√ Pengertian Manajemen Keuangan: Tujuan, Ruang Lingkup dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Keuangan: Tujuan, Ruang Lingkup dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Keuangan

Banyak orang yang belum memahami tentang apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan atau dalam Bahasa inggrisnya ”Financial Management”? Pengertian manajemen keuangan adalah semua kegiatan atau aktivitas suatu perusahaan yang berkaitan dengan cara memperoleh, menggunakan, dan mengelola keuangan perusahaan.

Manajemen keuangan adalah kegiatan manajemen yang bertujuan untuk mengelola dana dan aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan, dan digunakan untuk hal-hal atau kegiatan yang membantu mencapai tujuan utama perusahaan yaitu keuntungan.

Dalam suatu perusahaan atau badan usaha, manajemen keuangan memiliki 3 kegiatan utama yang dilakukan oleh manajer keuangan, yaitu:

  • Pendapatan dana
  • Kegiatan alokasi pendanaan
  • Manajemen aset

Ketiga hal tersebut berkaitan dengan sumber pendanaan internal dan eksternal perusahaan. Modal kerja dan ekuitas juga termasuk tugas manajemen keuangan. Artikel ini akan membahas secara rinci tujuan dan peran manajemen keuangan dalam perusahaan.

Baca juga : Pengertian Manajemen

Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai pengertian manajemen keuangan berdasarkan penjelasan  menurut para ahli:

1. Bambang Riyanto

Menurut pendapat Bambang Riyanto, pengertian manajemen keuangan adalah segala kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk memperoleh dana yang diperlukan dengan biaya yang serendah-rendahnya dan syarat yang paling menguntungkan serta menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

2. J. L. Massie

Menurut pendapat J. L. Massie, pengertian manajemen keuangan adalah kegiatan operasi bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasi yang efektif dan efisien.

3. Agus Sartono

Menurut pendapat Agus Sartono, pengertian manajemen keuangan adalah berkaitan dengan alokasi dana yang efektif dalam berbagai bentuk investasi dan upaya penghimpunan dana untuk pembiayaan investasi atau pengeluaran yang efektif.

4. J. F. Bradley

Menurut pendapat J. F. Bradley, manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang didedikasikan untuk mengelola penggunaan modal secara hati-hati, selektif, dan bijaksana dari sumber-sumber modal sehingga penggunaanya dapat berkembang ke arah pencapaian tujuannya.

5. Sonny S.

Menurut pendapat Sonny S, pengertian manajemen keuangan adalah tentang bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana dan mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

6. Grestenberg

Menurut Grestenberg, pengertian manajemen keuangan adalah bagaimana suatu perusahaan mengatur untuk memperoleh dana, bagaimana memperoleh dana, cara penggunaan dana tersebut, dan bagaimana perusahaan mengalokasikannya.

Artikel lainnya: Manajemen Strategi

7. Sutrisno

Menurut pendapat Sutrisno, arti manajemen keuangan adalah berarti segala kegiatan perusahaan, berusaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya rendah, dan berusaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efektif.

8. James VanHorne

Menurut pendapat James VanHorne, pengertian manajemen keuangan adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perolehan dana dan pengelolaan dana, serta pengelolaan aset untuk seluruh kegiatan perusahaan.

9. Weston dan Copeland

Menurut pendapat Weston dan Copeland, pengertian manajemen keuangan adalah sebuah fungsi dan tanggung jawab seorang manajer keuangan. Fungsi utama manajemen keuangan terkait dengan keputusan perusahaan mengenai investasi, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian dividen di perusahaan.

Baca juga : Pengertian Manajemen Agribisnis

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Sebagaimana dijelaskan oleh pengertian manajemen keuangan menurut para ahli di atas sebagai upaya pengelolaan kekayaan perusahaan, maka manajemen ini memiliki ruang lingkup khusus yang harus dipahami oleh para manajer, antara lain:

1. Keputusan Pendanaan

Keputusan pendanaan ini mencakup semua kebijakan yang berkaitan dengan cara memperoleh dana, seperti kebijakan penerbitan obligasi atau kebijakan mencari utang jangka pendek atau jangka panjang. Dana yang dimaksud dapat berasal dari sumber internal atau eksternal perusahaan itu sendiri.

2. Keputusan Investasi

Segala sesuatu yang berkaitan dengan pembentukan kebijakan investasi seperti aset tetap (aktiva tetap) atau aset tetap (fixed assets). Modal dapat berupa tanah, bangunan, atau infrastruktur perusahaan, termasuk mesin produksi. Investasi juga bisa berupa aset keuangan seperti surat berharga, saham, dan obligasi.

3. Keputusan Pengelolaan Aset

Kebijakan terkait pengelolaan aset yang efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga : Pengertian Manajemen Biaya

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, manajemen keuangan dilakukan sebagai proses pengendalian aset perusahaan, terutama yang berbentuk dana. Oleh karena itu, manajemen keuangan memiliki beberapa tujuan yang harus dicapai, antara lain:

1. Memaksimalkan Keuntungan

Dengan kebijakan yang tepat, manajemen keuangan dapat memaksimalkan keuntungan jangka panjang perusahaan.

2. Menjaga Arus Kas Perusahaan 

Manajer keuangan adalah orang yang wajib menjaga arus kas setiap hari, perusahaan mau tidak mau menghabiskan uang untuk membeli bahan baku, gaji anggota, sewa, dan pembayaran lainnya. Oleh karena itu, jika tidak diawasi dan dikendalikan, dapat mengakibatkan pembengkakan anggaran dan merugikan perusahaan. 

3. Penyusunan Struktur Modal 

Menyeimbangkan pembiayaan modal dan modal pinjamanan tujuannya adalah untuk mempersiapkan struktur permodalan.

4. Memaksimalkan Pemanfaatan Finansial Perusahaan 

Mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan penggunaan uang perusahaan Anda. Anda dapat mengurangi anggaran yang digunakan untuk kegiatan yang tidak menguntungkan perusahaan Anda dan mengalokasikannya untuk kegiatan lain yang lebih menguntungkan. 

5. Mengoptimalkan Aset Perusahaan 

Manajer keuangan berusaha untuk memberikan dividen sebanyak mungkin kepada pemegang saham dan meningkatkan pasar saham dalam kaitannya dengan kinerja perusahaan.

6. Meningkatkan Efisiensi

Manajer keuangan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi di semua bagian organisasi. Alokasi modal yang tepat dalam segala hal berdampak pada peningkatan efisiensi perusahaan. 

7. Memastikan Kelangsungan Kegiatan Perusahaan

Peran Perbendaharaan untuk bertahan dalam persaingan komersial dalam bisnis yang kompetitif. Penyalahgunaan keuangan dapat menyebabkan kebangkrutan, sehingga keputusan keuangan harus diambil dengan hati-hati.

8. Kurangi Risiko Operasional 

Manajemen keuangan yang baik meminimalkan risiko operasional. Risiko ketidakpastian dalam bisnis harus ditangani oleh manajer keuangan melalui keputusan yang tepat. 

9. Mengurangi Biaya Modal 

Manajer keuangan harus merencanakan biaya modal untuk meminimalkan penggunaan biaya modal.

Baca juga: Administrasi Perkantoran

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan

Keuangan adalah faktor paling berisiko untuk satu atau lebih perusahaan. Perbendaharaan harus dikendalikan dan dikelola secara memadai oleh manajer keuangan. Hal ini berkaitan dengan profitabilitas perusahaan di sektor keuangan. 

Dibawah ini adalah beberapa fungsi manajemen keuangan:

1. Perencanaan Keuangan dan Anggaran (Budget

Semua kegiatan usaha termasuk penggunaan dana dari anggaran perusahaan. Anda harus merencanakannya dengan baik. Bisnis yang tidak menguntungkan Anda dapat memotong atau dikurangi anggarannya. Dengan begitu kita dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan dengan mempertimbangkan alokasi modal.

2. Pengendalian (Control)

Semua aktivitas yang dilakukan memerlukan penilaian dan evaluasi keuangan. Sebagai referensi untuk kegiatan lainnya.

3. Pemeriksaan (Audit)

Audit internal yang berkaitan dengan keuangan harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan prinsip akuntansi dan tanpa penyimpangan.

4. Pelaporan (Report)

Mengingat adanya manajemen keuangan, laporan tahunan berguna untuk menganalisis rasio laba rugi suatu perusahaan.

Artikel lainnya: Market Share 

Demikianlah uraian lengkap tentang pengertian manajemen keuangan, fungsi, tujuan dan peranannya dalam perusahaan. Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya pengetahuan Anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Manajemen Keuangan: Tujuan, Ruang Lingkup dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel