√ Pengertian Manajemen Media Online: Peranannya Dalam Bisnis dan Elemennya

Pengertian Manajemen Media Online: Peranannya Dalam Bisnis dan Elemennya


Sebenarnya apa pengertian Manajemen Media Online? Untuk memahami arti dari manajemen media online, Anda perlu memahami semua kata: "manajer" dan "media online". 

Sederhananya, manajemen adalah proses mengatur atau mengelola sesuatu. tentunya media online adalah saluran komunikasi secara online atau media massa (dunia maya) di internet. 

Artikel ini menjelaskan secara singkat pentingnya manajemen media online dan penerapannya dalam bisnis.

Pengertian Manajemen Media Online

Sebenarnya, pengertian manajemen media online adalah proses mengelola media online secara efektif dan efisien dengan menggunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan Anda. 

Dalam hal ini, beberapa yang termasuk dalam media online adalah: Blog, situs berita (media jaringan), situs web organisasi (instansi/perusahaan), majalah online, dan lainnya. 

Pada praktek lapangan, proses pengelolaan media online melibatkan beberapa elemen organisasi. Departemen yang mengelola media online adalah:

  1. Departemen editorial biasanya mencakup editor, jurnalis, dan fotografer. 
  2. Bagian Pemasaran (Marketing Department),. Ini biasanya mencakup manajer pemasaran, staf promosi, dan tim media sosial. 
  3. Tim IT (teknologi informasi) Information Technology. Biasanya terdiri dari pengembang web, perancang situs web, dan pengoptimalan mesin telusur (Search Engine Optimization).

Baca juga : Pengertian Manajemen Agribisnis

Elemen Manajemen Media Online

Elemen Manajemen Media Online

Dari berbagai referensi dikatakan bahwa kegiatan manajemen media online ini dapat dibagi menjadi tiga bagian: manajemen pemasaran. manajemen konten, manajemen desain,

1. Konten Multimedia Online 

Secara umum, konten multimedia online mengacu pada isi atau pesan dari informasi yang dikirimkan. Oleh karena itu, manajemen konten multimedia online adalah sebuah divisi dari sebuah perusahaan yang tugasnya mengelola konten atau pesan yang dikirim melalui Internet. 

Bagian ini meliputi: Penulis, jurnalis/fotografer, editor/editor, editor, kontributor, dan reporter.

2. Desain Media Online 

Desain media online berkaitan dengan tampilan halaman web dan berbagai elemen yang membentuknya. Beberapa Kunci dari desain media online yang baik adalah: 

  • Loading dengan cepat (fast loading).
  • Terlihat bagus (clean). 
  • Mudah digunakan (user friendly).
  • Desain ponsel yang responsif (mobile friendly).
  • Diadaptasi ke mesin pencari (SEO friendly).
Artikel lainnya: Cara Memaksimalkan SEO

Divisi yang mengurus Desain Media Online adalah perancang atau pengembang web. Seperti biasa web desainer ini sering bekerja sama dengan departemen lain (pemasaran dan konten) untuk memastikan bahwa desain situs web yang dihasilkan memenuhi kriteria tertentu.

3. Pemasaran Media Online 

Pemasaran pada Media Online adalah yang terdepan dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Pemasaran ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Manajer pemasaran media online ini biasanya mencakup: 

  • Pemasaran Media Sosial (SMM) dan Pengoptimalan Media Sosial.
  • Search Engine Marketing (SEM), Search Engine Optimization (SEO) dan dan Arti SEO. 
  • Email Pemasaran (email marketing)
Baca juga:  Pengertian Promosi

Meskipun masih banyak cara untuk memasarkan, penggunaan media sosial, pemasaran email dan mesin pencari masih merupakan media yang sangat efektif.

Peranan Media Online Dalam Bisnis

Peranan Media Online Dalam Bisnis


Perkembangan bisnis baik itu blog maupun situs jejaring sosial tidak lepas dari peran media online. Media online seperti situs web dan situs media sosial adalah alat promosi bisnis yang sangat efektif dan efisien. 

Oleh karena itu, pengelolaan media online sangat diperlukan dalam strategi pemasaran suatu bisnis atau perusahaan untuk mempresentasikan produknya kepada calon konsumen. 

Manajemen Media Online adalah cara untuk mengatur, mengelola, dan mengontrol media online perusahaan Anda sehingga Anda dapat menggunakannya secara efektif untuk mencapai tujuan bisnis Anda. 

Perusahaan sering menggunakan media online tidak hanya untuk acara promosi tetapi juga sebagai sarana untuk mengidentifikasi pasar dan konsumen.

Manfaat Manajemen Media Online untuk Bisnis 

Sebagaimana telah disebutkan dalam pengertian manajemen media online di atas, ada beberapa alasan mengapa manajemen media online penting dalam pengembangan bisnis. Diantaranya sebagai berikut:

1. Kenali Pelanggan Anda 

Bisnis yang Sukses Anda tidak bisa lepas dari keberadaan pelanggan. Dengan mengoptimalkan media online, Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan Anda. Media online dapat digunakan sebagai alat penelitian untuk menentukan tipe pelanggan seperti apa pelanggan. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan alat seperti Facebook Insight untuk menyelidiki minat pelanggan berdasarkan usia dan jenis kelamin mereka. Informasi tersebut dapat membantu memaksimalkan promosi dan branding.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan

2. Mendengarkan Kemauan Konsumen 

Komentar positif atau negatif pelanggan dapat membantu Anda menilai bisnis Anda dengan lebih baik. Dapatkan ulasan dan rekomendasi konsumen lebih cepat melalui sarana online seperti website resmi perusahaan dan media sosial. Oleh karena itu, media online merupakan alat untuk mengukur kepuasan pelanggan.

3. Memberikan Respon Cepat

Umpan balik pelanggan secara online memungkinkan Anda untuk merespon lebih cepat. Perusahaan yang baik tidak hanya menanggapi keluhan melalui telepon, tetapi juga menerima keluhan melalui sarana online yang mereka tawarkan.

4. Kesadaran Persaingan di Pasar 

Media online juga berperan dalam mencari informasi tentang kondisi pasar, khususnya persaingan. Melalui sarana online, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan persaingan dan meningkatkan strategi bisnis Anda.

5. Meningkatkan Pengunjung Website 

Anda perlu mengelola media online untuk meningkatkan jumlah pengunjung website atau website bisnis Anda. Anda bisa mengelola website Anda dengan menyisipkan konten yang dapat meningkatkan trafik SEO sehingga bisa menjadi trend di mesin pencari Google.

Tools Manajemen Media Sosial

Tools Manajemen Media Sosial


Dengan mengacu pada pengertian manajemen media online dan beberapa alasan pentingnya media online dalam bisnis Anda, berikut adalah beberapa alat (tools)yang dapat Anda gunakan untuk mengelola media di lini perusahaan Anda: 

1. Hootsuite 

Alat ini sangat populer, terutama untuk bisnis online. Hoosuite terhubung ke media sosial paling populer seperti Twitter, WordPress, Facebook, LinkedIn,  dan Foursquare.

2. Post Planner 

Post Planner sering dianggap sebagai pengelola media online yang paling efektif. Awalnya dioptimalkan untuk jejaring sosial Facebook, Post Planner membantu merek dan bisnis memberikan konten yang relevan dengan komunitas.

3. Buffer

Profesional lebih sering menggunakan alat ini untuk mengelola media online perusahaan mereka. Buffer adalah desain sederhana yang membantu mempersingkat tautan panjang dan menyediakan analisis konten. Buffer terintegrasi dengan Twitter, Facebook, LinkedIn dan Pinterest.

Selanjutnya, dari penjelasan diatas bisa ditinjau manajemen media online, dimulai dengan memahami unsur-unsur media online dan perannya dalam pertumbuhan bisnis. Sistem manajemen media online yang baik akan membantu Anda memaksimalkan pertumbuhan bisnis Anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Manajemen Media Online: Peranannya Dalam Bisnis dan Elemennya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel