√ Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Website atau Blog Bisnis?

 

Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Website atau Blog Bisnis?

Website adalah halaman web yang dapat diakses melalui internet. Informasi yang diberikan oleh individu, kelompok atau organisasi sering tersedia di website.

Menurut Global Web Index, 63% pelanggan mengunjungi situs web hanya untuk mencari informasi tentang merek atau produk.

Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan, ada baiknya Anda mulai berpikir untuk membuat website sebagai media branding dan promosi bisnis.

Sebuah bisnis harus memiliki tempat di Internet dan dikenal lebih banyak orang, bahkan banyak pengusaha yang memulai bisnisnya dengan menghabiskan banyak energi dan uang secara online. Website statis dan blog adalah dua hal yang berbeda, website bisnis biasanya statis, sedangkan blog dinamis karena kontennya selalu diupdate secara berkala.

Mungkin beberapa pengusaha telah membangun sebuah website untuk bisnis mereka dan mereka akan bertanya "Bisnis saya sudah memiliki website. Bisnis sudah online dan pelanggan dapat melihat informasi perusahaan saya di website.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Mengapa Bisnis Harus Punya Blog Bisnis?

Pertama-tama: kita tidak boleh berasumsi bahwa situs web bisnis dan blog bisnis adalah dua situs web yang terpisah. Bahkan, kita bisa menambahkan direktori khusus untuk blog di website bisnis Anda. Misalnya, URL situs web bisnis Anda adalah www.bisnisku.com, maka kita bisa menambahkan direktori baru atau lebih dikenal subdomain baru untuk blog bisnis contoh URL nya jadi www.bisnisku.com/blog atau blog.bisnisku.com.

Kedua: Konten di situs web komersial seringkali statis, dengan sedikit atau tanpa perubahan signifikan dalam jangka waktu yang lama.

Anda dapat memuat informasi tentang bisnis Anda di web bisnis statis sehingga pelanggan dapat melihat informasi lengkap tentang bisnis Anda.

Namun, jika situs web Anda tidak memiliki konten yang diperbarui, itu tidak akan optimal di mesin pencari seperti Google. Mesin pencari seperti Google lebih memilih situs yang selalu mengirimkan konten yang diperbarui dalam hasil pencarian mereka.

Ketiga: Jika orang mencari berdasarkan kategori tertentu atau nama bisnis Anda, situs web bisnis mungkin dapat memberikan informasi tentang bisnis Anda. Namun, jika mereka mencari informasi dukungan yang masih relevan dengan industri bisnis Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan menemukan situs web Anda di mesin telusur dan Anda akan terus kehilangan calon pelanggan potensial.

Baca juga : Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Keuntungan Mempunyai Blog Bisnis

Mari kita lihat beberapa keuntungan memiliki blog bisnis. Satu atau beberapa dari pilihan anda akan dapat memenuhi tujuan bisnis Anda.

1. Kenyamanan dan Kemudahan Bagi Pelanggan

Salah satu tujuan kami dalam blogging untuk bisnis adalah untuk memberikan kemudahan dan layanan kepada pelanggan kami. Ada beberapa langkah yang dapat kita ambil saat membangun konten blog untuk pelanggan kita:

Bangun konten untuk prospek; Anda pasti ingin meningkatkan jumlah prospek atau prospek dalam bisnis Anda. Lebih baik lagi jika kontennya terstruktur di sekitar target pasar Anda. Misalnya jika bisnis Anda adalah jasa pembuatan website, maka konten yang ingin Anda bangun berhubungan dengan website tersebut, seperti bagaimana cara memelihara website, bagaimana memaksimalkan kinerja sebuah website, dan lain sebagainya.

Bangun konten untuk membantu pelanggan; Anda pasti ingin semua pelanggan Anda menggunakan layanan atau produk Anda. Jadi, gunakan konten blog bisnis Anda untuk membuat pelanggan Anda tetap up to date, seperti informasi untuk membantu pelanggan mendapatkan hasil maksimal dari produk yang mereka beli dari Anda.

Bangun konten untuk pelanggan; prospek dan pelanggan tetap dalam bisnis Anda adalah orang-orang yang harus terus-menerus diperhatikan. Berikan mereka konten yang bermanfaat, bukan hanya mengajukan penawaran. Jika Anda belum membuat daftar email (mail list), sebaiknya mulai sekarang.

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

2. Meningkatkan Tingkat Popularitas Media Sosial

Siapa yang tidak menggunakan media sosial akhir-akhir ini? Sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, Linkedin dan lain-lain. Kabar baiknya adalah bahwa media sosial dapat membantu meningkatkan ketenaran bisnis Anda di internet.

Apakah bisnis Anda berjuang untuk membangun reputasi di media sosial? Konten blog Anda dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih populer di media sosial, dengan cara:

Mengirimkan konten ke media sosial dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada iklan, tetapi tentu saja ada beberapa strategi yang harus kita ketahui. Kita juga harus memperhatikan apa yang harus kita posting di media sosial, Anda harus ingat rumus 80/20 yang artinya hanya 20% dari status di akun media sosial Anda yang akan mempromosikan bisnis Anda. Nah, jika Anda mengirim tautan ke postingan blog dengan status 20% di media sosial, ada kemungkinan besar seseorang yang tertarik dengan bisnis Anda akan menjadi penggemar atau pengikut di media sosial.

Saat kita membangun konten dan mengirimkannya ke media sosial, pastikan bahwa konten yang kita kirim memberikan nilai (value) bagi penggemar atau pengikut di media sosial.

Penggemar atau pengikut (followers) ini kemungkinan besar akan secara sukarela membagikan/memposting ulang konten di media sosial untuk dilihat lebih banyak orang. Dalam prosesnya, secara tidak langsung akan meningkatkan popularitas merek perusahaan Anda di Internet.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

3. Membantu Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Bisnis

Browser khususnya Google mengutamakan website yang selalu up to date dengan konten-konten baru. Nah, blog bisnis Anda akan membantu peringkat situs web bisnis Anda dalam beberapa cara.

Konten blog adalah ukuran kualitas situs web Anda. Seperti yang kita ketahui bersama, Google bekerja keras untuk selalu memberikan hasil pencarian yang lebih relevan di mesin pencarinya.

Salah satu faktor yang menunjukkan bahwa sebuah situs web layak mendapat peringkat yang baik di Google adalah kualitas kontennya. Dengan Terus-menerus membuat konten yang unik dan berkualitas  akan membantu peringkat situs web Anda  lebih baik di Google.

Konten blog dapat membantu  mendominasi mesin pencari Google; Salah satu cara terbaik untuk terus menarik pelanggan  baru adalah dengan mempertahankan peringkat  mesin pencari situs web Anda. Jika pengguna mencari informasi tertentu di Google dan konten blog Anda tampaknya memiliki peringkat yang baik,  kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan baru terus menerus dari mesin pencari sebagai hasilnya.

4. Meningkatkan Reputasi Merek Perusahaan 

Membuat website bisnis yang baik tidak terlepas dari konsep yang digunakan untuk membangunnya.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs web atau toko online Anda, sehingga meningkatkan reputasi situs web Anda dan menempatkannya di bagian atas daftar mesin telusur.

Seperti yang  disebutkan sebelumnya, memiliki blog akan membantu Anda meningkatkan popularitas merek bisnis Anda secara online. Saat Anda terus membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain, Anda dapat yakin bahwa situs web Anda secara bertahap akan menjadi pemimpin di industri tempat Anda beroperasi. Merek komersial yang sudah tersebar luas di wilayah tertentu umumnya juga akan mendominasi hasil pencarian di mesin pencari Google.

7 Tips Yang Membuat Reputasi Website Semakin Meningkat

Berikut ini akan kita bahas mengenai tips meningkatkan reputasi website, diantaranya:

1. Tampilan Website

Website tidak hanya membutuhkan informasi yang menarik, tetapi juga memiliki tampilan yang menarik sehingga memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. 

Website yang berpenampilan sederhana dengan warna yang menarik namun tidak silau tentu lebih disukai karena mudah diakses dan memudahkan  pengunjung untuk mendapatkan informasi dari situs tersebut.

2. Memberikan Informasi Secukupnya

Sejak kamera mulai dipasang di perangkat ponsel dan berbagai media sosial mulai menggunakan gambar untuk menangkap minat pembaca, fungsi kata-kata menjadi kurang penting.

Ini juga terjadi di sebuah situs web. Saat ini banyak pengunjung website yang tertarik untuk menyempatkan diri mengunjungi website tertentu karena konten visualnya.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk membuat situs web, berikan informasi yang cukup secara singkat dan jelas, tidak terlalu banyak teks, dan dukung dengan beberapa gambar atau video yang sangat menarik.

3. Tambahkan Kontak Anda

Memberikan informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, email atau akun chat merupakan salah satu hal penting yang sering dicantumkan di website.

Informasi kontak yang mudah diakses akan mencegah pengunjung untuk mencari informasi kontak di halaman web, yang dapat membuang-buang waktu.

Baca Juga : Pentingnya Update Postingan Blog Untuk Peringkat Google & Alexa 

4. Berikan Tampilan Navigasi yang Mudah

Secara umum, pengunjung website menginginkan informasi yang padat, ringkas, dan mudah diakses. Pilih fitur yang dibutuhkan pengunjung Anda.

Jangan menyediakan terlalu banyak fitur yang berpotensi membingungkan. Menyediakan tombol navigasi seperti About Us, Menu, Products, Contacts dan FAQ akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

5. Hapus Fitur yang Mengganggu

Jenis fitur putar otomatis tertentu (seperti musik, Flash, atau iklan bersponsor) terkadang dapat mengganggu pengunjung situs dan membuat mereka enggan membuka situs. Buanglah fitur-fitur yang menganggu agar website kita terlihat profesional.

6. Integrasikan Dengan Media Sosial

Popularitas media sosial saat ini telah mengubah fungsinya. Saat ini sudah banyak perusahaan atau bisnis online yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menarik pengunjung baru dan meningkatkan brand awareness.

Metode ini dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk mengoptimalkan kinerja situs web.

7. Mobile Friendly

Pada saat ini jumlah pengguna smartphone telah meningkat secara signifikan, sehingga banyak calon pengunjung website akan mengunjungi website dari smartphone mereka.

Untuk mengatasi masalah ini, mulailah membuat konten website yang mobile-friendly agar tidak mempersulit pembaca Anda dalam mencari produk Anda.

Gunakan gambar yang tidak terlalu besar dan teks yang tidak terlalu kecil, sehingga pembaca yang mengunjungi situs dari smartphone tetap nyaman tanpa harus menunggu terlalu lama dan menggeser layar.

Saya harap artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang mengapa blog bisnis sangat penting. Berdasarkan penjelasan di atas, apa yang paling dibutuhkan bisnis Anda?


Share

0 Response to "√ Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Website atau Blog Bisnis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel