√ Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia: Fungsi, dan Tujuannya

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia


Apa itu Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)? Untuk memahami istilah ini, kita harus mengetahui arti dari setiap kata, yaitu manajemen, sumber daya, dan orang.

Secara singkat, berikut adalah penjelasan sederhana dari definisi setiap kata:

  • Manajemen: Proses mengelola atau mengelola sesuatu.
  • Sumberdaya: Terbatasnya ketersediaan nilai potensial dari sesuatu.
  • Orang: Setiap orang yang merupakan tenaga kerja terampil dalam organisasi dan yang kemampuannya dapat dikembangkan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Secara umum definisi manajemen sumber daya manusia adalah proses dan upaya merekrut, mengembangkan, memotivasi dan mengevaluasi secara komprehensif sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Manajemen sumber daya manusia melibatkan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, bimbingan, dan pengendalian. Sumber daya manusia berperan dalam keseluruhan proses organisasi dan manajemen, baik yang berasal dari perusahaan maupun karyawan.

  • Implementasi manajemen sumber daya manusia yang nyata meliputi perencanaan dan pelaksanaan rencana, persiapan karyawan, manajemen karir, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja dan hubungan kerja. Beberapa hal yang termasuk dalam manajemen sumber daya manusia antara lain:
  • Manajemen SDM melibatkan pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia.
  • Manajemen SDM membantu mencapai tujuan pribadi, organisasi dan sosial.
  • Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu multidisiplin, termasuk studi manajemen, psikologi, komunikasi, ekonomi, dan sosiologi.
  • Manajemen SDM melibatkan kerja tim dan kerja tim, dan merupakan proses yang berkelanjutan.

Departemen sumber daya manusia dalam suatu organisasi berperan dalam semua aspek penanganan karyawan, dan memiliki banyak fungsi, antara lain: Melakukan analisis pekerjaan, rekrutmen, wawancara kerja, seleksi sumber daya manusia, pelatihan induksi, pelatihan, gaji, pemeliharaan keselamatan dan kesehatan karyawan, dll.

Baca juga : Pengertian Unsur-Unsur Administrasi

Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

Pengertian Manajamen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Banyak pakar manajemen yang menjelaskan definisi manajemen sumber daya manusia, antara lain:

1. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara, manajemen sumber daya manusia adalah merencanakan, mengatur, melaksanakan dan mengawasi pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan pekerja untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Handoko

Handoko percaya bahwa konsep manajemen sumber daya manusia adalah memilih, merekrut, mengembangkan, memelihara dan menggunakan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi.

Baca Juga : Manajemen Biaya

3. Henry Simola

Menurut Henry Simamora (Henry Simamora), pengertian manajemen sumber daya manusia adalah pemanfaatan, pengembangan, evaluasi, remunerasi dan pengelolaan individu anggota kelompok pekerja.

4. Melayu SP Hasibuan

Menurut Malay Hasibuan, konsep manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengelola peran hubungan kerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan, pekerja dan masyarakat.

5. Hadari Navawi

Menurut Hadari Nawawi, konsep manajemen sumber daya manusia adalah proses penggunaan sumber daya manusia sebagai tenaga manusia agar potensi fisik dan psikisnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan perusahaan.

6. Gary Dessler

Menurut Gary Dessler, konsep manajemen sumber daya manusia adalah kebijakan dan latihan yang memenuhi kebutuhan pekerja atau aspek sumber daya manusia, seperti posisi manajemen, rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan evaluasi kinerja karyawan.

7. Mutiara S. Panggabean

Menurut Mutiara S. Panggabean, konsep manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses manajemen yang meliputi pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan analisis jabatan, pengadaan, evaluasi jabatan, pengembangan, promosi, kompensasi, dan pemutusan hubungan kerja kepada mencapai tujuan perusahaan. Tujuan yang telah ditetapkan.

8. Mary Parker Follett

Menurut Mary Parker Follett, manajemen sumber daya manusia adalah seni untuk mencapai tujuan organisasi dengan mengatur orang lain untuk melakukan berbagai tugas yang diperlukan.

9. Achmad S. Ruky

Menurut Achmad S. Ruky, konsep manajemen sumber daya manusia adalah lebih tepat menerapkan efisiensi yang sama dalam pemanfaatan, perolehan, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi untuk mencapai penggunaan sumber daya manusia yang terbaik. Organisasi sedang dalam proses mencapai tujuannya.

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Mengacu pada konsep manajemen sumber daya manusia yang terkait erat dengan pengelolaan tenaga kerja organisasi dan interaksi antara anggotanya. Penerapan manajemen sumber daya manusia yang unggul untuk bisnis dan perusahaan memiliki poin-poin terpuji sebagai berikut. 

1. Ketenagakerjaan 

Kehadiran departemen sumber daya manusia merupakan rencana yang baik untuk memilih pekerja untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 

Manajer bertanggung jawab untuk memilah karyawan sesuai dengan keterampilan dan komposisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk menghindari kerja berlebihan dan kekurangan substansi. 

2. Evaluasi Kinerja 

Manajer bertanggung jawab untuk mengevaluasi tenaga kerja. Kehadiran manajemen sumber daya manusia dapat memberikan penilaian kinerja karyawan dan memastikan bahwa setiap tenaga kerja menjalankan tugasnya. 

Baca juga : Budaya Organisasi

 3. Kompensasi

Manajemen sumber daya manusia juga menangani koordinasi remunerasi atau pemberian tunjangan kepada karyawan. Adalah tanggung jawab manajer untuk mengembangkan sistem penggajian yang memadai. Ini tentang kompatibilitas pembayaran dan manfaat yang diberikan oleh karyawan.

4. Pelatihan dan Pengembangan 

 Ini memainkan peran dalam pelatihan yang tepat dan orientasi anggota perusahaan, seperti yang dijelaskan sebagai manajemen sumber daya manusia mengatur hubungan kerja. Manajer 

Juga bertanggung jawab untuk mengambil keputusan untuk memberhentikan jika seorang anggota tidak memenuhi standar kualitas kerja yang dipersyaratkan oleh perusahaan atau jika ada kelebihan karyawan. 

 5. Survei Sumber Daya Manusia 

Manajemen bertujuan untuk meningkatkan efisiensi manajemen perusahaan dengan menganalisis masalah setiap karyawan. Misalnya, masalah keterlambatan kerja, ketidakhadiran berulang, dan masalah lainnya dapat disebabkan oleh ketidaknyamanan pekerja dengan sistem perusahaan. Dengan menganalisis perilaku individu 

Karyawan, Anda dapat menghindari pengunduran diri karyawan secara tiba-tiba. Sebab, hal itu dapat mempengaruhi operasional bisnis. 

 6. Hubungan dengan karyawan 

Perusahaan atau perusahaan yang mengelola sumber daya manusianya dengan baik dapat menghindari masalah yang terkait dengan serikat pekerja. 

Hubungan normal antara manajemen dan pekerja kantoran dapat mencegah keberadaan serikat pekerja seperti pemogokan, demonstrasi dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. 

 7. Keselamatan dan Kesehatan 

 Konsep manajemen sumber daya manusia terkait dengan pentingnya mengatur interaksi dengan tenaga kerja, tetapi keselamatan karyawan dalam peran itu juga harus dipertimbangkan. .. 

Keselamatan karyawan harus menjadi prioritas manajer karena mempengaruhi reputasi perusahaan. Manajer kemudian mengembangkan seperangkat prosedur operasi standar untuk perusahaan tertentu yang terlibat dalam produksi.

Baca Juga Pengertian Organisasi

Tujuan Manajemen Sumber Daya Menurut Ahli

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Profesional Manajemen SDM pada dasarnya adalah tentang memanfaatkan secara efisien dan efektif orang-orang yang ada di organisasi Anda. Menurut Barry Cushway (penulis Human Resource Management), manajemen sumber daya manusia memiliki lima tujuan. Mereka adalah: 

1. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan

Manajemen SDM Tugasnya adalah membuat kebijakan dan pertimbangan yang memotivasi karyawan. Oleh karena itu, departemen yang menangani masalah ini harus dilibatkan dalam mengembangkan kebijakan SDM. 

2. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Manajemen SDM yang membantu perusahaan mencapai tujuannya, juga bertanggung jawab untuk menerapkan kebijakan dan meninjau dampak kebijakan dan prosedur terhadap karyawan. 

3. Memberikan Dukungan Salah Satu Tujuan Paling Penting 

Manajemen SDM adalah memberikan dukungan kepada bisnis. Oleh karena itu, bentuk dukungan yang sebenarnya adalah untuk merekrut talenta berkualitas dan menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi perusahaan. 

4. Pemecahan Masalah 

Setiap organisasi atau bisnis lumpuh. Seringkali, masalah ini membawa perusahaan ke krisis dan menimbulkan risiko negatif bagi banyak audiens. Peran 

Manajemen SDM sangat penting dalam memecahkan masalah yang ada dalam bisnis. 

5. Media Komunikasi yang Baik

Manajemen SDM bertindak sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan pekerja, manajer, dan perusahaan. 

Karyawan sering menghindari komunikasi langsung dengan manajer mereka dan karyawan lainnya. Di sini, peran departemen SDM sangat dibutuhkan untuk mendukung komunikasi. 

Baca juga : Pengertian Perencanaan

Kesimpulan 

Sebagaimana dijelaskan di atas, manajemen sumber daya manusia adalah rekrutmen, seleksi, pelayanan, orientasi, pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja karyawan, dan penentuan tingkat kinerja, kompensasi dan tunjangan karyawan. Kita dapat menyimpulkan bahwa ini adalah proses karyawan yang terpelihara dengan baik dan termotivasi. Kami memastikan keselamatan, kesejahteraan dan kesehatan pekerja kami sesuai dengan hubungan serikat pekerja dan undang-undang perburuhan.

Baca juga : Pengertian Manajemen Administrasi 

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu yang secara efektif dan efisien mengelola hubungan dan peran karyawan untuk mencapai tujuan bisnis utama. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah studi ilmu bisnis yang menggabungkan teori bisnis, komunikasi, psikologi, ekonomi, dan sosiologi.


Share

Belum ada Komentar untuk " √ Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia: Fungsi, dan Tujuannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel