√ Pengertian Komunikasi: Memahami Komunikasi, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Prosesnya

Pengertian Komunikasi: Memahami Komunikasi, Jenis, Tujuan, Fungsi,  dan Prosesnya


Sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Tapi apa itu komunikasi, dan apa tujuannya?

Pada artikel ini, kami akan membahas secara singkat topik yang berkaitan dengan komunikasi, antara lain:

  • Penjelasan pengertian komunikasi dan penjelasan pengertian komunikasi menurut para ahli.
  • Jenis komunikasi dalam aktivitas manusia sehari-hari.
  • Fungsi dan tujuan umum komunikasi.
  • Deskripsi singkat tentang proses komunikasi.

Yuk, baca artikel ini sampai habis, agar kamu bisa lebih memahami apa itu komunikasi.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Secara etimologis, kata komunikasi berasal dari bahasa latin “communicare”, yang berarti “berkomunikasi”. Menurut asal katanya, makna komunikasi adalah proses penyampaian makna dari satu entitas atau kelompok ke entitas atau kelompok lain melalui penggunaan simbol, tanda, dan aturan simbol yang dipahami secara bersama-sama.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa pengertian komunikasi adalah suatu kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung mentransfer informasi dari satu pihak ke pihak lain, baik berupa berita, ide maupun gagasan.

Kegiatan komunikasi ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Langsung, yaitu secara verbal/verbal, sehingga kedua belah pihak dapat lebih mudah memahami satu sama lain.
  • Tidak langsung, yaitu melalui media tertentu, seperti bahasa tubuh, tulisan, telepon, radio, dll.
Baca juga: Pengertian Manajemen Pers

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian komunikasi atau apa itu komunikasi, kita dapat merujuk pada pendapat pengertian komunikasi menurut para ahli. Berikut ini adalah pengertian komunikasi menurut beberapa ahli:

1. Everett M. Rogers

Menurut pendapat ahli  Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses mentransfer ide dari satu sumber ke satu atau lebih penerima, dengan tujuan mengubah perilaku.

2. James A. F. Stoner

Menurut pendapat ahli James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dan informasi dengan mengkomunikasikan informasi kepada orang lain.

3. H. A. W. Widjaya

Menurut pendapat ahli Widjaya, arti komunikasi adalah hubungan kontak antara individu dan kelompok.

4. Kenneth E. Anderson

Menurut pendapat ahli Anderson, pengertian Komunikasi adalah serangkaian langkah-langkah yang dimaksudkan untuk diserahkan, langkah-langkah tersebut terjadi secara dinamis dan terus berubah sesuai dengan kondisi pada saat itu.

5. Lexicographer

Menurut pendapat ahli Lexicographer, definisi komunikasi adalah suatu usaha memberi dan mencapai kesatuan. Tujuan yang ingin dicapai kedua belah pihak hanya dapat dicapai melalui komunikasi dan pemahaman yang harmonis atas informasi yang disampaikan satu sama lain.

6. Aristoteles

Menurut pendapat ahli Aristoteles, definisi komunikasi adalah bisnis yang berfungsi sebagai alat bagi warga negara untuk berpartisipasi dalam demokrasi.

7. John B. Hoben

Menurut pendapat ahli Hoben, definisi komunikasi adalah proses penyampaian ide dan pikiran serta gagasan secara verbal atau biasa secara lisan.

suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan secara lisan.

Baca juga: Pengertian Manajemen Media Online

8. Redi Panuju

Menurut pendapat ahli Redi Panuju, pengertian Komunikasi adalah mengeluarkan aliran sistem internal yang harmonis dan kinerja antar bagian organisasi.

9. Murphy & Mendelson

Menurut pendapat ahli Murphy & Mendelson, pengertian komunikasi adalah upaya untuk memelihara dan membangun hubungan.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut pendapat ahli Rogers & D. Lawrence Kincaid, definisi komunikasi adalah suatu tahap di mana dua orang atau lebih saling bertukar informasi, yang pada dasarnya menghasilkan saling pengertian yang mendalam.

11. Claude Shannon dan Warren Weaver

Menurut pendapat ahli Shannon dan Weaver, pengertian komunikasi adalah suatu bentuk interaksi manusia di mana dua pihak berinteraksi dan saling mempengaruhi secara sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk lisan, tetapi juga ekspresi wajah, teknik, dan seni lukis.

12. Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, pengertian Komunikasi adalah suatu proses penyaringan, pengkategorian dan pemberian berbagai simbol yang dapat memudahkan pendengar untuk membangkitkan makna dan reaksi dari pikiran yang sama sesuai dengan kebutuhan komunikator.

13. William Albig

Menurut pendapat ahli William Albig, pengertian komunikasi adalah dalah serangkaian tahapan pemindahan kata yang bermakna antara individu atau lebih.

14. William I. Gordon

Menurut pendapat ahli William I. Gordon, pengertian komunikasi adalah komunikasi dinamis yang meliputi perasaan dan pikiran.

15. M. Djen Amar

Menurut pendapat ahli Djen Amar, pengertian komunikasi adalah teknologi pemindahan ide dan informasi dari satu orang ke orang lain.

16. William F. Glueck

Menurut pendapat ahli William F. Glueck, definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dua kategori, antara lain: 

  • Komunikasi interpersonal, proses pertukaran informasi dan pemahaman antara dua orang atau lebih dalam kelompok manusia. 
  • Komunikasi organisasi. Proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan menyampaikan pemahaman tidak hanya kepada orang-orang di dalam organisasi, tetapi juga kepada orang-orang dan lembaga di luar organisasi.

Jenis-Jenis Komunikasi

Jenis-Jenis Komunikasi

Ada berbagai jenis komunikasi yang dapat kita temukan setiap hari. Beberapa jenis-jenis komunikasi tersebut adalah sebagai beriku:

1. Komunikasi Berdasarkan Metode Komunikasi 

1.a Komunikasi lisan

Komunikasi lisan didefinisikan sebagai komunikasi yang ada secara langsung walaupun tidak ada jarak. Contoh komunikasi lisan; pertemuan dengan klien, wawancara kerja, atau obrolan dua orang. 

Komunikasi lisan juga dimungkinkan dalam jarak jauh. Misalnya, panggilan konferensi, obrolan telepon, panggilan video, dll.

1.b. Komunikasi tertulis 

Untuk saat ini komunikasi tertulis selalu dilakukan melalui aplikasi atau dukungan teknis. Misalnya ; Kirim pesan email dan mengobrol dengan aplikasi WhatsApp /Telegram/Instagram/Facebook Messenger/Zoom.

Baca juga : Pengertian Manajemen Komunikasi

2. Komunikasi yang Berorientasi Pada Tujuan 

Komunikasi juga dapat dibedakan menurut maksud dan tujuan komunikator. Motivasi komunikator merupakan bagian penting dari proses pengiriman pesan. 

Komunikasi berbasis maksud mencakup hal-hal berikut: 

  • Pidato 
  • Memberi saran dan kritik 
  • Memberi perintah 
  • Mengadakan pertemuan 
  • Wawancara

3. Ruang Lingkup komunikasi 

Selain itu komunikasi dapat dibedakan berdasarkan ruang lingkupnya, diantaranya:

3.a. Komunikasi Internal 

Ini adalah jenis interaksi dalam organisasi, dan interaksi hanya terjadi antara individu dalam organisasi. 

  • Komunikasi internal ini dapat dibagi menjadi dua bagian: 
  • Komunikasi vertikal. Perintah yang lebih tinggi, peringatan, perintah, dll. 
  • Komunikasi horizontal. Diskusi atau pertukaran ide antara anggota organisasi yang tingkatannya sama.

3.b. Komunikasi eksternal 

Ini adalah jenis komunikasi yang terbuka untuk umum, seperti konferensi pers, pameran dan publikasi, siaran televisi dan radio, bantuan sosial.

5. Komunikasi Berdasarkan Arus Informasi

Komunikasi mentransmisikan beberapa arah atau jalur, antara lain: 

Komunikasi satu arah. Dengan kata lain, komunikasi di satu sisi, seperti guru dan siswa. 

  • Komunikasi dua arah. Dengan kata lain, ini adalah komunikasi dua arah di mana dua orang saling mengirim pesan dan saling menanggapi. 
  • Komunikasi ke atas. Secara khusus, komunikasi ke atas seperti informasi yang dikirimkan dari bawahan kepada atasan. 
  • Berkomunikasi secara terpisah. Artinya, komunikasi yang dihasilkan oleh kesamaan tempat, atau komunikasi antara dua individu yang memiliki posisi sejajar.
Baca juga: Pengertian Dokumentasi

Fungsi Komunikasi Secara Umum

Fungsi Komunikasi Secara Umum

Memang, ada banyak fitur komunikasi yang dapat dialami orang, baik secara pribadi maupun organisasi. Beberapa fungsi komunikasi yang umum ditunjukkan di bawah ini antara lain:

1. Sebagai Alat Kendali (Control)

Fungsi komunikasi pertama bertindak sebagai control atau alat kendali. Dalam hal ini kontrol berarti memastikan bahwa komunikasi dapat mengontrol perilaku individu dengan menerapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi.

2. Sebagai Alat Motivasi 

Komunikasi persuasif yang baik dapat memotivasi orang untuk melakukan sesuatu. Penyebaran informasi yang dapat dicapai dalam kehidupan akan memotivasi dirinya. 

3. Sebagai Ekspresi Emosi 

Berbagai emosi yang ada pada seseorang dapat diekspresikan kepada orang lain melalui komunikasi. Emosi-emosi tersebut dapat berupa kegembiraan, kemarahan, frustrasi, kegembiraan, dll.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Memungkinkan Anda memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain dan kelompok dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang tepat.

Tujuan Komunikasi Secara Umum

Tujuan Komunikasi Secara Umum

Pada intinya tujuan komunikasi adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada orang lain untuk mempengaruhi pemikiran mereka, mengubah sikap mereka dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sudah ditentukan.

Berikut ini ada beberapa tujuan komunikasi  di antaranya sebagai berikut:

1. Membuat Komunikator Memahami Komunikan. 

Tujuan utama komunikasi adalah untuk memastikan bahwa informasi atau pesan komunikator dipahami oleh orang lain (komunikator). Oleh karena itu, komunikator harus menyampaikan pesan utama kepada komunikator sejelas mungkin.

Baca juga: Pengertian Arsip

2. Mengenal Orang Lain 

Melalui interaksi dan komunikasi, orang dapat saling mengenal dan memahami. Kemampuan untuk mendengarkan/membaca/memahami pesan orang lain merupakan bagian penting dari komunikasi. 

3. Menerima Pendapat dari Orang Lain 

Komunikasi persuasif biasanya digunakan untuk menyampaikan gagasan kepada satu orang atau orang lain. Tujuannya adalah untuk menerima ide dan gagasan tersebut. 

4. Motivasi 

Komunikasi persuasif dapat membangun kesadaran bersama dengan orang lain. Selain itu, akal sehat digunakan untuk membimbing orang lain sesuai keinginan kita.

Proses Komunikasi

Proses Komunikasi

Anda dapat memahami proses komunikasi dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada dalam komunikasi itu sendiri, seperti komunikan, komunikator, saluran komunikasi, pesan,  kebingungan dan dampaknya.

Selain itu model komunikasi formal yang terkenal dan berpengaruh dikembangkan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver pada tahun 1949. Model komunikasi yang dibangun oleh kedua ahli ini dihubungkan dengan beberapa konsep: saluran, kebisingan, penerima, tujuan informasi, sumber informasi, pesan, pengkodean dan penguraian kode.

Di bawah ini adalah diagram sederhana dari proses komunikasi:

Diagram sederhana dari proses komunikasi

Di bawah ini adalah uraian singkat tentang unsur-unsur komunikasi:

1. Komunikator 

Komunikator adalah agen yang menyampaikan pesan kepada pihak lain. Orang yang membawa informasi ini dapat berupa individu (penulis, pembicara, blogger, dll.), format grup, atau organisasi media (radio, televisi, surat kabar, majalah, dll.).

2. Komunikan

Komunikan adalah pihak yang menerima pesan atau informasi dari komunikator. Penerima informasi ini adalah individu atau organisasi. 

3. Pesan 

Pesan adalah kumpulan informasi yang disampaikan oleh komunikator. Sebuah pesan yang subjek utamanya adalah panduan yang mencoba mengubah sikap dan perilaku orang lain. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang membutuhkan stakeholder lain untuk mendapatkan pesan. 

4. Saluran 

Saluran atau kanal adalah media yang digunakan komunikator untuk mengirim pesan ke pihak lain. Saluran ini bisa resmi atau tidak resmi. 

5. Umpan Balik 

Umpan balik adalah tanggapan dari penerima (komunikator) pesan terhadap isi pesan yang dikirimkan oleh pengirim (komunikator) pesan. 

6. Efek (Effect)

Efek adalah hasil akhir komunikasi dan berupa perubahan perilaku dan sikap komunikator. Perubahan ini mungkin atau mungkin tidak seperti yang diharapkan komunikator. 

7. Kebisingan/Gangguan

Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan distorsi atau gangguan pada setiap tahap proses komunikasi. Gangguan ini dapat berasal dari komunikator, komunikator atau saluran yang digunakan.

Baca jugaa: Pengertian SOP (Standar Operasional Prosedur)

Kesimpulan 

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian komunikasi adalah proses dimana seorang individu atau sekelompok orang menciptakan dan menggunakan seperangkat informasi yang berhubungan dengan lingkungan. 

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat diterima dan dipahami orang lain. Proses komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara: 

  1. Secara langsung, yaitu melalui ucapan/verbal. 
  2. Secara tidak langsung, yaitu dengan cara seperti: bahasa tubuh, tulisan tangan, telepon, radio, dll. 

Oleh karena itu demikianlah penjelasan pengertian komunikasi secara umum, pengertian komunikasi menurut para ahli, tujuan, fungsi, jenis, komponen dan peranan penting dalam dunia usaha. Semoga ini bisa membantu Anda dan memperkaya ide-ide Anda.


Share

0 Response to "√ Pengertian Komunikasi: Memahami Komunikasi, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Prosesnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel