√ Pengertian Data: Jenis-Jenis Data, Definisi, dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian data


Pengertian Data Adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud data? Apa itu data? Secara umum, pengertian data adalah kumpulan informasi atau fakta mentah yang berupa simbol, angka, kata atau gambar yang diperoleh dengan mengamati atau mencari sumber tertentu.

Menurut pendapat lain, pengertian data adalah sekumpulan informasi dasar yang diperoleh dari pengamatan atau gambaran tentang suatu hal (objek atau peristiwa), yang dapat diolah menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti; informasi, database atau solusi untuk masalah tertentu.

Secara etimologis, istilah “data” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Datum”, yang berarti sesuatu yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan kata lain, data adalah hasil pengukuran atau pengamatan terhadap suatu variabel, yang  dapat berupa lambang, warna, kata, angka atau gambar.

Baca juga : Cara Termudah Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami data, dapat kita simak pengertian data menurut pendapat para ahli berikut ini: 

1. Arikunto Suharsim 

Menurut pendapat Arikunto Suharsim, data mengacu pada semua fakta dan angka yang dapat digunakan sebagai bahan untuk menyusun informasi. . 

2. Nuzulla Agustina 

Menurut pendapat Nuzulla Agustina, pengertian data adalah pengetahuan tentang sekumpulan fakta umum, pola, tabel grafik, gambar, simbol, kata, huruf yang menyatakan suatu gagasan, objek dan keadaan serta situasi.

3. Kuswadi dan E. Mutiara 

Menurut pendapat Kuswadi dan E. Mutiara, konsep data adalah kumpulan informasi yang diperoleh selama pengamatan, yang dapat berupa angka, simbol atau ciri. 

4. Slamet Riyad 

Menurut pendapat Slamet Riyad, pengertian informasi adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan, dimana datanya dapat berupa angka atau simbol. 

5. Kristanto

Menurut pendapat Kristanto, pengertian data adalah tentang suatu objek merupakan fakta mentah yang dapat mengurangi ketidakpastian tentang suatu keadaan dan suatu peristiwa.

Baca juga; Pengertian Bandwidth

Fungsi Data Secara Umum

jelaskan pengertian data

Pada dasarnya data berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Namun penggunaan konsep informasi data sudah umum dalam bidang teknologi informasi dan juga dalam penelitian. 

Sehubungan dengan pengertian data di atas, maka fungsi data adalah sebagai berikut: 

  • Data dapat menjadi acuan untuk pengambilan keputusan pemecahan masalah. 
  • Data dapat digunakan sebagai panduan atau sebagai dasar untuk studi atau rencana. 
  • Data tersebut dapat dijadikan sebagai tolok ukur dalam pelaksanaan kegiatan. 
  • Data menjadi dasar evaluasi untuk suatu kegiatan.

Baca juga: Pengertian Modem

Jenis-Jenis Data

Pengertian data dan contohnya

Data dapat dikelompokkan menurut sumber, sifat, cara perolehan dan waktu pengumpulannya. Berikut penjelasan lengkapnya: 

1. Data Berdasarkan Pengumpulannya

Berdasarkan pengumpulannya data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder, berikut ini pengertian data primer dan data sekunder;

  • Data primer yaitu. data asli atau data baru yang dikumpulkan langsung oleh peneliti. 
  • Data sekunder yaitu. tersedia data yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang ada. Sebagai contoh; dari perpustakaan, makalah penelitian sebelumnya dan banyak lagi.

Baca juga: Pengertian Switch

2. Jenis Data Berdasarkan Sumber 

  • Informasi Data Internal, yaitu informasi yang diterima dari dalam organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi. Sebagai contoh; informasi tentang jumlah karyawan, jumlah modal, volume produksi dan lainnya. 
  • Informasi Data Eksternal, misalnya, informasi yang diperoleh dari luar organisasi, yang menggambarkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Sebagai contoh; informasi tentang daya beli masyarakat, perubahan kebiasaan masyarakat, dan lain-lain.

3. Jenis Data Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya data terbagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, berikut ini pengertian data kualitatif dan data kuantitatif;

  • Data Kualitatif, yaitu informasi yang dinyatakan dalam bentuk kata, simbol atau gambar. Sebagai contoh; kuesioner tentang kepuasan pelanggan dengan layanan perusahaan. 
  • Data Kuantitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bilangan atau angka. Sebagai contoh; harga saham, nilai laba dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Server

4. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulan

  • Data cross-sectional, yaitu. data yang dikumpulkan hanya pada waktu-waktu tertentu  untuk memperjelas situasi saat ini. Sebagai contoh; data penelitian dengan format. 
  • Data Periodik, misalnya, data yang dikumpulkan secara berkala untuk mengetahui perkembangan suatu peristiwa selama periode waktu tertentu. Sebagai contoh; informasi makanan.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian umum dari data, fungsi dan jenis-jenis data. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Data: Jenis-Jenis Data, Definisi, dan Fungsinya (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel