.

Dari penjelasan sederhana tersebut, kita dapat melihat bahwa implementasi bermuara pada mekanisme yang sistematis. Pelaksanaan implementasi harus dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disusun agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga: Pengertian Evaluasi

Arti Implementasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan implementasi, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli tentang pengertian implementasi, sebagai berikut:

1. Nurdin Usman

Menurut pendapat Nurdin Usman, pengertian implementasi adalah sesuatu yang menyebabkan suatu kegiatan, tindakan, aktivitas atau kegiatan dilakukan secara sistematis dan tunduk pada mekanisme. Dengan demikian, pelaksanaan bukan sekedar kegiatan, melainkan kegiatan terencana yang bertujuan untuk mencapai tujuan kegiatan yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Solihin Abdul Wahab

Menurut pendapat Solichin Abdul Wahab, arti implementasi adalah segala tindakan yang dilakukan oleh individu dan kelompok di lingkungan pemerintah atau swasta untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam keputusan kebijakan.

3. Pressman dan Wildavsky

Menurut pendapat Pressman dan Wildavsky, arti implementasi adalah tindakan untuk mewujudkan, menyelesaikan, melaksanakan kewajiban dan kebijakan yang telah dirancang.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

4. Prof. Tachjan

Menurut pendapat Prof. Tachjan, arti implementasi adalah berarti suatu tindakan atau kegiatan setelah adanya kebijakan itu ada.

5. Budi Winarno

Menurut pendapat Budi Winarno, pengertian implementasi adalah suatu tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang ditunjuk untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

6. Hanifah Harsono

Menurut pendapat Hanifah Harsono, arti implementasi adalah proses pelaksanaan kebijakan sebagai tindakan kebijakan dari politik ke administrasi, pengembangan kebijakan tersebut untuk memperbaiki atau menyempurnakan suatu program.

7. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kamus besar bahasa indonesia (KBBI), arti dari implementasi adalah suatu pelaksanaan, dan penerapan. Misalnya, pertemuan kedua belah pihak bertujuan untuk menemukan bentuk implementasi dari apa yang telah disepakati sebelumnya.

Baca juga: Pengertian Perencanaan

Tujuan Implementasi

Tujuan implementasi adalah untuk melaksanakan dan menerapkana rencana yang telah disusun dalam bentuk yang kongkrit. Bahkan, saat rencana disusun, tujuan yang ingin dicapai juga disesuaikan. Oleh karena itu, dalam praktiknya, implementasi dapat dilihat sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang relevan. 

Selain itu, tujuan pelaksanaan teknis adalah untuk memverifikasi pelaksanaan kebijakan yang terkandung dalam rencana yang dikembangkan. 

Implementasi dilakukan untuk menentukan sejauh mana dampak dan manfaat masa depan yang akan diperoleh masyarakat dari rencana yang diterapkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pembahasannya, implementasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terikat oleh mekanisme untuk mencapai tujuan tertentu. Mengacu pada pengertian implementasi, beberapa tujuan implementasi adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan utama dari implementasi adalah untuk melaksanakan rencana yang disiapkan dengan cermat oleh individu dan kelompok.
  2. Uji dan dokumentasikan prosedur untuk mengimplementasikan rencana atau kebijakan.
  3. Untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam rencana atau kebijakan yang telah dirancang.
  4. Menentukan kemampuan masyarakat untuk melaksanakan kebijakan atau rencana sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Memahami keberhasilan kebijakan atau rencana yang dirancang untuk perbaikan atau peningkatan kualitas.

Baca juga: Pengertian Delegasi

Contoh Implementasi

Contoh implementasi dalam perusahaan, implementasi dapat dilihat dari bagaimana setiap orang menjalankan fungsinya dan kriteria kerja yang terkait dengan pengetahuan internal mereka. Misalnya, jurnalis menerapkan ilmu jurnalistik yang bisa dipelajari di bangku kuliah sambil bekerja di bagian redaksi.

Jika Anda seorang pengusaha, implementasi dapat dirasakan masuk akal dalam cara Anda mengelola sumber daya manusia di perusahaan Anda. Apakah Anda peduli dengan kebahagiaan mereka? Apakah Anda menjalankan sistem bisnis Anda dengan lancar hingga perusahaan Anda menghasilkan miliaran rupiah? 

Ketika Anda berhasil melaksanakan implementasi, merencanakan dan bertahan dari kegiatan perencanaan implementasi. Itulah fungsi dari implementasi.

Baca juga: Pengertian Kualitas

Bentuk dan Contoh Pelaksanaan Implementasi

Contoh implementasi adalah upaya pendidik Indonesia untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik. Hal ini juga dapat dilihat dari cara orang tua mendidik anaknya di rumah. 

Sebenarnya ada banyak bentuk dan contoh pelaksanaan implementasi atau kebijakan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Beberapa contoh implementasi adalah sebagai berikut:

1. Implementasi Kebijakan Publik

Pemerintah selalu mempertimbangkan kebijakan publik, seperti kebijakan publik di bidang pendidikan, dalam mengeluarkannya. Semua kebijakan pendidikan publik memiliki tujuan yang ingin dicapai. Contoh implementasi kebijakan di bidang pendidikan: 

  • Perubahan kurikulum untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. 
  • Menyediakan Dana Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu membangun dan meningkatkan sekolah menjadi tempat belajar yang nyaman bagi siswa. 
  • Menyelenggarakan pendidikan budaya dan kepribadian di sekolah-sekolah agar generasi muda bangsa dapat mewarisi pengetahuan budaya Indonesia dan membekali mereka dengan akhlak yang lebih baik.
Baca juga: Administrasi Pendidikan

2. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang mengajarkan nilai-nilai luhur yang harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila telah menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia dan pedoman moral kehidupan.

Selain itu, nilai-nilai Pancasila harus diterapkan oleh bangsa Indonesia untuk mencapai berbangsa negara dan tujuan negara. Beberapa bentuk implementasi nilai-nilai Pancasila, contohnya;

  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat, bersama-sama menjaga lingkungan sekitar, serta menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
  • Memberikan bantuan kepada tetangga yang membutuhkan, terutama yang terkena bencana.
Baca juga: Pengertian Komunikasi

Demikianlah uraian singkat tentang pengertian implementasi, tujuan, dan contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Saya harap Anda membaca artikel ini dan mempelajarinya untuk menambah wawasan anda dan semoga artikel ini bermanfaat.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Implementasi: Pengertian Implementasi, Contoh dan Tujuan Implementasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel