√ Pengertian HRD Adalah: Fungsi, Serta Kepanjangan HRD, dan Tugasnya

Pengertian HRD Adalah: Fungsi, Serta Kepanjangan HRD, dan Tugasnya


Arti HRD Adalah

Selama ini kita hanya mengetahui HRD adalah seorang manager yang bertugas untuk menerima orang yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan. 

Sebenarnya apa itu pengertian HRD? Arti HRD atau kepanjangan HRD dalam Bahasa Inggris adalah Human Resource Department, artinya HRD merupakan bagian dari perusahaan dan bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) perusahaan, mulai dari perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, penetapan gaji/kompensasi, dan membina hubungan kerja.

Ada beberapa Pandangan lain mengatakan bahwa pengertian HRD adalah serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam jangka waktu tertentu dalam suatu organisasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kerja dan kemampuan karyawan.

Dengan sebutan lain, HRD adalah unit perusahaan yang menangani segala sesuatu dalam lingkup karyawan, pegawai, tenaga kerja, manajer, dan pekerja lainnya untuk mendukung kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca juga : Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi HRD Secara Umum

Merujuk pada pengertian HRD yang telah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya unit ini memiliki fungsi menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Dalam praktiknya, fungsi HRD artinya dapat dibagi menjadi fungsi internal dan fungsi eksternal.

1. Fungsi Internal

Secara umumnya, fungsi internal HRD (Human Resource Department) adalah melakukan perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen, positioning, pengembangan sumber daya manusia, manajemen kinerja, penetapan gaji/upah, dan pembentukan hubungan kerja.

Tentunya HRD juga bertanggung jawab untuk memberikan kegiatan pelatihan bagi sumber daya manusia agar dapat bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.

Baca juga : Budaya Organisasi

2. Fungsi Eksternal

Fungsi eksternal HRD (Human Resource Department) adalah menyediakan jasa konsultasi kepada karyawan di luar perusahaan. Namun, dalam proses pelaksanaannya tentunya kita harus memperhatikan kemampuan dan kemauan para peserta yang mengikuti konseling tersebut.

Baca juga: Manajemen Keuangan

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Tanggung jawab dan tugas HRD di perusahaan tergantung pada ukuran perusahaan, jumlah sumber daya manusia, dan hal-hal lain yang dibutuhkan perusahaan. Menurut definisi HRD di atas, beberapa tanggung jawab HRD adalah sebagai berikut:

1. Persiapan dan Seleksi

  • Persiapan Sumber Daya Manusia (Preparation); dalam mempersiapkan SDM harus memperhatikan faktor internal dan eksternal. Dalam hal ini faktor internal persiapan meliputi jumlah SDM yang dibutuhkan, struktur organisasi, dan sebagainya. Pada saat yang sama, faktor eksternal dalam persiapan termasuk undang-undang ketenagakerjaan dan kondisi pasar tenaga kerja dan lainnya.
  • Rekrutmen sumber daya manusia (recruitment); adalah proses mencari karyawan yang potensial untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia perusahaan. Selama proses rekrutmen, HRD harus melakukan analisis pekerjaan dan menjelaskan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan terhadap pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tujuannya agar ketika mereka mulai bekerja sudah mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dikerjakan.
  • Seleksi Sumber Daya Manusia (Selection); adalah suatu proses pemilihan karyawan yang telah melamar ke perusahaan untuk mencari karyawan yang paling cocok. Dalam proses ini, HRD memperhatikan resume Curriculum Vitae (CV), melakukan wawancara pendahuluan, tes psikologi, dan wawancara kerja dan tentunya ada beberapa proses lainnya yang perlu diberikan terhadap pelamar.
Baca juga: Manajemen Kinerja

2. Pengembangan dan Evaluasi

Proses pengembangan dan evaluasi karyawan (Development and Evaluation) sangatlah penting, agar setiap karyawan dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya bagi perusahaan. Selama proses ini, karyawan akan diberikan pengarahan agar mereka dapat lebih menguasai bidangnya dan meningkatkan kinerjanya agar perusahaan lebih berkembang dan cepat dalam mencapai target yang telah ditentukan.

Artikel lainnya: Manajemen Perusahaan

3. Pemberian Kompensasi dan Proteksi

Gaji atau kompensasi yang diberikan kepada karyawan atas kontribusi karyawan terhadap perusahaan. Kompensasi dibayarkan secara berkala oleh perusahaan tempat karyawan bekerja, dan harus sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja lingkungan eksternal, agar tidak menimbulkan masalah ketenagakerjaan atau kerugian bagi perusahaan.

4. Tugas HRD (Human Resource Department)

Tugas HRD adalah mempersiapkan dan menyeleksi pekerja, mulai dari persiapan, meliputi faktor internal dan eksternal, rekrutmen pekerja dan seleksi pekerja.

  1. HRD bertanggung jawab atas pengembangan dan evaluasi karyawan. Agar setiap karyawan dapat memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan atau organisasi, ia harus menguasai tanggung jawab dan tanggung jawabnya sendiri.
  2. HRD bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi dan perlindungan kepada karyawan. Gaji adalah imbalan atau gaji yang diberikan organisasi atau perusahaan secara teratur kepada karyawan atas kontribusi pekerjaan mereka.
  3. Gaji harus sesuai dan sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja lingkungan eksternal, agar tidak menimbulkan masalah ketenagakerjaan atau kerugian perusahaan.

Baca juga: Manajemen Industri

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian HRD, kepanjangan HRD, arti HRD, fungsi, serta tugas dan tanggung jawab HRD secara umum. Semoga penjelasan sederhana dari artikel diatas bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan anda.


Share

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian HRD Adalah: Fungsi, Serta Kepanjangan HRD, dan Tugasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel