√ Pengertian Modem: Jenis-Jenis Modem, Arti, Fungsinya Lengkap

Modem adalah


Pengertian Modem Adalah

Apa itu modem? Apa yang dimaksud dengan modem (modulator demodulator). Secara umum, modem didefinisikan sebagai perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah agar komputer/perangkat seluler (mobile) dapat menerima jaringan internet dengan lebih baik.

Dalam hal ini, modulator adalah bagian dari modem yang tugasnya mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirim. Demodulator merupakan bagian dari modem, dan fungsinya untuk memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa agar sinyal informasi dapat diterima dengan baik.

Dengan kemajuan teknologi khususnya penggunaan teknologi internet, keberadaan modem sudah menjadi kebutuhan yang penting. Dengan modem, setiap perangkat yang terhubung dengan modem dapat menerima sinyal internet dengan baik.

Baca juga: Pengertian Switch

Fungsi Modem Secara Umum

Fungsi modem

Dari penjelasan pengertian modem di atas, dapat kita lihat bahwa peran modem secara umum adalah sebagai perangkat keras untuk mengubah komunikasi dua arah. Beberapa hardware adalah sebagai berikut:

  • Perangkat keras (hardware) yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
  • Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan.
  • Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi.
  • Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk mengkompress data yang dikirimkan melalui sinyal.
  • Alat untuk memeriksa paket data dan komunikasi.

Baca juga : Cara Termudah Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Jenis-Jenis Modem

Jenis-jenis modem

Tergantung pada jaringan dan cara pemasangannya, modem dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada beberapa jenis modem sebagai berikut:

1. Modem Eksternal

Ini adalah alat yang digunakan komputer untuk mengakses Internet. Data dari komputer berupa sinyal digital diubah menjadi sinyal analog. Jika modem menerima data dalam bentuk sinyal analog, data tersebut diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut oleh komputer.

2. Modem Internal

Modem yang terhubung secara internal di mana sinyal analog yang masuk diubah menjadi digital dan dikirim langsung ke komputer.

3. Modem ISDN

Modem ISDN atau atau Integrated Service Digital Network adalah sistem telekomunikasi yang menyediakan layanan berupa data suara dan gambar, yang kemudian diintegrasikan ke dalam jaringan. Jaringan menyediakan konektivitas digital end-to-end untuk mendukung jangkauan layanan yang lebih luas.

4. Modem GSM

Modem jenis ini menggunakan ponsel sebagai media transmisi data. Biasanya modem jenis ini didukung oleh kartu koneksi dari provider dengan fitur GSM.

5. Modem Analog

Seperti namanya, modem ini merupakan alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

6. Modem ADSL

Modem ADSL atau Asimetric Digital Subscribe Line adalah alat yang digunakan untuk mengakses Internet dan menggunakan telepon analog pada saat yang bersamaan. Dalam penggunaannya dibantu dengan alat penghubung seperti splitter.

Yang dilakukan Splitter adalah menghilangkan gangguan agar bisa berjalan bersamaan, yaitu menggunakan internet dan menggunakan telepon biasa.

7. Modem Kabel

Modem kabel adalah modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti televisi kabel.

8. Modem Nirkabel (Wireless Modem)

Data dipertukarkan melalui beberapa media gelombang cahaya, seperti cahaya inframerah pada remote control TV atau melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

Baca juga : Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android

9. Modem CDMA

Modem yang menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Jenis modem CDMA terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A yang setara dengan 3G.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, fungsi dan beberapa modem umum yang sering digunakan. Semoga artikel ini membantu Anda dan menambah pengetahuan Anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Modem: Jenis-Jenis Modem, Arti, Fungsinya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel