√ Pengertian Switch: Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja Switch Lengkap

Switch adalah


Pengertian Switch Adalah

Apa yang dimaksud dengan switch? Secara umum, istilah switch adalah komponen jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat komputer sehingga dapat bertukar data, serta menerima, memproses, dan mengirimkan data ke perangkat tujuan. 

Pendapat lain mengatakan bahwa konsep switch adalah salah satu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB sehingga membentuk jaringan komputer yang lebih besar dan membutuhkan bandwidth yang cukup besar. 

Berbeda dengan HUB, switch bekerja lebih efisien, terkendali, dan langsung ke alamat tujuan, serta dalam pertukaran, pemrosesan, dan pengiriman data. Switch dapat mendeteksi tujuan data untuk menghindari "tabrakan" saat mengirim data.

Baca juga : Cara Termudah Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Fungsi Switch Secara Umumnya

switch adalah


Secara umum fungsi switch adalah hub dalam jaringan komputer yang menerima dan mendistribusikan data antar perangkat komputer. Beberapa fitur switch antara lain: 

  1. Learning address; switch dapat menyimpan alamat MAC perangkat jaringan yang terhubung dengannya. Saat switch menerima data, switch mencatat alamat MAC pengirim dan mempelajari ke mana harus mengirim data. 
  2. Filter/Meneruskan frame data; Selain itu, switch dapat memfilter dan meneruskan paket data yang diterima ke alamat tujuan, dengan alamat MAC mana dan port mana. Dengan cara ini proses transfer data tidak akan bertabrakan. 
  3. Looping Avoidance; Switch dapat mencegah loopback (data hanya beredar di port switch) jika tujuan data yang diterima tidak diketahui. Data yang diterima dapat diteruskan ke alamat tujuan dengan memblokir salah satu port yang terhubung ke perangkat lain.
Baca juga: Pengertian Server

Cara Kerja Switch 

Pada dasarnya prinsip kerja switch mirip dengan hub, dan perbedaan diantara keduanya adalah  switch  lebih baik dan efisien dalam pertukaran, pemrosesan dan pengiriman data. 

switch adalah


Dalam praktiknya, sakelar menerima informasi dari perangkat lain yang terhubung dengannya. Switch kemudian mendeteksi alamat MAC dari perangkat target dan mencocokkannya dengan informasi data tabelnya. 

Selanjutnya, switch membuat koneksi logis ke port-port yang terhubung ke perangkat target. Dengan cara ini, data yang dikirim hanya akan diterima melalui port yang dimaksud, sedangkan port lain tidak dapat menerima data, sehingga mengurangi kemungkinan "tabrakan" data.

Baca juga : Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android

Jenis-Jenis Switch

Berdasarkan model OSI (Open System Interconnection), switch dapat dibedakan menjadi dua jenis. Penjelasan tentang tipe-tipe switch adalah sebagai berikut: 

  1. Layer 2 switch, menggunakan layer data link pada layer model OSI. Switch jenis ini dapat meneruskan paket data dengan mendeteksi alamat MAC tujuan. Switch tersebut juga dapat bertindak sebagai jembatan antara beberapa segmen LAN (local area network), karena switch mengirimkan paket data dengan melihat alamat tujuan tanpa mengetahui protokol jaringan yang digunakan. 
  2. Switch Layer 3 terletak di lapisan jaringan dari lapisan model OSI. Jenis switch ini dapat meneruskan paket data menggunakan alamat IP perangkat. Switch ini juga dikenal sebagai switch perutean atau switch multilayer. 
Baca juga: Pengertian Modem

Demikian penjelasan singkat dan sederhana mengenai pengertian switch, fungsi, jenis dan pengoperasiannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pengunjung blog dan bisa menambah wawasan anda.

Share

0 Response to " √ Pengertian Switch: Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja Switch Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel