√ Pengertian Bandwidth: Fungsi, Cara Kerja, Arti, Jenis-Jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Bandwidth


Pengertian Bandwidth Adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan bandwidth (lebar pita)? Apa itu bandwidth? Secara garis besar, definisi atau pengertian bandwidth adalah kapasitas maksimum suatu jalur transmisi data yang digunakan untuk mentransfer data antara server dan client dalam kecepatan bit per second (bps).

Pendapat lain mengatakan bahwa definisi atau pengertian bandwidth adalah transfer maksimum yang dapat dilakukan pada saat tertentu selama pertukaran data. Bandwidth dapat dianalogikan dengan lebar jalan raya, sedangkan data yang tiba di jalur komunikasi dianalogikan dengan kendaraan yang melintasi jalan raya. Semakin tinggi bandwidth dan semakin rendah aliran data, maka lalu lintas data semakin lancar, sebaliknya jika bandwidth rendah dan aliran data tinggi, lalu lintas data melambat atau bahkan berhenti.

Bandwidth diukur dalam Mbps (megabit per second). Misalnya, jika bandwidth kita 100 Mbps, saluran transfer data terbesar dapat mentransfer data dengan kecepatan 100 Mbps per detik. Semakin tinggi bandwidth, semakin besar jumlah data yang dapat dikirimkan melalui saluran komunikasi. Namun, perlu diperhatian bahwa bandwidth tidak sama dengan kecepatan.

Baca juga: Pengertian Server

Jenis-Jenis Bandwidth

Bandwidth dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bandwidth analog dan bandwidth digital. Penjelasan singkat tentang jenis-jenis bandwidth adalah sebagai berikut: 

Bandwidth analog adalah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan hertz/Hz yang memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah data atau informasi yang dapat dikirimkan dalam satu waktu. 

Bandwidth Digital adalah jumlah atau jumlah data yang dapat ditransmisikan melalui saluran komunikasi tanpa distorsi. Dinyatakan dalam ukuran satuan bps atau bit per second.

Baca juga: Pengertian Switch

Fungsi Bandwidth Secara Umum

Fungsi Bandwidth

Setelah memahami pengertian bandwidth dan jenis-jenisnya, kita juga perlu mengetahui fungsi  bandwidth. Berikut beberapa fungsi bandwidth secara umum : 

1. Media Pengiriman Data

Misalnya kabel LAN fisik yang digunakan untuk menghubungkan koneksi LAN dan perangkat komputer yang digunakan. Dalam hal ini bandwidth berperan sebagai jalur koneksi atau media koneksi dalam proses transmisi data.

2. Pembatas Kecepatan Transfer

Dengan fungsi ini, bandwidth membatasi laju kecepatan transfer data. Umumnya, administrator sistem menggunakan fitur ini untuk mengelola jaringan guna mencegah pencurian.

Misalnya, jika perangkat digunakan untuk mengunduh atau memutar video dalam definisi tinggi (HD). Karena aktivitas tersebut dapat menghabiskan banyak bandwidth, yang dapat menyebabkan gangguan pada pengguna lain.

3. Membatasi Kecepatan Pengiriman Data

Berfungsi juga untuk membatasi data yang dikirim atau dikirim menurut satuan waktu tertentu. Biasanya digunakan oleh administrator hosting dan administrator jaringan. 

Misalnya, jika Anda memberikan bandwidth 1 GB per bulan, terlepas dari kecepatan akses dan jumlah perangkat yang menggunakannya, jumlah maksimum data yang ditransfer adalah 1 GB dan tidak boleh lebih.

Baca juga : Cara Termudah Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Cara Kerja Bandwidth

Cara kerja bandwidth

Bandwidth adalah komponen penting dari hosting atau jaringan, sehingga setiap transfer data atau operasi transfer dapat dilakukan karena komponen ini. Oleh karena itu, bandwidth memegang peranan yang sangat penting dalam proses transfer data. 

Kinerja bandwidth sangat erat kaitannya dengan kinerja bandwidth itu sendiri. Saat pengguna internet menggunakan jaringan, bandwidth bekerja sesuai fungsinya. 

Bandwidth jaringan dapat mempengaruhi kinerja jaringan, baik cepat maupun lambat. Tentunya faktor lain seperti latency, packet loss, dan lainnya juga akan mempengaruhi hal ini. 

Pembatasan akses biasanya diatur saat kita menghubungkan ke jaringan. Semakin tinggi bandwidth yang ditentukan, semakin tinggi jumlah data yang ditransfer. 

Baca juga: Pengertian Modem

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian bandwidth, fungsi dan jenis bandwidth secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Bandwidth: Fungsi, Cara Kerja, Arti, Jenis-Jenis dan Fungsinya (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel