Mengapa Moderasi Komentar Sangatlah Penting Untuk Blog?

Moderasi komentar di blog


Moderasi Komentar Blog untuk Perkembangan Blog

Komentar, sesuatu yang sangat mudah kita temukan dalam kolom komentar blog, baik itu dalam pergaulan, media sosial dan blog. Isi komentarnya sendiri ada yang penting, ada juga yang tidak penting, ada yang membangun (konstruktif), tapi ada juga yang menjatuhkan blogger. Itulah mengapa perlu memoderasi komentar dalam sebuah blog. 

Jadi bagaimana kita menanggapi komentar-komentar ini? Apakah ada cara terbaik untuk menemukan semua jenis komentar di blog kita? Temukan jawabannya dalam ulasan singkat berikut ini. 

Seperti yang sudah kita ketahui, kolom komentar adalah salah satu elemen terpenting dari sebuah blog. Meskipun terkadang beberapa orang ingin menghapus fitur umum ini, namun memilikinya sangat berguna jika kita dapat mengelolanya dengan baik.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Keuntungan Mempunyai Kolom Komentar di Blog

Sebuah kolom komentar bisa menjadi jembatan antara pembaca dan pemilik blog. Dengan saling berkomentar dan menanggapi komentar yang ada, pembaca dan blogger menjadi lebih mengenal satu sama lain karena mereka berinteraksi satu sama lain. Pemilik blog mendapatkan perspektif berbeda tentang topik artikel dari mereka yang memberikan komentar pada blog.

Kelebihan lain dari kotak komentar blog adalah bisa membuat blog kita lebih ramai dan hidup. Itu bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa komentar yang ada bisa sangat berharga untuk tulisan dan blog kita. Misalnya jika blog kita membahas tentang review atau tutorial. Sebuah komentar dari seorang pembaca yang mencoba menerapkan isi artikel dapat mendorong pembaca lain untuk melakukannya atau mencari opsi lain dalam ulasan atau tutorial yang kita bagikan.

Itulah kekuatan sebuah komentar. Hal ini bisa memberikan efek positif ketika pemberi komentar memberikan komentar yang baik, tetapi juga dapat memberikan efek negatif ketika pemberi komentar mengomentari postingan kita yang buruk atau membuat komentar spam yang mengganggu. Lantas apakah ada cara memfilter komentar tersebut agar semua komentar tidak langsung terpublikasi di artikel blog?

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

Moderasi Secara Manual dan Menggunakan Plugin 

Beberapa layanan blog memiliki fitur yang dapat memoderasi komentar. Fitur ini memungkinkan kita untuk menentukan komentar mana yang pantas ditampilkan pada postingan yang relevan di blog kita.

Fitur ini dimiliki oleh layanan blog seperti Blogger dan WordPress, bahkan pengguna WordPress mendapatkan plugin bernama Akismet, yang dapat memfilter komentar yang dianggap spam. Jadi haruskah kita memoderasi komentar?

Bagi saya pribadi, moderasi komentar itu penting dan harus dilakukan. Saya rutin mengecek komentar yang masuk ke blog saya, karena saya sering menemukan komentar spam yang isinya  tidak berhubungan dengan artikel. Bahkan ada komentar yang hanya berisi link ke situs atau blog spam tanpa kata-kata khusus untuk postingan tersebut, seperti gambar di bawah ini.

Untuk menghindari komentar seperti itu, selain menggunakan plugins Akismet, saya juga mengecek secara manual setiap komentar yang masuk. Komentar yang terlalu pendek atau tidak berkaitan dengan isi artikel pasti akan dihapus.

Baca juga: Jenis Blog di Internet dan Contohnya, No.13 Cocok untuk Orang yang Malas

Beberapa Blogger Tidak Memoderasi Komentar di Blog Mereka

Tidak seperti beberapa blogger yang saya kenal, mereka tidak ingin memoderasi komentar yang mereka tambahkan ke blog mereka. Jadi setiap kali seseorang memposting komentar, komentar tersebut  langsung (live) di blog mereka. Padahal, ini bagus karena pemberi komentar langsung senang melihat komentarnya. Masalahnya banyak spammer saat ini yang menggunakan fitur kolom komentar untuk memposting link untuk keperluan SEO.

Komentar SPAM biasanya tidak terkait dengan artikel Anda dan justru malah berisi link ke website mereka. Faktanya, sebagian besar pelaku SPAMMER ini menggunakan perangkat lunak untuk mengirim komentar. Tentu saja komentar seperti itu tidak berguna untuk blog Anda. Membiarkan komentar spam saja mengandung link yang tidak berguna membuat blog kita terlihat tidak profesional.

Selain itu ada pula blogger yang menganggap kolom komentar tidak terlalu penting, karena hanya menambah repot mereka untuk menyeleksi komentar yang layak ditampilkan dan mengisi penuh ruang inbox email yang digunakan untuk menerima notifikasi. Beberapa dari orang-orang ini ingin menghapus kotak komentar dari blog mereka sehingga mereka tidak perlu berurusan dengan komentar yang masuk.

Terlepas dari apakah moderasi komentar itu penting atau tidak, menurut saya pembaca harus tetap memiliki ruang untuk menyampaikan pendapat mereka tentang postingan apa yang kita terbitkan. Moderasi atau tidak adalah pilihan kita sebagai pemilik website atau blog.

Tentunya kita harus bisa terhubung dengan audiens “merakyat” dengan pembaca kita dan memberi mereka ruang untuk memposting opini, pertanyaan atau komentar yang bermanfaat dan terkait dengan artikel yang kita posting.

Baca juga : Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Website atau Blog Bisnis?

Kesimpulan

Selain itu, kolom komentar bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antara blogger dan pembaca, apa salahnya kita saling mengenal satu sama lain. Bukankah kita sering mendengar bahwa manusia adalah mahluk sosial. Jadi, kolom komentar sangatlah penting untuk berinteraksi dengan pengunjung blog.

Share

0 Response to " Mengapa Moderasi Komentar Sangatlah Penting Untuk Blog?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel