√ Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli dengan Penjelasan Lengkap

Unsur-unsur Administrasi

Unsur-Unsur Administrasi

Apa saja unsur-unsur administrasi perkantoran? Tentu untuk membahas topik ini kita harus tahu terlebih dulu apa itu unsur. Pengertian unsur adalah bagian dari sesuatu, sehingga kombinasi dari satu unsur dengan unsur lainnya membuat sesuatu menjadi ada.

Di antara unsur-unsur administrasi, berikut ini mutlak harus ada dalam unsur administrasi, yaitu:

  • Sekelompok orang
  • Memiliki kerjasama
  • Memiliki tujuan tertentu

Oleh karena itu, jika salah satu dari ketiga unsur mutlak tersebut tidak ada, maka suatu kegiatan tidak termasuk dalam kegiatan administrasi.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Unsur-Unsur Administrasi Menurut Para Ahli

Menurut beberapa para ahli telah menjelaskan tentang beberapa unsur administrasi secara umum. Dibawah ini penjelasannya:

1. Sondang P Siagian

Menurut Sondang P Siagian, unsur-unsur administrasi adalah:

  • Terdiri dari dua orang atau lebih
  • Punya tujuan
  • Ada tugas yang harus dikerjakan
  • Ketersediaan peralatan dan perlengkapan

Sondang P Siagian mengatakan bahwa keempat unsur tersebut merupakan unsur mutlak dalam pengelolaan administrasi.

Baca juga : Pengertian Indikator

2. The Liang Gie

Menurut pendapat ahli The Liang Gie unsur-unsur administrasi terdiri dari 8 unsur yang saling berhubungan satu sama lainnya, yaitu:

  • Keuangan
  • Perbekalan
  • Organisasi
  • Manajemen
  • Komunikasi
  • Kepegawaian
  • Ketatausahaan
  • Hubungan Masyarakat (Humas)

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Penjelasan Unsur-Unsur Administrasi

Agar kita lebih memahami masing-masing unsur administrasi maka kita harus menguraikannya satu persatu dari unsur diatas. Berikut penjelasannya:

1. Organisasi

Pengertian organisasi adalah adalah tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk menggunakan sumber daya yang ada untuk bekerja sama. Dalam suatu organisasi terdapat kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan, penyusunan, dan pembagian tugas dari sebuah usaha kerjasama dalam upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

2. Manajemen

Pengertian manajemen adalah proses mengatur apa yang dilakukan sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan manajemen adalah mengerahkan seluruh personel dan membimbing seluruh fasilitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Komunikasi

Pengertian bahwa komunikasi adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan informasi, baik berupa berita, ide maupun gagasan, dari satu pihak kepada pihak lainnya. Komunikasi dalam kegiatan administrasi dapat dilakukan secara lisan (verbal), bahasa tubuh atau bentuk tulisan.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan

4. Kepegawaian

Pengertian kepegawaian adalah suatu proses yang berkaitan dengan pengelolaan tenaga kerja dalam suatu organisasi. Proses kepegawaian dalam organisasi dimulai dari penerimaan, pengangkatan, penempatan, pembinaan, pengarahan, pemberhentian, promosi, hingga pemberhentian/pensiun.

5. Keuangan

Pengertian keuangan yang dimaksud dengan pembiayaan administrasi berkaitan dengan pembiayaan dalam suatu hubungan kerjasama, antara lain: cara memperoleh biaya, tanggung jawab biaya, pengelolaan syarat pembayaran, dan penentuan sumber biaya, dan lain-lain.

6. Perbekalan

Pengertian perbekalan adalah memahami bahwa persediaan adalah kegiatan yang berkaitan dengan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh organisasi. Beberapa kegiatannya adalah pembelian barang, penyimpanan barang, dan pemusnahan barang yang tidak dibutuhkan.

7. Ketatausahaan

Pengertian ketatausahaan dalam administrasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan atau service penyelenggaraan dalam suatu usaha. Misalnya, pencatatan, penyimpanan, pengiriman, dan lainnya. Biasanya kegiatan administrasi semacam ini disebut "office work" dan dilakukan di kantor.

Baca juga : Pengertian Perencanaan

8. Hubungan Masyarakat (Humas)

Pengertian humas atau public relation merupakan bagian dari suatu organisasi, dan fungsinya untuk berinteraksi, membangun hubungan, dan bekerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut. Tujuan dari kegiatan humas ini adalah untuk mendapatkan dukungan penuh organisasi dari semua lapisan masyarakat secara sadar dan sukarela.

Baca juga : Pengertian Kompetensi

Demikianlah penjelasan ringkas dan sederhana tentang unsur-unsur administrasi perkantoran. Pada dasarnya unsur-unsur tersebut terdapat pada hampir semua jenis administrasi, mulai dari administrasi pendidikan, administrasi perkantoran, dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan keilmuan.

Share

Belum ada Komentar untuk "√ Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli dengan Penjelasan Lengkap "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel