√ Pengertian Internet: Fungsi, Manfaat, Definisi, dan Dampak Dari Internet

Pengertian Internet Adalah


Pengertian Internet Adalah

Memahami secara umum pengertian internet dan apa saja hal-hal yang berkaitan dengan internet. Selain itu dampak positif dan negative internet terhadap penggunanya.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan internet (interconnection-networking)?Apa itu internet? Pengertian Internet adalah jaringan komunikasi global yang secara publik menghubungkan miliaran jaringan komputer menggunakan sistem standar global transmission control protocol/ internet protocol suite (TCP/ IP).

Ada juga beberapa pendapat yang menjelaskan bahwa definisi internet adalah International Network dimana semua jenis dan tipe komputer di seluruh dunia dapat terhubung menggunakan beberapa jenis komunikasi seperti telepon, satelit dan lain-lain. 

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network, dimana setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki identitas unik yang disebut IP (Internet Protocol Address).

Setiap komputer harus memiliki alamat IP unik, yang merupakan kombinasi angka yang mengidentifikasi komputer di Internet.

Baca juga; Pengertian Bandwidth

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian internet yang bisa dijadikan gambaran, apa itu internet dan bagaimana cara memanfaatkan internet.

Untuk lebih memahami pengertian Internet dapat kita simak pendapat menurut para ahli berikut ini:

1. Sibero 

Menurut pendapat Sibero, pengertian Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan  komputer di seluruh dunia. Lebih lanjut dijelaskan bahwa Internet juga bisa disebut sebuah jaringan alam, yaitu jaringan yang begitu luas. 

2. Sarwono 

Menurut pendapat Sarwono, pengertian internet adalah kumpulan jaringan global dimana tidak ada seorangpun yang dapat bertanggung jawab untuk mengelola internet itu sendiri. 

3. Berners Lee 

Menurut pendapat Berners Lee, pengertian Internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini jelas mengacu pada konsep dimana suatu jaringan komputer atau LAN (local area network) tertentu juga dapat terhubung dengan jaringan lain. 

4. Ned Snell 

Menurut pendapat Ned Snell, Internet didefinisikan oleh berbagai jenis sumber daya yang tersedia yang ada padanya, dan masing-masing sumber daya ini dapat diakses melalui perangkat yang berbeda. 

5. Onno W. Purbo 

Menurut pendapat Onno W. Purbo, istilah atau pengertian internet adalah alat yang digunakan untuk memfasilitasi proses komunikasi yang berhubungan dengan berbagai aplikasi seperti web, VoIP, e-mail, dan lainnya.

6. Lani Sidharta 

Menurut pendapat Lani Sidharta, istilah Internet adalah suatu bentuk interkoneksi jaringan komputer yang dapat memberikan suatu bentuk layanan informasi yang lengkap. Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan pendamping dunia maya atau dunia virtual yang ampuh yang sering digunakan dalam media korporasi, politik bahkan hanya untuk hiburan.

7. O'Brien 

Menurut pendapat O'Brien, pengertian internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dan berguna untuk berbagai macam keperluan, mulai dari bisnis, pendidikan hingga jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan. 

Baca juga: Pengertian Modem

Fungsi Internet Secara Umum

Pengertian Internet

Internet memiliki beberapa fungsi penting yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya masyarakat urban dunia. Beberapa fungsi internet adalah sebagai berikut: 

1. Sebagai Alat Komunikasi 

Merujuk pada definisi internet di atas, internet dapat menjadi alat komunikasi bagi masyarakat di seluruh dunia.

Penggunaan internet sebagai sarana komunikasi sudah sangat umum pada saat ini. Hal ini kita lihat dengan munculnya berbagai media sosial dan aplikasi chatting yang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai Sarana untuk Mengakses Informasi 

Era internet adalah era keterbukaan. Artinya, berkat internet, masyarakat lebih mudah mengakses berbagai informasi penting. 

Jika sebelumnya Anda harus membaca buku atau koran untuk mendapatkan informasi, kini Anda bisa melakukannya di internet. Bahkan dengan adanya buku digital atau e-book memungkinkan masyarakat untuk membaca buku secara online

3. Sebagai Sarana Bertukar Sumber Daya 

Banyak orang ingin berbagi sumber daya atau informasi dengan orang lain di seluruh dunia. Aktifitas ini dapat dilakukan melalui Internet. 

Beberapa sumber atau informasi yang sering dibagikan di Internet adalah artikel, karya tulis, majalah, foto, video, model dan lain-lain.

4. Media Untuk Mengakses Berita 

Berbagai peristiwa dan tempat di seluruh dunia dapat disaksikan melalui berbagai situs berita online atau media online. Tentu saja, ini bisa dilakukan berkat Internet. Semua situs berita online dunia hanya dapat diakses ketika perangkat kita yang terhubung ke Internet. 

Baca juga: Pengertian Switch

Manfaat Internet Bagi Manusia

Pengertian Internet Adalah

Setelah memahami tentang pengertian Internet dan fungsinya, tentu kita juga perlu mengetahui  manfaat Internet. Manfaat Internet bagi masyarakat sangat erat kaitannya dengan fungsi Internet itu sendiri.

Kelebihan internet secara umum adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam berbagai aktivitas. Beberapa keuntungan menggunakan Internet adalah: 

1. Komunikasi Lebih Cepat 

Komunikasi antar orang di berbagai tempat menjadi lebih mudah sejak adanya Internet. Selain itu, biaya proses komunikasi juga sangat murah jika menggunakan internet. 

Beberapa sarana komunikasi yang umum digunakan melalui Internet adalah: chatting, email, media sosial, dan lain-lain.

2. Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan 

Tidak ada lagi alasan kesulitan dalam memperoleh informasi, karena dapat dilakukan dengan bantuan internet. Memiliki situs web berbeda yang menyajikan informasi berbeda menambah informasi langsung ke pengguna internet. 

Misalnya, jika seseorang ingin belajar bahasa asing dengan mudah, ada berbagai website yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Atau jika ada yang ingin belajar bermain gitar secara gratis dari ahlinya, bisa dilakukan berkat internet, misalnya dengan menonton les gitar di Youtube. 

Baca juga; Pengertian Data

3. Kenyamanan Berbelanja 

Pertumbuhan konsumen online Indonesia begitu pesat. Ini adalah bukti bahwa mudah untuk membeli sesuatu dengan cepat dan murah di Internet. 

Dari sudut pandang pengusaha, keberadaan Internet tidak diragukan lagi telah membuat pengembangan bisnis menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Maka tidak heran mengapa e-commerce berkembang pesat di Indonesia.

4. Kenyamanan Dalam Pemasaran Bisnis 

Pengusaha harus menggunakan Internet sebagai alat pemasaran. Internet marketing memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pemasaran tradisional, antara lain: 

  • Biaya pemasaran umumnya lebih murah 
  • Dapat menyasar target pasar tertentu 
  • Dapat menjangkau lebih banyak orang 
  • Membangun merek lebih cepat 
  • Lebih banyak lagi 

Metode pemasaran online juga sangat berbeda, jadi pengusaha tidak kekurangan ide untuk menghasilkan peluang pemasaran terbaik untuk bisnis Anda.

5. Sebagai Media Hiburan 

Internet juga merupakan sarana hiburan yang sangat digemari, terutama bagi generasi milenial. Beberapa situs internet yang biasa digunakan untuk hiburan adalah YouTube.com, Facebook.com, Instagram.com, Tiktok.com, Twitter.com dan lain-lain. Berbagai konten yang terdapat di internet dapat menjadi hiburan bagi masyarakat. 

6. Kemudahan Pencarian Informasi 

Kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet juga menjadi keunggulan yang dialami masyarakat saat ini. Misalnya, saat pencari kerja mencari  lowongan pekerjaan, kita dapat menemukan berbagai lowongan pekerjaan di Internet.

Baca juga: Pengertian Server

Dampak Positif dan Negatif Internet

Pengertian Internet

Perkembangan teknologi selalu memiliki dua sisi yang harus disikapi secara bijak, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dan negatif penggunaan Internet terhadap masyarakat secara umum adalah sebagai berikut: 

1. Dampak Positif Internet

  • Mempercepat dan memperlancar arus informasi dan data 
  • Membantu siswa menyelesaikan tugas 
  • Mengembangkan belajar mandiri (self learning) dengan melihat dan membaca berbagai tutorial tentang Internet 
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman 
  • Memfasilitasi kampanye atau mempromosikan hal-hal positif 
  • Kemudahan akses hiburan dan waktu luang 
  • Mempererat silaturahmi dan juga silaturahmi melalui jejaring sosial 
  • Meningkatkan bisnis dan juga ekonomi melalui perdagangan e-commerce
  • Memudahkan pekerjaan manusia
  • Menciptakan banyak lapangan kerja dan peluang usaha baru
  • Dan lain-lain

2. Dampak Negatif Internet

  • Kemungkinan kecanduan internet 
  • Penggunaan waktu yang tidak produktif di Internet 
  • Kemungkinan cyber crime/kejahatan dunia maya seperti penipuan 
  • Konten yang tidak pantas dan berbahaya untuk anak di bawah umur 
  • Penipuan alias hoax (informasi palsu) 
  • Menimbulkan risiko provokasi antar kelompok 
  • Isu SARA yang menyebabkan masyarakat berantakan 
  • Peningkatan cyberbullying 
  • Proses globalisasi budaya lokal asli hilang karena adanya internet 

Baca juga : Cara Termudah Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian internet, fungsinya, manfaat dan dampak positif dan negatif bagi masyarakat secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Internet: Fungsi, Manfaat, Definisi, dan Dampak Dari Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel