√ Pengertian Manajemen Organisasi: Fungsi, dan Tujuannya

Pengertian Manajemen Organisasi: Fungsi, dan Tujuannya


Sebenarnya apa itu manajemen organisasi? Apa pengertian manajemen organisasi? Untuk memahami istilah manajemen ini, kita harus memahami arti dari pengertian manajemen dan arti pengertian organisasi.

Singkatnya, manajemen adalah proses pengorganisasian atau pengelolaan apa yang dilakukan individu atau organisasi dengan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu.

Organisasi adalah tempat berkumpulnya sekelompok orang secara sistematis bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Jadi, apa yang dimaksud dengan manajemen organisasi?

Apa Itu Manajemen Organisasi

Secara umum, manajemen organisasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Tujuan dari setiap organisasi tentunya bisa berbeda dan berubah, tergantung dari organisasi itu sendiri.

Dengan adanya organisasi dan manajemen internal perusahaan diharapkan akan terbentuk kinerja pegawai yang lebih efektif terutama dalam koordinasi setiap divisi atau antar departemen.

Sebagai catatan saja, manajemen organisasi yang dimaksud di sini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan atau bisnis.

Oleh karena itu, manajemen organisasi lebih berkaitan dengan seni mengelola sumber daya manusia perusahaan, dalam hal ini terutama karyawan.

Baca juga : Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen organisasi sebenarnya mengacu pada kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya perusahaan oleh manajer organisasi, sehingga membentuk cara kerja sama dan koordinasi yang efektif antar tim.

Dibawah ini ada beberapa pengertian manajemen organisasi menurut para ahli adalah:

1. George R. Terry

Menurut pendapat George R. Terry, Manajemen organisasi adalah kegiatan Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengendalian, yang semuanya dirancang untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Luther M. Gulick

Menurut pendapat ahli Luther M. Gulick, pengertian manajemen organisasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, pengkoordinasian, pelaporan, dan penyusunan anggaran (budget).

3. Henry Fayol

Menurut pendapat ahli Henry Fayol, manajemen organisasi adalah semacam perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengendalian kegiatan, serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi.

4. Harold Koontz dan Cyril O’Donnell

Menurut pendapat ahli Koontz dan O’Donnell, manajemen organisasi adalah segala kegiatan organisasi yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengaturan tenaga kerja, pembinaan dan pengawasan.

Secara garis besar, definisi manajemen organisasi menurut para ahli tersebut di atas tentang tampaknya hampir sama. Namun, tergantung pada visi dan misi masing-masing organisasi, metode pelaksanaannya yang berbeda.

Baca juga : Pengertian Manajemen Komunikasi

Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan Manajemen Organisasi

Pada intinya Tujuan utama manajemen dalam suatu organisasi adalah untuk mencapai apa yang telah ditentukan organisasi dengan cara yang seefektif mungkin. Dengan cara ini, profitabilitas organisasi dapat dijamin dalam jangka panjang.

Manajemen dalam suatu organisasi tidak dapat diabaikan begitu saja, terutama pada perusahaan yang sedang berkembang. Tanpa manajemen yang baik, profitabilitas perusahaan akan menurun dan berujung pada perpecahan internal.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa tujuan dari manajemen organisasi:

  • Membangun koordinasi yang baik antara departemen dan individu
  • Membangun kinerja SDM yang lebih efektif dengan memberikan rasa aman dan solidaritas antar karyawan.
  • Ciptakan lingkungan kerja yang damai dan positif.
  • Mendorong karyawan untuk bekerja dengan rasa tanggung jawab.
  • Mencapai tujuan utama perusahaan dengan cara yang paling efektif melalui pembangunan karakter sumber daya.

Manajer akan mencoba mengoptimalkan sumber daya yang mereka miliki melalui perencanaan dan pengendalian yang tepat di tempat kerja. Dengan cara ini, anggota dapat menyadari peran dan tanggung jawabnya masing-masing kepada perusahaan.

Baca juga : Budaya Organisasi

Fungsi Manajemen Dalam Organisasi

Fungsi Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi adalah upaya organisasi untuk mengelola dan mengendalikan sumber dayanya. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang harus dilakukan perusahaan:

Manajemen organisasi adalah upaya organisasi untuk mengelola dan mengendalikan sumber dayanya. Berikut ini beberapa fungsi dari manajemen organisasi yang perlu diterapkan dalam perusahaan:

1. Fungsi Perencanaan

Manajer akan mengambil tindakan untuk merencanakan dan menyiapkan kegiatan bisnis yang terkait dengan sumber daya.

Ini akan menjadi langkah penting dalam menentukan keputusan apa yang akan diambil di masa depan untuk menghindari kebingungan.

Secara teknis, perencanaan dapat dilakukan melalui koordinasi dalam rapat-rapat membahas rencana kerja dan anggaran. 

Baca juga: Pengertian Perencanaan

2. Fungsi Organisasi 

Fungsi organisasi ini mengharuskan administrator untuk membuat kebijakan terbaik tentang penggunaan sumber daya. Fungsinya untuk mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan. 

Misalnya, jika bisnis Anda terlibat dalam aktivitas tertentu yang terkait dengan peningkatan operasi pemasaran, pemilihan sumber daya untuk aktivitas tersebut harus dipilih oleh departemen pemasaran.

3. Tugas Karyawan (Sumber Daya Manusia) 

Organisasi harus mengelola dengan baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dalam organisasi. Selain itu, merekrut anggota yang tepat juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi organisasi.

4. Kepemimpinan 

Tidak jarang manajer memiliki peran membimbing anggota tim menuju tujuan yang jelas. Fungsinya adalah untuk membuat sumber daya bekerja ke arah yang benar menuju tujuan perusahaan.

5. Fungsi Kontrol 

Selain itu, administrator juga harus berperan dalam mengontrol semua aktivitas yang berhubungan dengan sumber daya. Manajer berhak membuat keputusan tentang tindakan apa pun yang dapat merugikan bisnis satu atau sekelompok perusahaan. 

6. Fungsi Manajemen Waktu 

Organisasi yang mempraktikkan manajemen waktu yang efektif dapat berhasil dan makmur. Ini berarti bahwa karyawan bekerja dengan cara yang benar tepat waktu.

Baca juga : Pengertian Manajemen Agribisnis

7. Fungsi Motivasi 

Manajemen perusahaan juga memainkan peran penting dalam memotivasi anggota. Motivasi ini memotivasi anggota untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. 

Salah satu cara untuk memotivasi adalah memberi penghargaan kepada karyawan atas kinerja mereka yang luar biasa dalam bentuk upah atau kata-kata apresiasi terhadap apa yang sudah karyawan dicapai.

Konsep Manajemen Dalam Organisasi

Konsep Manajemen Dalam Organisasi

Ada tiga konsep manajemen untuk diterapkan pada organisasi:

1. Manajemen Sebagai Ilmu 

Konsep ini diusulkan oleh Luther Gullich. Menurutnya, manajemen adalah bidang yang berorientasi pada pemahaman. Mengapa dan bagaimana sekelompok orang dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Konsep manajemen sebagai suatu ilmu bertujuan untuk menjelaskan berbagai fenomena agar para manajer dapat dibimbing tentang apa yang harus dilakukan. 

2. Manajemen sebagai Sebuah Seni

Konsep ini diusulkan oleh Henry M. Boettinger mengatakan manajemen adalah seni pengambilan keputusan. 

Dengan kata lain, manajemen adalah keterampilan, keterampilan, atau kemampuan yang menerapkan prinsip dan teknik pengelolaan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan.

Baca juga: Pengertian Koordinasi

3. Manajemen Profesional 

Faktanya, proses manajemen membutuhkan keterampilan khusus untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, bidang manajemen adalah sebuah profesi yang hanya bisa dikelola oleh orang-orang yang sudah berpengalaman. 

Mengapa demikian? Lagi pula, tidak semua orang dapat melakukan pekerjaan atau bisnisnya secara efisien dan efektif.

Edgar H dalam buku yang dirilisnya “Organization Socialization and The Profession on Management”. Menurut Schein, ada beberapa kriteria dan karakteristik untuk bisa menjadi sebuah profesi. 

  • Pengambilan keputusan profesional berdasarkan prinsip-prinsip umum yang berlaku untuk situasi dan lingkungan Kemampuan ini didukung oleh pendidikan khusus yang melatih siswa untuk menjadi profesional. Misalnya; Akademi Manajemen Profesional, kursus, program pelatihan, dll. 
  • Pakar memperoleh status setelah memenuhi kriteria kinerja tertentu. Kriteria ini tidak didasarkan pada agama, nenek moyang, etnis, preferensi atau kriteria lainnya.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa semua organisasi sangat membutuhkan manajemen yang baik. Tim manajemen memungkinkan Anda untuk menjalankan proses manajemen organisasi sesuai rencana. 

Demikian uraian singkat tentang manajemen organisasi, mulai dari pengertian, tujuan dan fungsinya. Kami harap artikel ini bermanfaat dan membantu ide Anda.


Share

0 Response to "√ Pengertian Manajemen Organisasi: Fungsi, dan Tujuannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel