√ Market Share: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Pangsa Pasar

Pengertian Market Share

Seperti yang kita ketahui bersama, pangsa pasar merupakan faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan. Jadi sebenarnya apa sih arti dari market share dan apa tujuannya?

Jawabannya ada di artikel ini. Disini saya akan membahas secara detail beberapa hal yang berhubungan dengan market share, diantaranya :

  • Jelaskan secara singkat apa itu pangsa pasar.
  • Apa tujuan dari analisis pangsa pasar.
  • Jenis pangsa pasar.
  • Mengukur keberhasilan perusahaan dalam hal pangsa pasar.
  • Bagaimana memahami ukuran pasar.
  • Bagaimana meningkatkan pangsa pasar.
  • Keuntungan dan kerugian dari pangsa pasar.
  • Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pangsa pasar, Anda akan senang membaca artikel ini. Ayo mulai!

Baca juga : Pengertian Administrasi

Pengertian Market Share

Secara umum, konsep pangsa pasar adalah bagian dari keseluruhan permintaan barang yang mencerminkan kategori konsumen berdasarkan karakteristiknya (segmen pasar).

Konsumen dapat diklasifikasikan menurut tingkat pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan dan status sosial.

Oleh karena itu, pangsa pasar atau market share adalah bagian pasar yang dikuasai perusahaan dari seluruh potensi penjualan, biasanya dinyatakan dalam persentase.

Pangsa pasar juga dapat didefinisikan sebagai persentase total penjualan perusahaan dari semua produk sumber dibagi dengan total penjualan produk industri tertentu (barang dan jasa).

Contoh sederhana,

Jika konsumen membeli 100 produk sampo secara keseluruhan, dan 35% pembelian berasal dari Perusahaan ABC maka Perusahaan ABC berhasil menguasai 35% pangsa pasar.

Baca juga : Pengertian Unsur-Unsur Administrasi

Tujuan Analisis Market Share

Tujuan Analisis Market Share

Setelah mengetahui apa itu pangsa pasar, tentunya Anda juga perlu mengetahui apa tujuan dari analisis pangsa pasar.

Secara umum, pangsa pasar suatu perusahaan dapat digunakan sebagai indikator daya saing suatu perusahaan di suatu pasar.

Indikator ini juga dapat digunakan untuk mengukur perubahan pendapatan penjualan untuk membantu perusahaan menilai kebutuhan utama pasar.

Biasanya kenaikan tingkat penjualan dari permintaan utama akan membuat lebih murah dan menguntungkan perusahaan, daripada pasar yang diperoleh dengan berpartisipasi dalam pesaing di industri yang sama.

Pada saat yang sama, hilangnya pangsa pasar menunjukkan masalah besar jangka panjang. Hal ini membutuhkan perubahan dalam strategi pemasaran yang digunakan.

Setiap perusahaan atau perusahaan dengan pangsa pasar di bawah rata-rata mungkin tidak dapat bertahan dalam persaingan. Hal ini karena pangsa pasar produk perusahaan dan tren penjualan juga merupakan indikator awal peluang atau masalah yang mungkin muncul di masa depan.

Menurut penelitian, pangsa pasar merupakan aset yang dibutuhkan setiap perusahaan. Namun, banyak ekonom mengatakan bahwa pangsa pasar bukanlah tujuan atau kriteria dasar dari kebijakan ekonomi.

Dengan cara ini, pangsa pasar hanya dapat digunakan sebagai dasar utama untuk mengukur kinerja perusahaan yang bersaing di pasar.

Pangsa pasar dapat dijadikan acuan untuk membangun suatu sistem perusahaan, baik dalam merumuskan kebijakan maupun merumuskan kebijakan. Tentunya kebijakan ini didasarkan pada pertimbangan terkait dampak dari setiap kebijakan terhadap pangsa pasar pesaing perusahaan.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Jenis-Jenis Market Share

Jenis-Jenis Market Share

Pangsa pasar bisa dibedakan menjadi dua jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis pangsa pasar dan contohnya:

1. Pasar Utama (Primary Market)

Pasar Utama adalah pasar untuk menciptakan sekuritas. Di pasar ini, perusahaan menjual saham dan obligasi baru kepada publik untuk pertama kalinya.

Penawaran umum perdana (IPO) adalah contoh dari pasar perdana. Dalam transaksi ini, investor memiliki kesempatan untuk membeli surat berharga dari bank yang memberikan jaminan awal untuk saham tertentu.

IPO terjadi ketika perusahaan swasta menerbitkan saham kepada publik untuk pertama kalinya.

2. Pasar Sekunder (Secondary Market)

Pasar sekunder adalah tempat investor membeli dan menjual sekuritas yang sudah mereka miliki. Pasar ini disebut "pasar saham" oleh kebanyakan orang, meskipun saham sebenarnya dijual di pasar perdana saat pertama kali dikeluarkan.

Bursa nasional seperti Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu contoh pasar sekunder.

Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Market Share

Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Market Share

Pangsa pasar adalah rasio penjualan perusahaan terhadap total penjualan pesaingnya dalam industri tertentu. Ini berarti bahwa pangsa pasar adalah salah satu metrik yang digunakan perusahaan untuk mengukur kesuksesan mereka terhadap pesaing mereka. 

 Misalnya, pangsa pasar target Perusahaan ABC pada tahun 2008 adalah 10% dari total pangsa pasar. Untuk mencapai target pasar diperlukan biaya promosi sebesar Rp 100 juta. 

Jika ABC memiliki pangsa pasar 10% atau lebih (misalnya 15%), berarti perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Di sisi lain, jika pangsa pasar yang dicapai pada tahun tersebut hanya 9%, ini menunjukkan pemasaran yang buruk dan perusahaan menghadapi masalah efisiensi dan efektivitas. 

 Untuk menilai masalah perusahaan yang tidak dapat memperoleh pangsa pasar, beberapa faktor perlu diselidiki. Artinya, 

  • Ukuran pangsa pasar terlalu besar. 
  • Semakin banyak pesaing baru di bidang yang sama. 
  • Daya saing perusahaan semakin hari semakin menurun. 
  • Promosi yang tidak menjangkau atau menargetkan pasar referensi.
Baca Juga Pengertian Organisasi

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Mengetahui dan menentukan ukuran pasar dan pangsa pasar memerlukan riset pasar yang cukup menyeluruh. Oleh karena itu, pengusaha harus mampu mengidentifikasi target pasar sehingga dapat memahami potensi pasar. Kemudian, setelah mengetahui ukuran pasar dan segmen pasar sasaran, langkah selanjutnya adalah menyelidiki siapa saja pesaing yang ada di pasar dan seberapa besar mereka menguasai pasar. 

Perencanaan Strategis Perusahaan perlu mengembangkan strategi bauran pemasaran dan mempersempit segmen produk agar tetap fokus pada promosi.

Misalnya, 

ABC beroperasi di industri minuman. Menjelaskan bisnis minuman saja tidak cukup dan perlu lebih fokus. 

 Misalnya, minum kopi, teh, rasa buah, dll. 

Cara Meningkatkan Market Share 

Kelebihan dan Kekurangan Analisis Pangsa Pasar

Bagaimana Meningkatkan Pangsa Pasar Penting untuk memahami arti dari pangsa pasar. Pasalnya, dengan mengetahui target pangsa pasar, perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta mengejar ketertinggalan pasar. 

 Analisis SWOT membantu Anda memahami kekuatan dan kelemahan bisnis Anda. Dengan cara ini, bisnis dapat melakukan lebih banyak hal yang mereka butuhkan untuk menjadi lebih produktif. Misalnya, perubahan harga, perubahan layanan, peningkatan promosi pemasaran, perubahan metode distribusi, dll. Jadi bagaimana Anda meningkatkan pangsa pasar Anda ketika memulai bisnis? Berikut adalah beberapa tips sederhana: 

  • Pilih bisnis yang masih relatif baru dan memiliki sedikit persaingan dari bisnis lain. 
  • Saya yakin perusahaan akan sukses dalam bisnis. 
  • Tentukan visi dan misi perusahaan Anda dalam kaitannya dengan tujuan bisnis masa depan. 
  • Mempertimbangkan kekuatan pesaing di sektor yang sama. 
  • Amati fluktuasi harga di industri target dan tentukan tingkat harga yang paling tepat. 
  • Ciptakan dan bangun jaringan pasar untuk memperkuat bisnis Anda. 

Pro dan kontra analisis pangsa pasar Seperti disebutkan sebelumnya, analisis pangsa pasar dapat digunakan sebagai alat untuk memberikan gambaran pertama tentang kesehatan perusahaan yang bersaing antar perusahaan.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari analisis market share:

Kelebihan Analisis Pangsa Pasar

Manfaat Analisis Pangsa Pasar Analisis Pangsa Pasar 

Dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk membandingkan dua atau lebih perusahaan yang bersaing dalam industri yang sama. Selain itu, analisis pangsa pasar dapat menunjukkan tingkat persaingan secara keseluruhan di antara semua perusahaan dalam suatu sektor. Dengan demikian, analisis pangsa pasar dapat dijadikan sebagai tolak ukur pertumbuhan dan perkembangan suatu bisnis. Jika pangsa pasar meningkat dalam jangka waktu tertentu, maka dapat dikatakan ada metode penjualan yang baik yang memenuhi permintaan pasar.

Kekurangan Analisis Pangsa Pasar

Perusahaan telah mencapai sebagian besar pangsa pasar, tetapi keuntungan mereka lebih rendah daripada rekan-rekan mereka, ukuran pangsa pasar dapat dianggap sebagai indikator yang tidak penting. Data 

Pangsa pasar dapat memberikan gambaran tentang keunggulan satu atau sekelompok perusahaan dalam suatu industri yang tidak memungkinkan untuk bersaing dengan perusahaan lain. Ini berarti bahwa analisis pangsa pasar hanya menegaskan fakta bahwa UKM tidak kompetitif dan menghasilkan sedikit keuntungan.

Baca juga : Pengertian Manajemen Administrasi

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pangsa pasar adalah bagian dari pasar yang dimiliki atau dikuasai oleh perusahaan atau produk tertentu. Persentase pangsa pasar digunakan untuk mengukur daya saing perusahaan dalam industri tertentu. Dengan cara ini, perusahaan dapat melihat seberapa baik kinerja dan pertumbuhannya dibandingkan dengan para pesaingnya. 

 Demikian uraian singkat tentang pengertian pangsa pasar, ukuran pasar, target, jenis, dan cara meningkatkan pangsa pasar. Saya harap Anda menemukan ulasan singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Market Share: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Pangsa Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel