√ Pengertian Gadget: Apa itu Gadget, Fungsi, Arti, dan Jenis-Jenis Gadget (Lengkap)

Pengertian gadget


Pengertian Gadget Adalah

Apa sebenarnya gadget (gawai) itu? Secara umum, pengertian gadget adalah alat atau perangkat elektronik yang ukurannya relatif kecil dan memiliki fungsi spesifik dan praktis. 

Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian gadget adalah barang elektronik berukuran kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Gadget merupakan alat elektronik yang bersifat portable karena dapat digunakan tanpa harus dicolokkan ke stopkontak listrik. 

Gadget merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terkini yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Dengan kata lain, teknologi adalah bahasa secara umum, sedangkan perangkat gadget adalah bahasa spesifiknya. 

Baca juga; Pengertian Internet

Fungsi dan Manfaat Gadget

pengertian gadget adalah

Pada dasarnya gadget berfungsi untuk membuat hidup manusia lebih mudah dan praktis. Berdasarkan jenis perangkatnya, beberapa fungsi gadget adalah sebagai berikut:

  1. Media Alat Komunikasi, Fungsi gadget yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai alat komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan perangkat gadget komunikasi seperti smartphone, laptop, jam tangan pintar, dan lainnya. 
  2. Akses Informasi, Selain untuk komunikasi, gadget juga berperan sebagai sarana untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di Internet. 
  3. Media Hiburan, berbagai gadget yang dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengarkan musik dan smartphone untuk membuka video. 
  4. Gaya Hidup, gadget memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang saat ini. Sehingga bisa dikatakan gadget mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya. 
  5. Menambah Pengetahuan, diantara beberapa fungsi gadget yang disebutkan di atas, gadget ini membuat penggunanya menambah pengetahuan. 

Meskipun perangkat dapat meningkatkan produktivitas penggunanya, perangkat tersebut secara alami dapat menimbulkan efek negatif. Misalnya anak-anak yang menggunakan gadget untuk menonton atau bermain game tanpa pengawasan orang tua, sehingga membuat mereka menjadi ketergantungan.

Baca juga; Pengertian Bandwidth

Jenis-Jenis Gadget

Jenis-Jenis Gadget

Banyak orang yang beranggapan bahwa gadget hanya sebatas smartphone. Meskipun smartphone adalah jenis gadget. Jangan salah, berikut beberapa gadget yang banyak digunakan: 

1. Ponsel/Handphone

Ponsel merupakan jenis gadget yang paling banyak digunakan di masyarakat saat ini. Perkembangan handphone juga mengalami perubahan teknologi yang sangat pesat. Saat ini, jenis ponsel yang paling populer adalah smartphone yang menjalankan beberapa sistem operasi, seperti iOS, Android, dan Windowsphone.

Baca juga: Pengertian Server

2. Laptop/ Komputer

Komputer dan laptop merupakan salah satu jenis perangkat gadget yang sering digunakan untuk berbagai keperluan terutama dalam pekerjaan kantor dan sekolah. Gadget ini juga membutuhkan sistem operasi untuk menjalankannya, seperti; Windows, Mac, Linux, dan lainnya.

3. Tablet dan iPad

Gadget jenis ini memiliki format yang lebih besar dari ponsel/handphone. Tablet dan iPad mampu menampilkan gambar yang lebih besar dan jelas karena layarnya lebih besar dari ponsel, sehingga lebih nyaman bagi pengguna untuk menonton, bermain game, dan aktivitas lainnya.

Baca juga: Pengertian Switch

4. Kamera Digital

Kamera digital masih termasuk kategori gadget. Tujuan dari kamera digital adalah untuk mengabadikan suatu objek baik berupa foto maupun video.

5. Headset/ Headphone

Headset atau headphone adalah gadget yang sering digunakan untuk mendengarkan musik dengan lebih jelas dan jernih. Gadget ini memungkinkan pengguna menikmati audio musik atau video dengan lebih jernih tanpa mengganggu orang lain.

Baca juga: Pengertian Modem

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian gadget, fungsi dan berbagai jenis-jenis gadget yang digunakan oleh masyarakat umum saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Gadget: Apa itu Gadget, Fungsi, Arti, dan Jenis-Jenis Gadget (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel