√ Pengertian Manajemen Komunikasi: Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Manajemen Komunikasi: Tujuan, Manfaat dan Contohnya


Apa sebenarnya manajemen komunikasi itu? Untuk memahami arti istilah ini, kita harus mengetahui arti dari setiap kata, yaitu manajemen dan komunikasi.

Secara harfiah, kata manajemen berarti proses mengelola atau mengelola sesuatu, disertai dengan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan kepemimpinan.

Dan komunikasi adalah suatu proses interaktif antara individu atau kelompok untuk menyampaikan dan memperoleh informasi untuk menjalin kontak dalam lingkungan orang lain.

Baca juga : Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Komunikasi

Pada dasarnya, manajemen komunikasi adalah kombinasi dari konsep komunikasi dan teori manajemen, yang berlaku untuk berbagai lingkungan di mana komunikasi terjadi.

Manajemen komunikasi adalah perencanaan sistematis, implementasi, pemantauan, dan revisi semua saluran komunikasi di dalam dan di antara organisasi; itu juga mencakup organisasi dan penyebaran arah komunikasi baru yang terkait dengan organisasi, jaringan, atau teknologi komunikasi.

Oleh karena itu, konsep manajemen komunikasi adalah bagaimana orang mengelola proses komunikasi yang berhubungan dengan pihak lain dalam konteks komunikasi.

Manajemen komunikasi akan membangun proses komunikasi untuk menciptakan koordinasi yang tidak tumpang tindih dan memberikan solusi ketika terjadi ketidaksepakatan antar individu.

Baca juga : Pengertian Manajemen Biaya

Manajemen Komunikasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli menjelaskan pengertian manajemen komunikasi, antara lain:

1. Michael Kay

Menurut Michael Kaye (1994), manajemen komunikasi adalah bagaimana orang mengelola proses komunikasi dengan orang lain dalam berbagai lingkungan komunikasi. Misalnya dalam hal komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.

2. Parag Diwan

Parag Diwan (1999) berpendapat bahwa manajemen komunikasi adalah melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan control terhadap unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Joan Gratto Liebler and Larry L. Barker

Menurut pendapat Liebler dan Barker, Pengertian komunikasi manajemen adalah suatu proses sistematis dalam proses pemahaman negosiasi antar anggota suatu organisasi dalam menjalankan fungsi manajemen untuk menyelesaikan pekerjaan melalui satu atau lebih individu untuk mencapai tujuan bersama.

Baca juga : Pengertian Manajemen

Fungsi dan Manfaat Manajemen Komunikasi Dalam Bisnis

Fungsi dan Manfaat Manajemen Komunikasi Dalam Bisnis

Manajemen komunikasi bisnis memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai alat untuk menyamakan pemahaman semua anggota dalam perusahaan, dan sebagai alat untuk memobilisasi anggota lain dari anggota berdasarkan informasi yang diberikan.

Dalam hal ini manajer akan berperan, memerintahkan anggota tim untuk bekerja sesuai dengan instruksi yang diharapkan, dengan tujuan menciptakan keuntungan bagi organisasi.

Tidak hanya itu, juga dapat mewujudkan manajemen komunikasi dan menjaga hubungan antar anggota perusahaan. Tanpa komunikasi yang baik, dapat menyebabkan konflik internal, yang mengarah pada kerjasama yang buruk.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari manajemen komunikasi dalam bisnis:

1. Manajemen Komunikasi Sebagai Kontrol

Manajer akan mengontrol perilaku anggota melalui informasi seperti aturan dan peraturan anggota.

Dengan ini, tindakan setiap anggota harus didasarkan pada aturan yang ditetapkan oleh perusahaan untuk menghindari konflik.

2. Manajemen Komunikasi Sebagai Motivasi

Pengelola akan membimbing anggota sehingga dapat memotivasi anggota untuk melakukan pekerjaan dengan baik sesuai dengan standar perusahaan.

3. Manajemen Komunikasi sebagai Bentuk Pengungkapan Emosi

Sebuah perusahaan atau perusahaan dengan manajemen komunikasi yang baik juga akan membentuk koordinasi yang baik antar tim.

Dengan cara ini, komunikasi dapat menjadi alat untuk mengekspresikan emosi anggota. Sehingga dapat meminimalisir permasalahan yang diakibatkan oleh konflik pribadi (seperti ketidakpuasan terhadap gaji yang diterima).

Baca juga : Pengertian Unsur-Unsur Administrasi

4. Manajemen Komunikasi sebagai Alat Transmisi Informasi

Sebagaimana dijelaskan di atas dalam definisi manajemen komunikasi, tujuan komunikasi adalah sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan untuk menentukan alternatif sebagai langkah pengambilan keputusan yang bijaksana.

Tujuan Manajemen Komunikasi

Pada dasarnya tujuan dari manajemen komunikasi adalah menjadi sarana interaksi yang baik agar mereka dapat mengerti dan mengerti bagaimana berkomunikasi dengan pihak lain.

Manajemen komunikasi juga merupakan sarana informasi yang membentuk cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Beberapa tujuan manajemen komunikasi sosial secara umum antara lain: mengembangkan interaksi profesional, membentuk itikad baik, menumbuhkan toleransi, gotong royong (saling pengertian), saling menghormati (saling menghargai), dan memperoleh pujian dalam hubungan internal dan eksternal.

Bentuk dan Contoh Manajemen Komunikasi

Bentuk dan Contoh Manajemen Komunikasi

George R. Terry, manajemen komunikasi dalam suatu organisasi terdiri dari lima elemen kunci: 

1. Komunikasi Formal 

Komunikasi antara atasan dan bawahan memerlukan pengaturan khusus. Jenis komunikasi ini digunakan dalam saluran komunikasi formal, otoritatif dan akuntabel. Artinya, digunakan melalui instruksi lisan dan tertulis sesuai dengan proses fungsional yang berlaku dari atasan ke bawahan dan sebaliknya. 

Contoh: Peraturan perusahaan tentang jam kerja yang disyaratkan oleh kontrak kerja. 

2. Komunikasi Formal

Komunikasi umumnya spontan tanpa persetujuan khusus. Jenis komunikasi ini biasanya terjadi secara spontan. Misalnya, memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab di tempat kerja. 

Contoh: Anggota organisasi mengungkapkan pandangan dan pendapat mereka ketika mereka menerima tugas. 

3. Komunikasi Informal 

Komunikasi adalah tentang membicarakan hal-hal selain pekerjaan. Jenis komunikasi ini menekankan hubungan antara orang-orang. 

Contoh: Dua karyawan mendiskusikan kehidupan pribadi satu sama lain di luar pekerjaan. 

4. Keterampilan Komunikasi 

Komunikasi adalah komunikasi strategi tertentu kepada orang lain. 

Contoh: Seorang manajer pemasaran memberikan rincian teknis tentang pemasaran media sosial. 

5. Komunikasi Prosedural 

Komunikasi digunakan untuk melaporkan kinerja perusahaan. 

Di sisi lain, menurut Onong Uchjana Effendy, komunikasi manajemen dapat dibagi menjadi tiga bagian:

1. Komunikasi Vertikal 

Seperti halnya komunikasi formal, komunikasi ini merupakan interaksi antara atasan dan bawahan melalui etika komunikasi. Aliran komunikasi vertikal ini berinteraksi selama pelaksanaan fungsi manajemen, baik dari atas ke bawah (komunikasi ke bawah) maupun dari bawah ke atas (komunikasi ke atas). 

2. Komunikasi Horizontal 

Komunikasi antara karyawan atau antara manajer organisasi atau perusahaan. Dengan kata lain, komunikasi horizontal adalah aliran komunikasi pada satu tingkat dalam organisasi. 

3. Komunikasi Eksternal 

Komunikasi antara suatu perusahaan dengan perusahaan atau organisasi lain yang ada di luar perusahaan. 

Baca juga : Pengertian Ekspetasi

Manajemen Komunikasi Dalam Interaksi Orang Dewasa

Manajemen Komunikasi Dalam Interaksi Orang Dewasa

Mengelola komunikasi dalam interaksi dengan orang dewasa dalam bukunya "Mengelola Komunikasi", Michael Kay menyatakan bahwa model komunikasi orang dewasa dapat terlihat seperti boneka matryoshka Rusia. 

Kay mengatakan boneka Matryoshka yang lebih kecil adalah representasi diri. Memahami diri sendiri adalah langkah yang sangat penting dalam mencapai manajemen diri yang efektif. Ini berarti bahwa komunikasi pribadi harus mencakup pikiran, persepsi, ingatan dan sensasi. 

Boneka besar kedua berisi boneka kecil yang menyerupai boneka komunikasi interpersonal. Inti dari hubungan interpersonal ini adalah bagaimana seseorang dapat berhubungan satu sama lain dan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain dalam komunikasi yang bermakna dan konstruktif. 

Boneka mirip manusia ketiga dalam sistem. Bagian ini berfokus pada sistem atau organisasi sosial yang dapat dipengaruhi oleh cara seseorang bekerja dan berkomunikasi dengan orang lain dalam sistem tersebut. 

Boneka keempat mirip dengan boneka keterampilan. Bagian ini berfokus pada semua paket boneka lainnya. Sangat penting untuk memahami keterampilan ini karena sangat membantu untuk memahami semua level boneka matryoshka.

Baca juga : Budaya Organisasi

Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen komunikasi adalah proses memberikan informasi bolak-balik kepada orang lain. 

Mengelola komunikasi adalah kunci sukses dalam hubungan apa pun, baik itu persahabatan atau kemitraan. Tanpa komunikasi yang baik, segalanya menjadi rumit. 

Demikianlah uraian singkat tentang manajemen komunikasi, mulai dari pengertian, tujuan, bentuk, fungsi, dan manfaat manajemen komunikasi dalam bisnis Anda. Kami harap artikel ini bermanfaat dan membantu ide Anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Manajemen Komunikasi: Tujuan, Manfaat dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel