√ Pemanasan Global: Pengertian, Dampak, Penyebab, dan Solusi Mengatasinya

Pengertian pemanasan global adalah


Pengertian Pemanasan Global Adalah

Apa yang dimaksud dengan pemanasan global? Pengertian pemanasan global adalah proses dimana suhu rata-rata bumi meningkat di lapisan atmosfer, daratan dan lautan. 

Pemanasan global sangat erat kaitannya dengan polusi udara di seluruh dunia. Peningkatan karbon dioksida, efek rumah kaca, gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil dan aktivitas manusia lainnya telah menjadi sumber utama pemanasan global selama bertahun-tahun. 

Berdasarkan hasil penelitian para ahli, ditetapkan bahwa suhu bumi meningkat pesat hingga 0,6 derajat selama satu abad terakhir. Ini mungkin tampak kecil, tetapi pemanasan global berdampak besar pada kehidupan di Bumi.

Baca juga: Pengertian Analisis

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu pemanasan global, kita dapat merujuk pada pernyataan beberapa ahli sebagai berikut:

1. Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat

Menurut pendapat agen perlindungan lingkungan Amerika Serikat pengertian pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata  bumi, baik dulu maupun sekarang. Efek rumah kaca adalah penyebab terbesar pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim.

2. Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat

Menurut pendapat Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat pengertian pemanasan global adalah peningkatan suhu atau suhu rata-rata di permukaan bumi sebagai akibat dari efek rumah kaca.

Efek rumah kaca adalah peristiwa yang mengikat panas ke dalam tanah, karena dicegah oleh gas-gas yang dilepaskan ke atmosfer, seperti karbondioksida (gas buang kendaraan bermotor, asap pabrik atau industri, kebakaran hutan).

3. Natural Resources Defense Council (NRDC)

Menurut NRDC pengertian global warming atau pemanasan global adalah proses peningkatan suhu udara yang disebabkan oleh karbon dioksida yang memerangkap panas di atmosfer, yang dapat mengancam perubahan iklim dan menimbulkan bencana di permukaan bumi. NRDC mengatakan bahwa pemanasan global adalah krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar saat ini.

4. National Wildlife Federation

Menurut pendapat National Wildlife Federation, global warming atau pemanasan global adalah peningkatan suhu bumi yang menyebabkan berbagai bencana alam seperti angin topan, kekeringan, banjir dan lainnya. Pemanasan global juga menyebabkan perubahan habitat bumi dan membunuh banyak spesies.

Baca juga: Pengertian Observasi

Faktor Penyebab Pemanasan Global

Faktor Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global disebabkan oleh gaya hidup manusia, pola konsumsi dan teknologi di beberapa negara maju. Beberapa negara maju menjadi penyumbang terbesar pemanasan global, seperti Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris dan beberapa negara lainnya. 

Seperti disebutkan di atas dalam pengertian pemanasan global, beberapa penyebab pemanasan global adalah sebagai berikut:

1. Polusi Karbon Dioksida

Karbon dioksida ini berasal dari berbagai proses manusia, mulai dari proses pembakaran mesin kendaraan, pabrik. dan mesin industri, pembangkit listrik bahan bakar fosil dan lain-lain. 

Polusi karbon dioksida adalah penyebab terbesar pemanasan global saat ini. Hal ini semakin diperparah dengan jumlah kendaraan bermotor di berbagai belahan dunia yang semakin meningkat.

2. Penggunaan Bahan Kimia

Banyak produk dan kebutuhan manusia yang menggunakan bahan kimia, salah satunya pupuk tanaman. Meski dianggap berbahaya, pupuk kimia tetap digunakan. 

Pupuk kimia mengandung gas nitrogen oksida, yang kekuatannya 300 kali lebih panas dari karbon dioksida. Jadi bisa dibayangkan efek penggunaan pupuk kimia yang berlebihan terhadap pemanasan global.

3. Penebangan dan Pembakaran Hutan

Penebangan dan pembakaran hutan secara liar dan tidak terkendali juga merupakan penyebab terbesar pemanasan global. Seperti yang kita ketahui, pohon dibutuhkan di hutan untuk menambah oksigen bagi organisme darat. 

Selain polusi udara, penebangan dan pembakaran pohon-pohon tersebut juga mengakibatkan hilangnya sebagian “paru-paru” dunia untuk mendaur ulang karbon dioksida.

4. Efek Rumah Kaca

Bangunan tinggi dan rumah kaca tidak dapat menyerap panas matahari atau memantulkan sinar matahari ke atmosfer. Sayangnya, panas ini terperangkap di atmosfer oleh polusi udara yang disebabkan oleh karbon dioksida, metana, sulfur dioksida, dan uap air. 

Jadi panas yang tidak diserap kembali ke bumi dan dipertahankan di sana. Proses ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan menyebabkan peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi secara terus menerus.

Baca juga; Pengertian Asumsi

Dampak Pemanasan Global

Dampak Pemanasan Global

Secara umum pengaruh pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata bumi. Namun,  pemanasan global menimbulkan banyak dampak, baik itu iklim dan cuaca, kenaikan permukaan laut, ekosistem dan lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa dampak pemanasan global:

1. Perubahan Iklim dan Cuaca

Pemanasan global menyebabkan perubahan iklim dan cuaca di berbagai belahan dunia. Hal ini disebabkan oleh perubahan kondisi atmosfer di berbagai tempat akibat pemanasan iklim.

2. Hujan Asam

Asap yang dihasilkan dari pembakaran batu bara dan minyak bumi menghasilkan sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Ketika kedua gas ini bereaksi di udara, mereka menghasilkan asam nitrat, asam sulfat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya hujan asam. 

Hujan asam dapat merusak benda logam, tanaman, menyebabkan gangguan pernapasan, dan lain sebagainya.

3. Mencairnya Es Kutub Utara dan Selatan  

Sebagian besar wilayah Kutub Utara dan Selatan tertutup es yang dapat memantulkan sinar matahari. Pemanasan global menyebabkan es mencair di kutub utara dan selatan. 

Saat es di kutub utara dan selatan terus mencair, semakin banyak panas matahari yang diserap dan panas dihasilkan. Selain itu, pencairan es yang semakin cepat akan menyebabkan banyak hewan dari kutub utara dan selatan kehilangan habitatnya.

4. Kenaikan Permukaan Laut 

Es yang mengalir dari kutub utara dan selatan ke laut. Akhirnya, permukaan laut perlahan akan naik. 

Menurut beberapa peneliti, permukaan laut naik hingga 25 cm selama abad ke-20. Dan diperkirakan permukaan air laut akan terus naik hingga mencapai 88 cm. Hal ini tentu saja mengurangi luas daratan di bumi.

5. Ekologis Terganggu

Pemanasan global (Global warming) berdampak besar pada semua makhluk hidup, termasuk hewan dan tumbuhan. Aktivitas manusia yang menyebabkan pemanasan global menyebabkan banyak hewan berpindah ke tempat lain. 

Tumbuhan di kawasan tersebut dapat hilang atau mati karena iklim tidak lagi sesuai dengan habitat aslinya.

6. Menipisnya Lapisan Ozon  

Lapisan ozon merupakan lapisan yang menutupi bumi agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pemanasan global menipis bahkan merusak lapisan ozon. 

Efek penipisan ozon adalah sinar matahari langsung pada kulit manusia. Sinar ultraviolet yang langsung mengenai kulit dapat menyebabkan penyakit kulit dan kanker kulit.

7. Pergantian Musim Berubah

Siklus musim di berbagai wilayah di Bumi sedang berubah atau menjadi tidak teratur akibat pemanasan global. Hal ini menimbulkan banyak masalah bagi masyarakat, seperti perubahan musim hujan dan kemarau. 

Pengaruh perubahan musim ini juga dapat dilihat dalam pertanian dan peternakan. Periode tanam dan panen yang tidak pasti mengurangi produksi pertanian dan peternakan.


Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Pemanasan global dapat diatasi dengan tindakan khusus yang dapat diatasi oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Eksploitasi alam saat ini harus diawasi dengan baik. 

Mengacu pada pengertian pemanasan global di atas, berikut beberapa upaya sederhana untuk mengatasinya:

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor telah menjadi alat transportasi yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Namun, kita sering lupa bahwa emisi kendaraan bermotor meningkatkan karbondioksida yang menyebabkan pemanasan global.

Untuk mencegah global warming, kita dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggunakan angkutan umum. Dengan cara ini, polusi udara berkurang dan dapat membantu mengatasi pemanasan global.

2. Menjaga Kelestarian Alam

Penggunaan hasil alam yang berlebihan lebih berbahaya daripada bermanfaat dalam jangka panjang. Deforestasi dan pembakaran untuk membuka lahan harus dikendalikan atau dihentikan. 

Menanam kembali pohon pada lahan yang terbakar/tebang merupakan langkah konkrit melawan pemanasan global.

3. Mengontrol Pemakaian Listrik

Konsumsi listrik yang berlebihan juga dapat menyebabkan pemanasan global. Kelihatannya sangat sepele, tapi efeknya sangat besar. 

Penerangan dan peralatan listrik dapat memancarkan panas. Bayangkan berapa banyak panas yang akan dilepaskan jika semua orang di bumi menggunakan terlalu banyak listrik. Selain membantu 

4. Pengelolaan Limbah 

Limbah dapat melepaskan gas berbahaya ke udara. Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, gas berbahaya ini dapat menimbulkan  efek rumah kaca yang menyebabkan panas matahari tetap berada di bumi. 

Pengelolaan limbah domestik dan industri dapat membantu mengatasi pemanasan global. 

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian pemanasan global, penyebab dan akibatnya, serta cara sederhana untuk mengatasi pemanasan global. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share

0 Response to "√ Pemanasan Global: Pengertian, Dampak, Penyebab, dan Solusi Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel