10 Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Google SEO, langkah mudah memaksimalkan SEO pada sebuah website.

SEO merupakan hal terpenting dalam sebuah website kendati demikian masih banyak yang belum tahu apa saja hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization). Jika belum mengetahui cara membuat blog silahkan pelajari dulu.

Contoh jika anda memiliki sebuah bisnis dan ingin memasarkannya secara online, ada tips atau strategi pemasaran yang sangat efektif saat ini adalah dengan memanfaatkan mesin pencari (Search Engine), contohnya Google

Jika website/blog anda masuk dalam halaman pertama pencarian google untuk kata kunci yang anda bidik, dengan begitu otomatis pengunjung website anda akan banyak berasal dari search engine dan kemungkinan besar bahwa pengunjung tersebut membeli produk anda. Baik itu produk maupun jasa yang  dijual di website anda. 

Pemasaran melalui search engine optimization saat ini bisa dibilang sebagai tehnik pemasaran yang paling efektif karena gratis dan konversinya biasanya tinggi.

Untuk membuat website anda masuk dalam 10 besar hasil pencarian google atau menjadi halaman pertama tentu bukanlah hal yang mudah eitsss tapi bukan hal yang terlalu sulit juga. 

Kalau saat ini banyak informasi di internet yang membahas tips dan trik agar sebuah situs website menjadi optimal di search engine terutama browser google. 

Ada beberapa optimasi yang bisa dipelajari seperti optimasi On Page dan ada juga yang memberikan tips optimasi Off Page. Berikut ini saya sudah merangkum secara garis besar, apa saja yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan SEO untuk website/blog. 

Berikut ini adalah 8 langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan SEO pada sebuah website:

1. Riset Kata Kunci

Ketika anda akan membuat sebuah website/blog untuk bisnis anda, ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan. Anda tidak membuat sebuah website begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. 

Pertama hal yang sangat penting dan anda harus kerjakan adalah mencari tahu bagaiamana orang mengetik kata kunci di Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, lalu bagaimana cara mengetahuinya? 

Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Ads: Keyword Tool, layanan ini bisa anda akses secara gratis di Google.

2. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci

Setelah adanya update algoritma penguin yang lalu beberapa orang mengatakan bahwa keywords on domain adalah sesuatu yang buruk karena bisa dianggap SPAM oleh search engine. 

Saya bukan master SEO atau punya keahlian super di dunia SEO, tapi saya lumayan mengerti bahwa di dunia online marketing banyak orang mengatakan hal-hal yang tidak pasti seolah mereka yang paling mengerti banyak hal tentang dunia SEO.

Domain sendiri sebenarnya tidak harus berisi sebuah kata kunci tertentu, tapi dengan adanya keyword pada domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui niche pada website yang dibuat. 

Misalnya membuat web tentang jas SEO atau jasa backlink, bisa saja menggunakan domain pusatbacklink.com, ratuseo.com, seomax.com, seoterbaik.com, dan lain-lain. 

Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya website perusahan-perusahaan, contohnya facebook.com. twitter.com, yahoo.com, tribun.com, dan lain-lain.

Jadi, Pada intinya keywords on domain bukanlah hal yang berbahaya untuk website anda, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs SPAM, dan tentunya anda tidak akan membuat situs SPAM, right

Dengan menggunakan kata kunci tertentu pada domain situs anda adalah sesuatu yang baik, saya sendiri menyarankan untuk menggunakan ekstensi yang sesuai pada niche website anda, misalnya ekstensi dot com anda gunakan untuk situs komersial.

3. Gunakan Platform Yang Tepat Untuk Website Anda

Untuk masalah pilihan platform apa yang akan anda gunakan sebenarnya tidak masalah mau membangun situs anda dengan menggunakan platform Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal, dan lain-lain yang tergantung CMS (Content Management System) yang anda sukai. 

Tetapi bila anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly dan user friendly maka platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik.

4. Gunakan Permalink Yang Baik

Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karena permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan SEO anda. 

Jadi permailink juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan SEO website/blog anda. Itu sebabnya mengapa saya sarankan memakai platform WordPress karena anda akan lebih mudah mengubah settingan permalinks di WordPress. 

Untuk settingan permalinks postingan rekomendasi saya untuk menggunakan custom struktur seperti ini /%postname%/ atau /%postname.html

5. Plugin SEO

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs anda. Tersedia jutaan plugins yang bisa anda gunakan untuk membantu SEO anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website anda adalah:

  • Google XML Sitemaps
  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  • SEO Friendly Images
  • Dan lain-lain (akan dibahas dipostingan berikutnya)

6. Konten Berkualitas

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa konten berkualitas itu seperti apa sih, ada yang bilang “artikelnya harus 1000 kata”, dan juga ada yang bilang “artikelnya harus 1500 kata”, tetapi pada faktanya adalah tidak ada yang lebih baik pada kedua statement tersebut karena yang terpenting adalah konten anda original. 

Buatlah konten untuk para audiens atau pembaca anda, buatlah bagaiaman agar pembaca anda nyaman dan ingin membaca semua artikel pada konten anda secara terus menerus. 

Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak Google sendiri bahwa konten adalah RAJA (content is king), maka sebaiknya anda terus menerus tetap mengupdate website anda dengan konten yang original dan menarik bagi semua pembaca anda.

7. Gunakan Social Media

Pada jaman teknologi digital sekarang ini siapa yang tidak mengenal twitter, facebook, instagram, dan lain-lain. Setidaknya pasti mengenal salah satunya. 

Jika anda sedang membaca artikel ini dan tidak punya salah satu akun social media, saya rasa itu adalah hal yang “luar biasa”. Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan.

Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda.

8. Membangun Backlinks

Pada poin ini adalah poin terpenting karena algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. 

Hal yang harus kita perhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs website/blog adalah membangun backlinks yang berkualitas. 

Gunakan waktu luang anda untuk membangun backlinks yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap. Pada intinya konsisten membangun backlink yang berkualitas.

8 langkah di atas adalah strategi untuk memaksimalkan SEO pada sebuah website dan wajib diterapkan bila anda ingin mendapat perhatian dari search engine, terutama Google. 

Bila anda saat ini tidak dapat melakukan hal di atas atau tidak memiliki waktu luang untuk mengerjakannya, sebaiknya anda menyewa jasa  seorang webmaster yang mengerti tentang dunia SEO. 

Ada juga cara membuat favicon blog di postingan sebelumnya yang bisa anda pelajari juga. Juga bisa belajar bisnis di Blog ini.  Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang cara mengoptimalkan SEO website. Bila ada masukan ataupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.


Share

Belum ada Komentar untuk "10 Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel