√ Sistem: Pengertian Sistem, Jenis-Jenis Sistem, Definisi, dan Unsurnya

Sistem adalah


Pada artikel ini akan dijelaskan secara sederhana dan ringkas tentang apa itu sistem, baik itu pengertian secara umumnya maupun menurut para ahli, apa saja unsur-unsurnya, dan juga jenis-jenis sitem secara umum.

Pengertian Sistem Adalah

Sistem itu sendiri masih banyak orang yang belum memahami arti dari sistem, apa yang dimaksud dengan sistem (System)? Secara umumnya, pengertian sistem adalah keterkaitan, saling ketergantungan, saling mendukung, dan berbagai komponen atau unsur yang dikelompokkan menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara sistematis dan efektif. 

Pengertian sistem juga dikatakan sebagai paduan dari beberapa elemen/unsru yang dihubungkan dalam satu kesatuan untuk memperlancar arus informasi dan material/energi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Secara etimologisnya, kata atau istilah “sistem” berasal dari bahasa Latin (systēma) dan Yunani (sustēma) yang biasa digunakan untuk memudahkan penjelasan interaksi dalam suatu entitas.

Istilah "sistem" umumnya digunakan di banyak bidang yang berbeda, jadi artinya tergantung pada bidang yang bersangkutan. Namun, secara umum, kata "sistem" mengacu pada kumpulan objek yang saling terkait antara satu sama lainnya.

Baca juga: Pengertian Evaluasi

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu sistem, kita dapat memperhatikan pada pendapat beberapa ahli sebagai berikut:

1. R. Fagen dan A. Hall

Menurut pendapat R. Fagen dan A. Hall, definisi sistem adalah sebagai sekumpulan objek yang memiliki hubungan antara setiap objek (termasuk hubungan antar properti).

2. Jerry FitzGerald

Menurut pendapat Jerry FitzGerald, pengertian sistem adalah jaringan prosedur yang saling berhubungan yang diorganisasikan untuk melakukan aktivitas dan mencapai tujuan tertentu.

3. Andri Kristanto

Menurut pendapat Andri Kristanto, pengertian sistem adalah jaringan fase-fase yang saling bergantung, terorganisir untuk melakukan kegiatan dan mencapai tujuan tertentu.

4. Harijono Djojodihardjo

Menurut pendapat Harijono Djojodihardjo, pengertian sistem adalah kumpulan objek dengan hubungan organisasi, kemampuan, dan hubungan antara sifat-sifat sistem, setiap objek secara keseluruhan menjadi sebuah kesatuan yang saling terkait dan berfungsi. 

5. Indrajit

Menurut pendapat Indrajit, pengertian sistem adalah sekumpulan komponen dengan kaitan unsur-unsur yang saling bergantung antara satu dan dengan lainnya.

6. Jogianto

Menurut pendapat Jogianto, definisi sistem adalah sekumpulan elemen yang ada dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang menggambarkan berbagai kejadian atau entitas yang sebenarnya, seperti tempat kejadian sebenarnya, objek, orang, dan sebagainya.

7. Colin Cherry

Menurut pendapat Colin Cherry, pengertian sistem adalah suatu sistem sebagai suatu keseluruhan yang terdiri dari bagian yang berbeda atau sifat-sifat dan cara merakit bagian-bagian yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

Pengertian Sistem Menurut KBBI  

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sistem adalah kumpulan dari unsur-unsur yang secara periodik dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk suatu kesatuan. 

Sistem ini juga diartikan sebagai susunan yang teratur dari pandangan, teori, dan prinsip. KBBI juga mendefinisikan pengertian sistem sebagai suatu metode.

Baca juga: Pengertian Perencanaan

Pengertian Sistem Menurut Meriam-Webster

Memahami pengertian sistem menurut Meriam Webster adalah seringnya interaksi atau pengelompokan elemen yang saling bergantung untuk membentuk satu kesatuan yang utuh. 

Sistem juga didefinisikan oleh Merriam-Webster sebagai seperangkat doktrin, ide, atau prinsip yang terorganisir yang secara umum dimaksudkan untuk menjelaskan suatu susunan atau fungsi yang sistematis secara keseluruhan.

Baca juga: Pengertian Organisasi

Pengertian Sistem Menurut Kamus Cambridge 

Pengertian sistem menurut kamus Cambridge adalah cara melakukan sesuatu. Ini didefinisikan sebagai kumpulan objek atau perangkat yang terhubung yang bekerja bersama. 

Pengertian sistem juga dapat berarti kumpulan perangkat komputer dan program yang digunakan bersama untuk tujuan tertentu, atau sekelompok organ atau struktur dalam tubuh yang memiliki tujuan tertentu.

Wawan dan Munir 

Pengertian sistem adalah jaringan langkah-langkah yang saling berhubungan yang saling berkaitan untuk melakukan kegiatan dan mencapai tujuan tertentu. 

Definisi lain dari pengertian sistem adalah sekumpulan beberapa elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Selain hal di atas, komponen-komponen yang ada dalam sistem juga saling bergantung dan komponen-komponen tersebut dianggap sebagai satu kesatuan yang terintegrasi dan stabil.

Berdasarkan hal di atas, sistem merupakan utas Input/Output dalam lingkungan tertentu. Oleh karena itu, sistem dapat diartikan kembali sebagai satu kesatuan yang utuh dengan prosedur dan komponen yang saling berhubungan dan saling bergantung dalam jaringan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Anda dapat menganggap sistem sebagai unit stabil yang menerima dan memproses input dan akhirnya menghasilkan output. 

Sistem adalah kumpulan/kelompok/semua komponen fisik yang saling berhubungan dan bekerja secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Baca juga: 

Unsur-Unsur dan Elemen dalam Sistem

Unsur-Unsur dan Elemen dalam Sistem

Seperti disebutkan dalam paragraf pertama, sistem terdiri dari unsur-unsur tertentu. Setiap sistem terdiri dari empat unsur, sebagai berikut:

  1. Objek, sistem memiliki sekumpulan objek (fisik/abstrak) yang berupa elemen, bagian atau variabel. 
  2. Atribut, Sesuatu yang mendefinisikan propertinya, kualitas sistem, properti dan objeknya. 
  3. Hubungan internal, setiap komponen dihubungkan bersama dalam satu kesatuan. 
  4. Lingkungan, lokasi, atau area di mana sistem berada.

Unsur-unsur yang membentuk sistem dapat dibagi menjadi tujuh bagian berikut. 

  1. Goal, sistem dirancang untuk mencapai suatu tujuan tertentu (output) yang ingin dicapai. 
  2. Masukan, Segala sesuatu yang masuk ke sistem sedang diproses, termasuk input, objek fisik dan abstrak. 
  3. Proses, Mengubah input menjadi proses, yaitu output yang lebih berharga seperti produk dan informasi. Tapi bisa juga berupa hal-hal yang tidak perlu seperti sampah. 
  4. Keluaran. Merupakan hasil pengolahan berupa informasi, saran, laporan tercetak, produk, dll. 
  5. Batas, sesuatu yang memisahkan sistem dari area di luar sistem. Untuk batasan, tentukan konfigurasi, ruang lingkup, dan sebagainya. Batas sistem adalah area yang memisahkan sistem dari sistem lain atau lingkungan eksternal. Batasan sistem ini memungkinkan Anda untuk menginstal sistem sebagai satu kesatuan unit. Batas sistem menunjukkan ruang lingkup sistem.
  6. Kontrol dan umpan balik, Mekanisme ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan umpan balik keluaran untuk mengendalikan masukan dan proses. 
  7. Lingkungan,segala sesuatu di luar sistem yang mempengaruhi sistem, tetapi itu bisa menguntungkan dan merugikan. Lingkungan eksternal sistem berada di luar batas sistem dan mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan di luar sistem dapat bermanfaat dan berbahaya bagi sistem. Lingkungan eksternal yang menguntungkan adalah energi sistem, oleh karena itu perlu sistem harus dipelihara dan dijaga. Lingkungan eksternal yang berbahaya harus dibendung dan dikendalikan, jika tidak sistem akan terganggu.

Baca juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Sistem

Jenis-Jenis Sistem

Secara umumnya, jenis sistem dapat dibagi menjadi dua kategori: 

1. Sistem Berdasarkan Keterbukaan.

Ini adalah sistem yang dapat dipengaruhi dari luar dengan akses terbuka. Sistem tertutup, yaitu akses ditutup sehingga tidak terpengaruh oleh orang asing. 

Sistem terbuka adalah sistem yang dipengaruhi oleh lingkungan eksternal. Sistem ini menerima input dan menghasilkan output dari lingkungan eksternal atau subsistem lainnya.

Baca juga: Pengertian Metode

2. Sistem Berdasarkan Komponen

Sistem fisik komponen yang mencakup komponen energi dan material. 

Sistem non fisik adalah sistem yang berbentuk abstrak, misalnya berupa ide atau konsep, dan hal-hal lainnya yang terkait.

Sistem tertutup adalah sistem yang beroperasi secara independen dan tidak terpengaruh oleh lingkungan eksternal. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya gangguan dari luar.

Baca juga: Pengertian SOP (Standar Operasional Prosedur)

Demikianlah penjelasan sederhana tentang pengertian sistem, jenis-jenis sistem, dan unsur-unsurnya secara umum, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Sistem: Pengertian Sistem, Jenis-Jenis Sistem, Definisi, dan Unsurnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel