√ Manajemen Biaya: Pengertian, Konsep, Jenis, dan Tahapannya Dalam Bisnis

Manajemen Biaya: Pengertian, Konsep, Jenis, dan Tahapannya Dalam Bisnis

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan manajemen biaya? Untuk memahami istilah ini, kita harus mengetahui arti dari setiap kata, yaitu “manajemen” dan “biaya”.

Singkatnya, konsep manajemen adalah pengelolaan atau pengaturan, dan konsep biaya adalah suatu bentuk pengeluaran bagi suatu pihak, baik perorangan maupun organisasi, untuk memperoleh manfaat.

Jadi, apa itu manajemen biaya? Artikel ini akan dimulai dengan pemahaman, konsep, jenis, dan tahapan, dan membahas sepenuhnya.

Apa itu manajemen biaya?

Secara umum, konsep manajemen biaya adalah suatu sistem yang dirancang untuk memberikan informasi yang lengkap bagi organisasi dan manajemen dalam kegiatan operasionalnya.

Kegiatan operasional tersebut meliputi proses pembuatan berbagai peluang untuk perencanaan strategis, perbaikan dan pengambilan keputusan.

Singkatnya, manajemen biaya adalah proses menemukan dan melaksanakan pekerjaan atau proyek dengan cara yang benar.

Proses tersebut meliputi kegiatan perbandingan antara perencanaan, penganggaran, perkiraan, pendanaan, pengelolaan, pengendalian, dan biaya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar sesuai anggaran dan jadwal.

Manajemen biaya sangat berguna bagi perusahaan untuk mengoptimalkan pembiayaan dan mengelola keuangan perusahaan. Selain itu, manajemen biaya juga dapat membantu perusahaan menentukan prioritas pengelolaan keuangan sehingga dapat memaksimalkan keuntungan.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Pengertian Manajemen Biaya Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi manajemen biaya menurut beberapa ahli, antara lain:

1. Yudi Herliansyah

Menurut Yudi Herliansyah, manajemen biaya merupakan filosofi upaya perbaikan terus-menerus untuk meningkatkan pelayanan dengan biaya rendah, hal ini tercermin dalam sikap dasar yang positif, yaitu setiap biaya produksi merupakan keputusan manajemen untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi.

2. Deden Mulyana

Menurut Deden Mulyana, manajemen biaya adalah sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi keuangan (pendapatan dan biaya) dan non-keuangan (kualitas dan produktivitas) bagi manajemen organisasi untuk mengidentifikasi peluang untuk perbaikan, perencanaan strategis, dan merumuskan operasi yang terkait dengan pengadaan Keputusan dan penggunaan sumber daya. -Sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi.

Baca juga : Pengertian Unsur-Unsur Administrasi

Konsep Dasar Manajemen Biaya Perusahaan

Konsep Dasar Manajemen Biaya Perusahaan


Pengertian Manajemen Biaya

Sebagaimana dijelaskan dalam manajemen biaya, untuk mengoptimalkan pembiayaan perusahaan, manajer biaya perlu memahami konsep dasar berikut:

1. Konsep nilai tambah

Manajer harus menjalankan semua aktivitas nilai tambah atau aktivitas perusahaan secara efektif, dan menghilangkan aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan biaya operasi setiap aktivitas.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

2. Konsep akuntansi aktivitas

Tugas manajer adalah mengumpulkan dan melacak apakah tindakan yang dikeluarkan konsisten dengan aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, dalam konsep ini, istilah activity-based costing (ABC) disebut sebagai metode pengukuran biaya dan kinerja, sumber biaya, dan objek biaya.

3. Konsep biaya target

Manajer akan mengambil tindakan untuk menyesuaikan biaya target untuk mencapai pangsa pasar melalui biaya berbasis pasar. Target cost disini adalah harga pasar untuk memperoleh pangsa pasar atau keuntungan yang dibutuhkan.

Tujuan dari konsep biaya target ini adalah untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan dalam siklus hidup produk tertentu.

Dari konsep manajemen biaya di atas, diperlukan manajemen biaya yang komprehensif untuk mengidentifikasi biaya kegiatan, efektivitas perekonomian perusahaan, peningkatan kinerja masa depan, dan pengendalian biaya perusahaan dari kegiatan yang tidak berguna.

Tujuan dari manajemen biaya perusahaan

Langkah Manajer untuk Mengoptimalkan Manajemen Biaya


Secara garis besar, sistem manajemen biaya memiliki empat tujuan, antara lain:

Tentukan biaya kegiatan bisnis

Menentukan efisiensi, efektivitas dan nilai ekonomi dari kegiatan usaha business

Manfaat Manajemen Biaya Bagi Bisnis

Selain itu, kami telah mencapai beberapa manfaat pengendalian biaya, antara lain

  • Sebagai bentuk perencanaan dan pengelolaan bisnis. 
  •  Merupakan upaya untuk meningkatkan pelacakan pengeluaran bisnis. 
  •  Mengoptimalkan kinerja siklus hidup produk manufaktur. 
  •  Sebagai dasar pengambilan keputusan. 
  • Bentuk manajemen investasi yang paling efisien. 
  •  Sebagai alat pengukuran kinerja. 
  •  Dukungan untuk otomatisasi filosofi operasional dan produksi.
Baca Juga Pengertian Organisasi

Jenis-Jenis Manajemen Biaya

Jenis-Jenis Manajemen Biaya

Dalam ilmu manajemen ada lima jenis manajemen biaya, yaitu:

1. Biaya bahan langsung dan tidak langsung 

 Biaya bahan langsung adalah biaya bahan baku untuk produk atau kegiatan lain dari suatu perusahaan. Biaya ini dikurangi dengan diskon pembelian, tetapi ada juga biaya pengiriman dan masalah terkait lainnya. 

 Biaya bahan tidak langsung adalah biaya bahan yang digunakan untuk membuat suatu produk, tetapi bukan merupakan bagian dari produk jadi yang dihasilkan. 

2. Biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung 

 Biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) adalah biaya tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa. Biaya tersebut termasuk jam kerja normal yang tidak produktif, seperti: Istirahat, sholat, makan siang dan istirahat lainnya. 

 Biaya tenaga kerja tidak langsung adalah biaya tenaga kerja yang meliputi pelatihan, penanganan material, pembersihan, inspeksi, pengadaan bahan baku, pengawasan dan pengendalian kualitas.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

3.Biaya tetap dan variabel 

 Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah meskipun output bervariasi dalam rentang yang luas. 

 Biaya variabel adalah perubahan biaya total yang terkait dengan setiap perubahan biaya total yang dinyatakan. 

 Oleh karena itu, kedua biaya ini adalah biaya total. 

.4. Biaya per unit 

 Harga per unit adalah biaya rata-rata yang dihitung dengan membagi total biaya produksi dengan jumlah unit yang diproduksi. 

 5. Biaya umum 

 Biaya umum biasanya digunakan ketika perusahaan berusaha memproduksi barang atau jasa. Beberapa di antaranya termasuk dalam pengeluaran umum lainnya. Biaya pembelian barang atau jasa yang memproduksi peralatan dan mendukungnya.

Tahapan Manajemen Biaya

Tahapan manajemen biaya

Proses pengendalian biaya memiliki empat tahap dalam pelaksanaannya: 

1. Perencanaan Sumber Daya 

 Perencanaan sumber daya (perencanaan manajemen biaya) adalah tahap pertama dari sebuah proyek. Ini adalah tahap di mana perusahaan menetapkan kebijakan, prosedur, rencana manajemen bakat, perencanaan buku besar, manajemen, produksi dan pengendalian biaya untuk melaksanakan proyek. 

 Dalam praktiknya, sebagian besar proses perencanaan sumber daya dilakukan oleh pekerjaan manusia. Mulailah dengan mengidentifikasi sumber daya, mengerjakan tampilan yang meledak, dan memperkirakan total biaya sumber daya yang dibutuhkan untuk proyek Anda. 

Baca juga : Pengertian Manajemen Administrasi

2. Estimasi Biaya 

 Estimasi Biaya adalah langkah dalam memperkirakan jumlah sumber daya keuangan yang dibutuhkan perusahaan untuk melaksanakan kegiatan proyek.

3. Anggaran Biaya 

 Penganggaran biaya adalah langkah dalam proses manajemen biaya yang menggabungkan perkiraan biaya untuk menetapkan tolok ukur biaya. 

 Fase ini bertujuan untuk menentukan dasar biaya untuk pelaksanaan proyek yang dipantau dan dikendalikan. 

4.Pengendalian biaya 

 Pengendalian biaya adalah tahap di mana perusahaan mengelola biaya, termasuk pelaksanaan setiap kontribusi. Hal ini untuk memastikan bahwa perubahan biaya telah dilakukan dengan benar, termasuk untuk baseline biaya variabel. 

 Proses ini membantu perusahaan menginformasikan pemangku kepentingan bahwa perubahan dalam proses proyek juga dapat menyebabkan perubahan biaya. 

 Langkah-langkah manajer untuk mengoptimalkan manajemen biaya 

 Dengan mengacu pada konsep manajemen biaya sebagai tindakan untuk mengoptimalkan modal perusahaan melalui kegiatan yang menguntungkan, manajemen orang langkah pertama dalam hal ini adalah bahwa bisnis harus mengeluarkan biaya menentukan harga kesepakatan. 

 Biaya operasional di sini merupakan faktor yang dapat mempengaruhi total biaya. Dalam hal ini, manajer harus mengelompokkan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis ke dalam kategori, seperti biaya operasi, biaya sumber daya, dan biaya lain yang terkait dengan bisnis bisnis. 

 Pembedaan biaya didasarkan pada jenis pengeluaran dan tanggung jawabnya.

Dalam hal ini, manajer harus mengelompokkan biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan menurut kategorinya, seperti biaya operasional, biaya sumber daya, dan biaya-biaya lain yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. . Perbedaan 

 pengeluaran didasarkan pada jenis pengeluaran dan tanggung jawabnya. 

 Pengendalian biaya disebut alokasi biaya atau alokasi biaya, yang didefinisikan sebagai proses menetapkan objek biaya untuk perlindungan biaya. 

 manajer dapat menggunakan salah satu dari dua jenis kuota atau memilih kuota dan biaya pelacakan langsung. 

 Alokasi di sini adalah mengalokasikan biaya tidak langsung (biaya yang mudah dipantau dan tidak ekonomis), sedangkan akses langsung adalah mengalokasikan biaya langsung (biaya yang mudah dipantau).

Kesimpulan 

 Banyak orang berpikir bahwa mengelola biaya sama dengan mengelola uang. Ini adalah aplikasi dalam lingkungan manajemen bisnis, tetapi keduanya bergantung pada pemahaman dan aplikasi Anda. 

 Manajemen keuangan berfokus pada manajemen keuangan bisnis, sedangkan manajemen biaya harus mengidentifikasi peluang untuk perbaikan terkait dengan perolehan dan penggunaan sumber daya bisnis yang diperlukan, merencanakan strategi, dan membuat keputusan operasional. Pada dasarnya, pengendalian biaya melibatkan bagaimana manajer mengoptimalkan berbagai biaya yang dikeluarkan bisnis dengan tujuan menurunkan biaya bisnis dibandingkan dengan yang tidak menaikkan harga. Dengan cara ini, pengendalian biaya harus meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnis. 

 Demikianlah uraian singkat tentang pengendalian biaya, mulai dari pengertian, konsep, jenis dan prosedurnya. Saya harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat.



Share

0 Response to " √ Manajemen Biaya: Pengertian, Konsep, Jenis, dan Tahapannya Dalam Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel