√ Pengertian Bencana Alam: Jenis-Jenis, Macam, dan Penyebab Bencana Alam

Pengertian bencana alam


Pengertian Bencana Alam

Apa itu bencana alam? Bencana alam adalah peristiwa atau suatu rangkaian kejadian luar biasa yang disebabkan oleh alam (gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor) yang menimbulkan korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. 

Pada umumnya bencana alam terjadi sebagai akibat dari perubahan alam, baik secara perlahan maupun secara ekstrim. Namun, beberapa bencana alam terjadi akibat ulah manusia, misalnya  pohon tumbang ke dalam hutan yang menyebabkan tanah longsor.

Para ilmuwan saat ini terlibat dalam berbagai upaya pendeteksian bencana. Namun, tidak semua bencana alam dapat dideteksi tepat waktu karena masih menjadi misteri hingga saat ini.

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian bencana alam, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Di bawah ini adalah pengertian bencana alam menurut para ahli : 

1. Coburn A W 

Menurut pendapat Coburn A W, pengertian bencana alam adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengakibatkan korban jiwa dan/atau kerusakan, kerugian harta benda, infrastruktur, fasilitas penting dalam volume yang melebihi volume biasanya. 

2. Heru Sri Haryanto 

Menurut pendapat Heru Sri Haryanto, pengertian bencana alam adalah terganggunya pola kehidupan normal yang merugikan kehidupan manusia, struktur sosial dan timbulnya kebutuhan masyarakat. 

3. Kamadhis UGM 

Menurut pendapat Kamadhi UGM, pengertian bencana alam adalah rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh fenomena alam yang mengakibatkan kerugian material, korban manusia dan kerusakan lingkungan. 

4. Diva 

Menurut pendapat Diva, pengertian bencana alam adalah peristiwa di alam yang berdampak signifikan terhadap populasi dan perkembangan organisme, baik manusia, tumbuhan, maupun hewan.

Jenis-Jenis Bencana Alam

Jenis-jenis bencana alam

Dikaitkan dengan pengertian bencana alam, bencana alam secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: 

1. Bencana Alam Geologi

Pengertian bencana alam geologi adalah bencana alam yang terjadi di permukaan bumi. Beberapa contoh bencana alam geologi antara lain gempa bumi, tanah longsor, letusan gunung berapi, dan peristiwa tsunami. 

2. Bencana Alam Meteorologis 

Bencana alam meteorologi atau iklim adalah bencana alam yang terjadi akibat perubahan iklim yang ekstrim. Bencana alam meteorologi dapat terjadi di wilayah manapun di mana bencana ini dapat terjadi. 

Contoh bencana alam meteorologi yang paling umum adalah kekeringan musim panas dan banjir musim hujan. Bencana ini dapat disebabkan oleh ulah manusia yang menyebabkan pemanasan global (Global Warming).

3. Bencana Alam Ekstra-Terestrial

Pengertian bencana alam ekstra-terestrial adalah bencana alam yang disebabkan oleh sesuatu yang terjadi di luar angkasa. Secara umum, orang masih belum mengetahui masalah ini, tetapi peristiwa di luar angkasa juga dapat memengaruhi umat manusia. 

Contoh bencana alam luar angkasa antara lain asteroid yang dapat menghantam Bumi, badai matahari, meteor, dan lain-lain. 

4. Bencana Wabah 

Wabah adalah istilah untuk kasus luar biasa dimana suatu penyakit menyebar secara masif di suatu wilayah. Epidemi dapat menyebabkan morbiditas atau kematian epidemiologis di suatu daerah selama periode waktu tertentu. 

Ledakan dapat terjadi dengan cepat dan menimbulkan banyak korban jiwa. Salah satu contohnya adalah difteri, yang akhir-akhir ini merenggut banyak nyawa. Apabila hal tersebut terjadi, maka status kejadian luar biasa yang diatur dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.9949/MENKES/SK/VII/2004.

Baca juga; Pengertian Global Warming

Macam-Macam Bencana Alam

Setelah memahami pengertian bencana alam dan jenisnya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa itu bencana alam. Berikut macam-macam bencana alam beserta penjelasannya: 

1. Gempa Bumi Bencana Alam 

Gempa bumi adalah peristiwa terjadinya guncangan atau getaran luar biasa di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan lempeng bumi, patahan aktif, pecahan batuan, dan aktivitas gunung api. 

Video bencana alam gempa bumi


2. Bencana Alam Letusan Gunung Berapi 

Letusan gunung berapi disebabkan oleh aktivitas gunung berapi (erupsi). Gunung berapi dapat melepaskan awan panas, debu hujan, gas beracun, lontaran material, aliran lahar, dan bahkan tsunami. 

Video bencana alam letusan gunung berapi


3. Bencana Alam Tsunami 

Tsunami adalah  bencana alam yang diakibatkan oleh rangkaian gelombang  laut yang sangat besar yang terjadi akibat pergerakan dasar laut yang disebabkan oleh gempa bumi. Istilah tsunami berasal dari bahasa Jepang yaitu Tsu = lautan dan Nami =  ombak. 

Video tentang bencana alam Tsunami 

https://www.youtube.com/watch?v=xtd6xUuul1s 

4. Bencana Alam Banjir Bandang 

Banjir bandang adalah tenggelamnya suatu wilayah bawah laut secara tiba-tiba akibat aliran air yang besar akibat  aliran sungai yang meluap Banjir dapat disebabkan oleh hujan yang sangat deras, tetapi tidak dapat dikaitkan dengan adanya saluran drainase yang memadai. 

video bencana alam 

5. Bencana Alam Tanah Longsor

Banjir bandang menyebabkan rusaknya batuan dan stabilitas tanah yang menyusun lereng sehingga menyebabkan tanah longsor. 

Tanah longsor dapat disebabkan oleh dua hal yaitu: 

  1. Akibat hujan deras di daerah yang curam, dimana tanah daerah tersebut tidak cukup kuat untuk menahan air akibat pohon yang  ditebang. 
  2. Karena fenomena alam, tanah di daerah tersebut kurang padat,  hujan turun dengan deras dan konturnya landai dan terjal. 

Video tentang bencana alam tanah longsor 

https://www.youtube.com/watch?v=mwPCBpbO3JU 

6. Bencana Alam Kebakaran 

Kebakaran adalah peristiwa kebakaran hutan, lahan dan pemukiman yang menimbulkan kerusakan dan kerugian  ekonomi dan lingkungan Selain itu, kebakaran juga menimbulkan bencana asap yang mengganggu kesehatan dan aktivitas masyarakat di sekitarnya. 

Kebakaran dapat disebabkan oleh faktor alam, namun sebagian besar kebakaran disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan. 

Video kebakaran bencana alam


7. Bencana Alam Angin Tornado 

Tornado adalah angin berkecepatan tinggi yang pusatnya bergerak secara spiral dengan kecepatan 

0-50 km/jam hingga menyentuh tanah. 

Biasanya hanya membutuhkan waktu singkat (3 sampai 5 menit) untuk melewati daerah puting beliung. Namun, kerusakan akibat angin puting beliung bisa sangat parah. 

8. Bencana Alam Kekeringan 

Kekeringan adalah  kondisi dimana ketersediaan air tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan. Bencana alam ini dapat berlangsung berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dan berbahaya bagi makhluk hidup. 

Video bencana alam kekeringan


Contoh Bencana Alam

Berikut beberapa contoh bencana alam yang pernah terjadi: 

  • Contoh bencana alam geologis; gempa bumi, tanah longsor, tsunami, letusan gunung berapi, dan lain-lain. 
  • Contoh bencana alam meteorologi; kekeringan, banjir bandang, angin topan dan lain-lain. 
  • Contoh bencana alam luar angkasa; dampak / dampak meteor, badai matahari dan banyak lagi. 

Penyebab Bencana Alam 

Seperti disebutkan di atas dalam pengertian bencana alam, penyebab bencana alam tidak hanya disebabkan oleh manusia, tetapi juga oleh alam. Penjelasannya sebagai berikut : 

1. Bencana yang Diakibatkan Oleh Alam 

Bencana alam biasanya disebabkan oleh alam itu sendiri. Ketika terjadi perubahan ekstrim di alam, terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami,  gunung meletus dan lain-lain. 

2. Bencana Akibat Ulah Manusia 

Selain perubahan alam, bencana juga terjadi akibat ulah manusia. Banyak orang melakukan tindakan tidak bertanggung jawab yang akhirnya berujung pada bencana alam. 

Beberapa bencana alam akibat ulah manusia adalah: 

  • Banjir akibat sampah  
  • Tanah longsor akibat penebangan liar 
  • Kebakaran hutan akibat pembakaran pohon untuk membuka lahan baru  
  • Kekeringan akibat pengambilan dan penggunaan air yang berlebihan. 
Baca juga: Pengertian Evakuasi

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian bencana alam, jenis bencana alam, contoh bencana alam, dan penyebab terjadinya bencana alam.

Share

0 Response to "√ Pengertian Bencana Alam: Jenis-Jenis, Macam, dan Penyebab Bencana Alam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel