√ Pengertian Server: Jenis-Jenis Server, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya (Lengkap)

Server adalah


Pengertian Server Adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan server? Apa itu server? Secara umumnya, pengertian server adalah tempat penyimpanan data dan yang berfungsi memberikan layanan kepada klien yang terhubung dengannya.

Ada beberapa pendapat lain mengatakan bahwa pengertian server adalah sistem komputer yang bertugas memberikan layanan dan mengontrol akses setiap klien yang terhubung ke jaringan komputer. Server didukung oleh prosesor, RAM, dan sistem operasi khusus yang disebut Network Operating System (NOS). 

Sebuah server dapat menyimpan berbagai jenis data, dokumen dan informasi lainnya yang dapat diakses oleh klien. Dalam hal ini, klien membutuhkan server untuk terhubung ke jaringan atau  meminta data/file dari server.

Baca juga: Pengertian Modem

Fungsi Server Secara Umum

Pada dasarnya peran server adalah melayani permintaan dari komputer client, baik berupa data, file, aplikasi atau permintaan lainnya. Fungsi dari server adalah sebagai berikut : 

  • Melayani permintaan data atau informasi dari komputer client. 
  • Manajemen lalu lintas jaringan. 
  • Penyimpanan berbagai data, file, aplikasi dan informasi lain yang digunakan dengan protokol FTP. 
  • Menyediakan berbagai resource (software, hardware) yang dapat digunakan oleh banyak komputer klien dalam satu jaringan. 
  • Atur hak akses jaringan (izin) untuk membatasi klien yang dapat mengakses informasi di komputer server. 
  • Menyediakan database dan aplikasi yang dapat digunakan di semua komputer client.

Baca juga : Cara Termudah Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Manfaat Komputer Server

Menggunakan komputer server dapat memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, misalnya; efisiensi waktu dan penghematan biaya. Sebagai contoh; Komputer server perusahaan terhubung ke banyak komputer lain sebagai klien, sehingga dokumen atau data dapat dengan mudah dan cepat dikirim ke klien lain di jaringan. 

Contoh lain: komputer server memungkinkan Anda menggunakan printer untuk mencetak dokumen yang dapat digunakan oleh beberapa komputer dalam jaringan. Dengan begini, tentunya perusahaan bisa lebih berhemat karena tidak perlu menyediakan banyak printer di kantor.

Server adalah


Membangun komputer server memerlukan beberapa sumber daya. Beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah komputer server adalah:

  1. RAM; membutuhkan memori (RAM) yang besar agar proses multitasking berjalan lebih cepat. 
  2. Processor; Komputer server dengan koneksi CPU yang cepat diperlukan untuk menangani berbagai permintaan dari komputer klien. 
  3. Hard drive; bertindak sebagai media penyimpanan data dari berbagai komputer klien, yang terpusat di komputer server. Menggunakan SSD sebagai media penyimpanan akan memaksimalkan kinerja dan performa komputer server.

Baca juga : Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android

Jenis-Jenis Server

Server dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Mengacu pada pengertian server, beberapa jenis-jenis server adalah dibawah ini:

  1. Proxy Server; server yang membatasi permintaan data, koneksi, dan berbagai file di luar jaringan antara server dan klien. Server proxy juga bertindak sebagai pintu gerbang antara jaringan lokal dan jaringan global (Internet). 
  2. Virtual Server; server yang berfungsi untuk membuat beberapa server fisik, sehingga terlihat seperti ada beberapa server. 
  3. Telnet Server; server yang mengelola komputer dengan masuk dan keluar dari komputer host. 
  4. FTP Server; server yang mengelola transmisi data pada  jaringan. 
  5. Web Server; server yang menyimpan konten web dan berkomunikasi menggunakan HTTP. 
  6. Aplikasi Server; server yang mengelola pesanan yang dilakukan oleh pelanggan dan menghubungkannya ke database. 
  7. Server Audio dan Video; server yang memelihara fungsi multimedia situs web. 
  8. News Server; server yang mendistribusikan berbagai jenis berita di seluruh jaringan berita. 
  9. Mail Server; server yang berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis email dan memproses permintaan pelanggan.

Baca juga: Pengertian Switch

Cara Kerja Server

Pada dasarnya kerja server dan client sangat sederhana yaitu server sebagai penyedia data dan client sebagai peminta data. 

Misalnya; ketika kita membuka website X di browser, dalam hal ini komputer kita berperan sebagai client dan server dari website X berperan sebagai server. 

Server situs X menerima dan memproses permintaan klien. Kemudian, server web X mengirimkan data seperti yang diminta oleh klien dan muncul di layarnya. 

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian, fungsi, kelebihan, jenis dan pengoperasian server. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Server: Jenis-Jenis Server, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel