√ Pengertian Administrasi Pendidikan: Fungsi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Administrasi Pendidikan: Fungsi, Tujuan,  dan Ruang Lingkupnya


Pengertian Administrasi Pendidikan

Saat ini penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan administrasi pendidikan? Pengertian administrasi pendidikan adalah suatu proses atau usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang memperhatikan berbagai unsur pendidikan dan dapat memperbaiki sistem pendidikan dengan berbagai perangkat yang mendukung kegiatan belajar untuk meningkatkan pendidikan terutama di negara kita Indonesia.

Ada beberapa upaya untuk mencapai tujuan administrasi pendidikan. Misalnya, setiap orang harus wajib belajar sembilan tahun dan bila memungkinkan bahkan melanjutkan ke sekolah menengah atas dan bahkan perguruan tinggi. 

Berbagai dokumen mengatakan bahwa pendidikan tidak hanya mencakup akademisi tetapi juga bidang pendidikan lainnya. Misalnya, keluarga mendapat pendidikan kepribadian, pendidikan keterampilan, pendidikan tata krama, dan sebagainya. 

Sederhananya, administrasi pendidikan adalah keseluruhan proses dan kerjasama yang harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam misi pendidikan.

Pengertian Administrasi Pendidikan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu administrasi pendidikan, agar lebih memahami tentang administrasi pendidikan kita dapat mengacu pada pendapat beberapa ahli, dibawah ini: 

1. Drs. M. Ngalim Purwanto

Menurut pendapat Dr. Ngalim Purwanto, pengertian administrasi pendidikan adalah keseluruhan proses membimbing dan mengintegrasikan semua yang terlibat secara pribadi, spiritual dan material dalam mencapai tujuan pendidikan.

2. Depdiknas RI

Menurut pendapat Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Depdiknas), admnistrasi pendidikan adalah keseluruhan proses kegiatan yang bersifat umum di bidang pendidikan, yang ditujukan untuk perencanaan, pengorganisasian, pemantauan, mengkoordinasikan, memantau, mendanai, dan melaporkan penggunaan sumber daya yang tersedia, dan pendidikan pribadi, materi, dan spiritual demi tercapainya tujuan pendidikan secara efisien dan efektif.

3. Dasuqi dan Somantri

Menurut pendapat Dasuqi dan Somantri, pengertian administrasi pendidikan adalah upaya memberlakukan aturan administrasi di bidang pendidikan.

4. Hadari Nawawi

Menurut pendapat Hadari Nawawi, pengertian administrasi pendidikan adalah serangkaian kegiatan atau usaha bersama sejumlah besar orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang diselenggarakan secara sistematis dalam lingkungan tertentu, terutama pendidikan formal. Seluruh upaya pengendalian proses administrasi pendidikan agar tercapainya tujuan yang telah ditentukan.

5. Oteng Sutisna

Menurut pendapat Oteng Sutisna, pengertian administrasi pendidikan adalah upaya mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan individu dan kelompok yang saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama pendidikan anak.

Baca juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Tujuan Administrasi Pendidikan

Secara umumnya, tujuan administrasi pendidikan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan itu sendiri, atau sebagai sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. 

Menurut pendapat ahli Sergiovanny dan Carver, ada empat tujuan Administrasi: 

  • Efisiensi produksi 
  • Efisiensi 
  • Kemampuan beradaptasi 
  • Kepuasan kerja

Menurut interpretasi di atas, administrasi pendidikan ini dapat dirangkum atau disimpulkan administrasi ini telah mencoba menggunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaannya.

Jadi, dalam konteks pendidikan di Indonesia, administrasi pendidikan adalah subsistem dari sistem pendidikan nasional. Jadi tujuannya adalah untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), tujuan pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini didefinisikan ulang oleh undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang tentang Sistem Sistem Pendidikan Nasional. 

Tujuan pendidikan nasional adalah mendidik peserta didik agar menjadi anak didik yang beriman dan bertakwa, tak kenal takut, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab.

Baca juga: Pengertian Organisasi

Fungsi Administrasi Pendidikan

Pada umumnya, administrasi pendidikan memiliki delapan fungsi sebagai berikut.:

1. Rencana (Plan)

Isi dari rencana dalam administrasi pendidikan meliputi apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian adalah kegiatan yang secara kolektif menjalin hubungan kerja sama antar individu. Hanya dengan cara inilah konsensus dan sinergi dapat dicapai untuk mencapai tujuan dan sasaran manajemen pendidikan.

3. Kordinasi (Coordinating)

Koordinasi adalah upaya untuk menghindari kebingungan tentang perilaku. Dengan kata lain, koordinasi adalah tindakan membawa orang, bahan, ide, teknik, dan tujuan ke dalam hubungan yang harmonis dan produktif.

4. Komunikasi (Comunicating)

Komunikasi sangat penting dalam pelaksanaan program pendidikan. Kegiatan komunikasi ini meliputi penyebaran dan pengkomunikasian gagasan dan maksud, baik secara tertulis maupun lisan.

5. Pengawasan (Supervision)

Pelaksanaan program pendidikan harus diawasi. Proses pemantauan suatu program pendidikan harus dilakukan secara cermat untuk mencapai tujuan pendidikannya. 

6. Sumber Daya Manusia (SDM) 

Fungsi SDM dimulai dari proses perencanaan dan pengorganisasian. Dalam hal ini, otoritas pendidikan akan berusaha untuk memastikan bahwa orang yang dipilih untuk jabatan tertentu kompeten dan kapabilitas sesuai dengan pos jabatan yang ditugaskan.

7. Anggaran (Budget)

Anggaran adalah biaya yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pengelolaan pendidikan.

8. Penilaian (Evaluating)

Evaluasi ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui efektivitas pelaksanaan keseluruhan proses organisasi untuk mencapai hasil sesuai dengan program yang telah ditetapkan terkait dengan pencapaian tujuan pendidikan.

Baca juga: Pengertian Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Ruang lingkup ini membantu untuk mengatur serangkaian kegiatan pendidikan sehingga anak-anak dapat mencapai tujuan pendidikan mereka dengan baik. Mengacu pada definisi di atas, beberapa bidang penting dalam ruang lingkup administrasi pendidikan tercantum di bawah ini:

1. Tata Usaha Sekolah

  • Organisasi dan struktur staf administrasi 
  • Anggaran belanja keuangan sekolah 
  • Staf dan staf sekolah 
  • Keuangan dan akuntansi 
  • Komunikasi 
  • Pengangkatan, mutasi, magang, buku induk, raport, laporan, dll.

2. Staf Siswa 

  • Organisasi Siswa 
  • Masalah Kesehatan Siswa 
  • Kemajuan Penilaian Siswa 
  • Masalah Kesejahteraan Siswa 
  • Bimbingan dan Konseling Siswa 

3. Departemen Staf Pendidikan 

  • Pengangkatan dan Penempatan Guru 
  • Organisasi Staf Pendidikan 
  • Masalah Staf 
  • Kemajuan guru dan masalah penilaian 
  • Pembaruan dan pembaruan guru

4. Bidang Pengawasan (Supervisi)

  • Upaya motivasi guru dan staf administrasi. 
  • Membina dan mengembangkan kerjasama yang baik antara guru, siswa dan pengelola sekolah. 
  • Jelajahi dan kembangkan pedoman untuk mengevaluasi hasil pendidikan dan hasil belajar. 
  • Upaya peningkatan kualitas dan pengalaman guru.

5. Bidang Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 

Menerapkan orientasi dan implementasi kurikulum untuk mencapai dasar dan tujuan pendidikan dan pengajaran. 

Mengatur program dan metode sesuai dengan inovasi pendidikan dan lingkungan masyarakat setempat.

Baca juga: Budaya Organisasi

Di atas adalah uraian singkat tentang pengertian administrasi pendidikan, tujuan, fungsi dan ruang lingkup manajemen pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Administrasi Pendidikan: Fungsi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel