√ Pentingnya Update Postingan Blog Untuk Peringkat Google & Alexa

Pentingnya Update Postingan Blog Untuk Peringkat Google & Alexa Rank


Melakukan aktivitas blogging memaksa seseorang untuk  konsisten dalam mengupdate konten  blognya. Salah satu hal yang sering terjadi pada para blogger terutama para pemula adalah mereka malas untuk mengupdate konten secara berkala. Karena mereka mungkin  tidak terbiasa dan berperilaku tidak konsisten dalam mengelola blognya. 

Namun di sisi lain, bagi seorang blogger yang rutin mengupdate konten setiap hari, peringkat blognya akan lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Nah, inilah yang membedakan antara blogger  sukses dan blogger yang gagal dalam bisnis konten blog.

Baca juga : Istilah-Istilah Penting dalam Blogging

Semua orang pasti setuju bahwa mesin pencari Google (Search Engine) memang menyukai blog dengan konten yang diperbarui secara berkala, tetapi apakah pembaruan konten secara otomatis memengaruhi peringkat blog di mesin pencari Google secara keseluruhan? Sejauh ini belum ada yang bisa mengambil kesimpulan pasti mengenai hal ini, karena selain konten terbaru, algoritma Google sangat memperhatikan kualitas konten untuk menentukan peringkat blog di mesin pencari.

Rangking Google dan Alexa sering dijadikan acuan bagi para webmaster untuk menentukan kualitas blog/website. Nah pada artikel kali ini, Mulkiaja.com ingin mengulas dampak update postingan blog pada peringkat Google dan Alexa.

1. Dampak Pembaruan Blog Pada SERP Google

Ada banyak asumsi yang dibuat oleh blogger yang mengatakan bahwa blog yang mempublikasikan setiap hari akan mendapatkan bagian yang lebih baik dari SERP Google. Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Seperti yang dikatakan Matt Cuts (Kepala Tim Spam Web Google), Google memprioritaskan blog dengan konten berkualitas dalam hasil pencarian mesin pencarinya.

Dalam video YouTube, Matt Cuts mengatakan akan lebih baik jika pemilik blog fokus untuk menyiapkan konten mereka dan bermanfaat bagi pembaca, meskipun itu akan memakan waktu lebih lama, daripada mencoba memperbaruinya dengan konten blog yang buruk atau "apa adanya".

Baca juga : Manfaat Blogging Untuk Seorang Blogger Profesional

Hal ini tentu saja tidak berlaku jika blog tersebut bukan untuk penggunaan komersial. Berfokus pada konten berkualitas tinggi adalah suatu keharusan jika Anda menginginkan blog bawaan yang dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Blog yang kontennya memberikan nilai bagi pembacanya akan dengan mudah mendapat peringkat yang baik di mesin pencari Google.

Jadi apakah kita hanya mementingkan kualitas konten? tentu saja tidak. Postingan blog yang menarik dan banyaknya artikel dengan berbagai kata kunci (keyword) pasti akan memberikan peluang bagi blogger untuk menarik lebih banyak pengunjung. Jadi, seorang blogger profesional pasti akan memperhatikan kualitas update dan konten yang dipublikasikan karena kedua hal ini saling berhubungan satu sama lain.

Baca juga : Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Tonton videonya:


2. Dampak Pembaruan Blog Pada Peringkat Alexa.com

Peringkat Alexa berbeda dengan peringkat situs web di mesin pencari Google. Alexa mengevaluasi peringkat situs web berdasarkan beberapa faktor, seperti konten terbaru, jumlah pengunjung, tampilan halaman, aktivitas pengunjung di situs web, dan banyak lagi. Meskipun beberapa webmaster dapat mengungguli sistem peringkat Alexa, penilaian Alexa terhadap sebuah situs web tetap dianggap penting.

Alexa memperhitungkan pembaruan blog saat memeringkat situs, dan semakin sering Anda memperbarui konten, semakin baik peringkat Alexa Anda. jadi, Jika Anda ingin peringkat Alexa situs Anda lebih "mantap", disarankan untuk sering memperbarui blog Anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Sebaiknya jangan terlalu khawatir tentang peringkat Alexa blog Anda, dan tidak perlu memanipulasi peringkat Alexa seperti yang dilakukan beberapa blogger. Sebaiknya fokus saja pada membangun konten yang baik secara teratur, mempromosikan konten Anda secara teratur, meningkatkan jumlah pengunjung unik, dan peringkat Alexa blog Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kotak Script Dalam Postingan Blog

3. Dampak Pembaruan Blog Pada Audiens

Sebuah blog yang sudah cukup terkenal dan memiliki pengunjung setia tentunya sangat penting untuk mengupdate konten secara berkala. Bayangkan jika blog Anda tidak memiliki update terbaru selama seminggu atau sebulan, padahal pengunjung setia Anda membuka blog Anda setiap hari. Tentu saja, audiens Anda akan bosan dan kecewa, dan ya, kemungkinan besar mereka akan beralih ke blog lain.

Meskipun banyak pengunjung blog Anda berasal dari mesin pencari, konten baru dan terkini tetap dibutuhkan. Apalagi jika pengunjung blog Anda kebanyakan dari situs referral atau pengunjung langsung. Juga, blog dengan topik tertentu harus selalu up to date, seperti blog yang membahas topik bisnis, media sosial, blog, lowongan pekerjaan, berita selebriti, konten game, dan lain-lain. Namun ada juga blog yang tidak perlu banyak diupdate, misalnya blog yang mata pelajaran sekolahnya tidak banyak berubah.

Baca juga : Cara Menampilkan Kolom Komentar di Blog

Kesimpulan

Menurut Mulkiaja.com, pembaruan konten sangat penting. Tetapi lebih penting untuk membangun konten berkualitas tinggi dan memberikan nilai kepada pembaca Anda. Konten seperti ini biasanya lebih mudah masuk ke halaman utama hasil pencarian Google dan lebih persisten. Dengan secara konsisten membangun konten berkualitas tinggi, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google dan Alexa.


Share

0 Response to " √ Pentingnya Update Postingan Blog Untuk Peringkat Google & Alexa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel