Pengertian Metode: Metode itu apa? Seperti apa karakteristiknya

 

Pengertian Metode adalah


Apa yang dimaksud metode? Kata "metode" mengacu pada cara atau jalan yang harus diambil seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pada artikel ini, saya akan membahas istilah "metode" secara rinci. Beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari artikel ini:

  • Pertama-tama, Anda akan memahami pengertian metode secara umum apa arti dari metode ini, baik dari sudut pandang keseluruhan maupun ahli.
  • Kedua, Anda akan memahami beberapa karakteristik dari metode ini.
  • Ketiga, Kesimpulan tentan metode

Oleh karena itu, untuk lebih memahami apa itu metode, Anda harus membaca deskripsi di akhir artikel ini.

Baca juga : Pengertian Indikator

Pengertian Metode adalah

Secara etimologis, kata "metode" berasal dari kata Yunani "methodos" dan terdiri dari dua kata "meta" dan "hodos". meta berarti bergerak maju, melewati, mengikuti atau mengikuti. Pada saat yang sama, hodos berarti jalan, jalan atau arah.

Kemudian kata tersebut diserap sebagai kata "method" dalam bahasa Inggris yang berarti suatu bentuk prosedur untuk mencapai atau mendekati suatu tujuan, terutama dengan cara yang sistematis.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep metode merupakan suatu metode atau proses sistem yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Dengan kata lain metode digunakan sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan atau melakukan / menciptakan sesuatu.

Metode tersebut secara harfiah menggambarkan cara untuk mencapai atau membangun totalitas. Memasuki pasar secara metodis berarti memahami atau menerapkannya sesuai rencana, menyusun secara logis berbagai bagian atau tahapan, dan menghasilkan sebanyak mungkin hubungan.

Metode dan sistem merupakan inti dari ilmu pengetahuan. Sistem melibatkan muatan ilmiah, sedangkan metodenya melibatkan aspek formal. Lebih tepatnya, sistem mengacu pada jumlah total pengetahuan yang dipesan atau jumlah total konten ilmi

Suatu metode digunakan sebagai acuan kegiatan karena di dalamnya terdapat urutan langkah-langkah yang teratur sehingga proses pencapaian tujuan menjadi lebih efisien. Berkaitan dengan karya ilmiah, metode merupakan cara kerja yang dapat memahami objek sebagai tujuan ilmiah yang terkait.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Pengertian Metode Menurut Para Ahli

Agar kita lebih memahami apa itu metode, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Max Siporin

Menurut Max Siporin (1975), metode ini merupakan metode berorientasi aktivitas yang dirancang khusus untuk memenuhi berbagai tugas dan tujuan yang nyata.

2. Rosady Ruslan

Menurut Rosady Ruslan (2008) konsep metode adalah kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan bagaimana bekerja keras untuk memahami objek penelitian untuk menemukan jawaban secara ilmiah dan menemukan jawaban dari hal yang diteliti.

3. Heri Rahyubi

Menurut Heri Rahyubi, metode ini merupakan model yang dapat digunakan dalam kegiatan mengajar dan dapat mencapai proses pembelajaran yang baik.

4. Hamid Damadi

Hamid Darmadi (Guru Besar Bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) meyakini bahwa konsep metode adalah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan.

5. Pius Partanto dan M. Dahlan Barry

Menurut Pius Partanto dan M. Dahlan Barry, pengertian metode adalah cara yang tertib dan sistematis dalam melaksanakan suatu kegiatan.

6. Hebert Bisno

Menurut Hebert Bisno (Hebert Bisno), metode adalah teknik yang dipromosikan secara luas, sehingga dapat diterima dan digunakan secara setara dalam disiplin ilmu, praktik, dan bidang.

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut pengertian KBBI yang dimaksud dengan metode adalah cara tertib yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Cara kerja sistematis untuk mendorong realisasi kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

Karakteristik Metode

Suatu metode juga dapat didefinisikan sebagai proses yang mapan, kebiasaan, logis atau sistematis untuk mencapai tujuan tertentu secara akurat dan efisien. Biasanya dilakukan dalam urutan langkah-langkah tetap yang teratur (praktik yang ditetapkan, kebiasaan, logika atau proses sistem, untuk mencapai tujuan tertentu secara akurat dan efisien. Tujuan, akurasi, dan efisiensi ini biasanya dilakukan dalam urutan yang teratur dari langkah-langkah tetap).

Asumsikan bahwa kata method masih memiliki arti yang sama dengan kata system. Meski keduanya terkait, pada dasarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda.

Dengan mengacu pada definisi tersebut, berikut adalah beberapa karakteristik dari metode tersebut:

  • Metode adalah kegiatan yang ditetapkan yang digunakan untuk melakukan kegiatan tertentu oleh suatu kelompok.
  • Metode merupakan kegiatan rutin, karena relatif lengkap dan dilaksanakan oleh tim.
  • Metode yang sempurna dan konvensional akan menjadi tindakan logis atau proses sistematis yang dapat mencapai tujuan dengan akurasi dan efisiensi tinggi.

Kesimpulannya

Dari uraian di atas kita dapat memahami bahwa metode merupakan suatu konvensi yang mapan, suatu kebiasaan, dengan suatu sistem / proses yang logis untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan metode ini, kegiatan dapat dilakukan secara akurat dan efektif.

Demikian penjelasan lengkap dari kata "metode" dari maknanya hingga karakteristiknya. Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat memberi Anda lebih banyak wawasan.


Share

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Metode: Metode itu apa? Seperti apa karakteristiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel