Pengertian dari PROMOSI : Definisi, Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi

Manfaat promosi, Jenis-jenis promosi, Fungsi Promosi, Sasaran Promosi, dan Strategi Promosi

Promosi ialah sebuah istilah yang selalu digunakan dalam kegiatan pemasaran dan juga karir. Lalu, sebenarnya apa pengertian atau arti promosi dan apa tujuannya?

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan mengulas secara ringkas dan sederhana tentang beberapa hal mengenai promosi, di antaranya sebagai berikut:

  • Penjelasan tentang promosi, baik pengertiannya secara umum maupun menurut para ahli.
  • Tujuan dari promosi secara umum.
  • Jenis-jenis dan contoh promosi yang digunakan dalam dunia bisnis.

Baca dan pahami artikel ini sampai dengan akhir, agar Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan promosi.

Pengertian Promosi Secara Umum

Promosi adalah sebuah cara atau upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. 

Kalau dalam bidang karir, promosi merujuk pada sebuah peningkatan pangkat atau posisi karyawan dalam struktur hierarki perusahaan. Sedangkan dalam pemasaran, promosi adalah suatu tindakan meningkatkan pertumbuhan atau perkembangan sesuatu, baik itu produk, merek, ataupun perusahaan.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa, promosi yang akan dibahas pada artikel ini fokus pada bidang pemasaran saja.

Dalam bidang pemasaran, pengertian promosi adalah suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

Dengan sebutan lain, promosi adalah kegiatan pemasaran yang umum dilakukan tenaga pemasar atau marketing untuk memberikan informasi suatu produk dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian barang atau jasa.

Biasanya kegiatan promosi menggabungkan beberapa bentuk promosi, seperti : dalam bentuk upaya (iklan), konsep (diskon), dan item (kaos bermerk). Pada praktiknya misalnya, toko sepatu memasang iklan di koran yang menawarkan harga diskon untuk sepatu bermerk terkenal, dan menginformasikan kapan dan di mana penjualan akan dilakukan.

Media promosi yang digunakan ada banyak sekali, bahkan metode promosi selalu berkembang dari masa ke masa. Beberapa media promosi di antaranya;
  • Media cetak (majalah, koran, tabloid, dan lain-lain).
  • Billboard.
  • Baliho.
  • Televisi,
  • Radio
  • Dan Internet (website berita, blog, dan lain-lain).


Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Untuk memahami apa arti promosi, kita dapat merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Di bawah ini adalah pengertian promosi menurut para ahli sebagai berikut:

1. Swastha

Menurut Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

2. Harper Boyd

Menurut Boyd, definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

3. Boone & Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

4. Kotler

Menurut Kotler, pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

5. Gitosudarmo

Menurut Gitosudarmo, pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

6. Tjiptono

Menurut Tjiptono, arti promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan Promosi Secara Umum

Manfaat promosi, Jenis-jenis promosi, Fungsi Promosi, Sasaran Promosi, dan Strategi Promosi

Setiap orang atau siapapun yang melakukan kegiatan promosi pasti punya tujuan yang ingin dicapai. Mengacu pada pengertian promosi di atas, berikut ini adalah beberapa tujuan promosi pada umumnya:
  1. Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk (barang/ jasa) kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
  2. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
  3. Membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan.
  4. Membantu mengangkat keunggulan dan membedakan suatu produk dengan produk dari pesaing.
  5. Untuk branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
  6. Mempengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.
Jadi, secara keseluruhan tujuan utama melakukan promosi adalah agar meningkatkan angka penjualan dan keuntungan usaha.

Jenis-Jenis Promosi

Cara pemasaran yang banyak jenisnya telah menciptakan berbagai bentuk dan cara promosi yang sangat beragam pula. Secara umum, kegiatan promosi mencakup iklan, endorse, siaran pers, promosi konsumen (kontes, diskon, dan lainnya), produk gratis, penghargaan, dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa jenis promosi yang banyak kita temukan saat ini:

1. Promosi Secara Fisik

Promosi seperti ini dapat kita temukan pada event atau kegiatan tertentu, misalnya Jacklocth, bazar, konser, pameran, dan lain-lain. Dalam kegiatan promosi ini biasanya para penjual membuka booth untuk menawarkan produknya (barang/ jasa).

Promosi secara fisik memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari promosi jenis ini adalah memungkinkan pengusaha untuk menjangkau langsung dan melakukan interaksi langsung dengan calon konsumen.

Sedangkan kekurangan jenis promosi seperti ini adalah terbatasnya calon konsumen yang dapat dijangkau. Kegiatan seperti ini hanya diadakan pada lokasi tertentu, misalnya perkantoran, sekolah/ kampus, mall, dan lain-lain, sehingga hanya orang yang berada di lokasi yang dapat dijangkau.

2. Promosi Melalui Media Tradisional

Promosi jenis ini dulunya sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Beberapa diantaranya adalah promosi melalui media cetak (koran, majalah, tabloid, dan lain-lain), radio, televisi, iklan banner, billboard, dan lain-lain.

Promosi jenis ini memiliki keuntungan tersendiri dibanding promosi secara fisik, yaitu dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu lama. Namun, jenis promosi ini punya kekurangan yaitu mahalnya biaya promosi, baik dari sisi medianya maupun biaya promosinya.

3. Promosi Melalui Media Digital

Perkembangan teknologi dan media informasi telah mengubah cara promosi di era digital. Beberapa promosi melalui media digital yang banyak dilakukan adalah melalui media sosial, jaringan website, mesin pencari, dan lain-lain.

Para pengusaha yang sudah melek teknologi lebih memilih untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet. Selain karena lebih murah, dapat menjangkau banyak orang, serta proses promosinya juga dianggap lebih mudah dan cepat.

Kelebihan promosi melalui media digital adalah biayanya yang cenderung lebih murah, pelaksanaannya lebih mudah dan cepat, serta dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.

Sedangkan kekurangan promosi digital adalah dibutuhkannya kreatifitas dalam berpromosi secara terus menerus karena ada banyak kompetitor yang bermain di dalamnya. Dengan kata lain, kunci keberhasilan promosi digital adalah pada keunikan dan tepat sasaran.

Contoh Promosi

Sebenarnya contoh promosi seperti ini sering sekali kita melihat dan mendengar promosi setiap harinya, baik melalui televisi, smartphone, majalah, dan berbagai media lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh promosi yang pernah berlangsung:
  1. Contoh promosi di restaurant: Beli Makanan A Gratis Minuman Segar.
  2. Promosi penjualan retail: Membeli 2 Pasang Kaus Kaki, Gratis 1 Pasang Kaus Kaki.
  3. Contoh promosi provider telekomunikasi: Nelpon selama 10 menit dapat Gratis telpon selama 1 jam ke provider yang sama.
  4. Promosi penjualan property: Beli Rumah Dapat Kulkas dan AC.

Masih banyak contoh promosi yang bisa kita temukan setiap hari. Berbagai promosi tersebut bertujuan untuk mempengaruhi penilaian calon konsumen sehingga memutuskan untuk segera membeli.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa promosi adalah semua cara yang dapat dilakukan oleh bisnis untuk meningkatkan visibilitas suatu produk, layanan, merek, atau perusahaan.
Beberapa poin penting yang harus kita pahami mengenai promosi dalam pemasaran, yaitu:
  • Promosi merupakan upaya untuk meningkatkan visibilitas merek, produk, atau jasa suatu perusahaan.
  • Strategi promosi yang paling efektif bervariasi menurut industri, ukuran bisnis, dan banyak faktor lainnya.
  • Beberapa contoh upaya promosi termasuk iklan televisi, papan reklame, dan mensponsori acara amal.
Mereka yang memiliki minat yang sesuai dengan isi promosi tersebut umumnya akan membaca atau menyimak informasi yang ada di promosi tersebut lebih lama.

Pada blog ini anda bisa mempelajari  cara membuat blog silahkan pelajari dulu, Ada juga cara membuat favicon blog di postingan sebelumnya. Jika anda ingin mencoba bisnis silahkan belajar bisnis di Blog ini.

Demikianlah penjelasan ringkas dan sederhana mengenai pengertian promosi, tujuan promosi, jenis-jenis promosi, dan contoh promosi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Salam sukses.

Share

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dari PROMOSI : Definisi, Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel