√ Pengertian Asumsi: Penelitian, Filsafat, dan Arti Asumsi Dalam Ekonomi (Lengkap)

Pengertian Asumsi: Penelitian, Filsafat, dan Arti Asumsi Dalam Ekonomi (Lengkap)


Asumsi Adalah

Sebenanrya apa yang dimaksud dengan asumsi? Apa itu asumsi? Secara umum, pengertian asumsi adalah anggapan atau pernyataan sementara yang belum terbukti kebenarannya dan memerlukan pembuktian langsung. Ada juga yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan asumis adalah penilaian terhadap keadaan tertentu yang belum terjadi. 

Arti asumsi adalah skenario untuk mensimulasikan situasi yang mungkin terjadi dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang kompleks dan komprehensif. Asumsi sering termasuk dalam kategori aturan praktis.

Asumsi juga bisa dianggap suatu landasan yang dianggap benar, sekalipun untuk sementara, dapat juga diartikan sebagai dasar berpikir, karena suatu anggapan bukanlah suatu kepastian. Orang membuat asumsi karena ingin mengetahui, bertanya, memprediksi, atau mencurigai sesuatu yang akan atau telah terjadi. 

Setiap orang dapat membuat asumsi dan segalanya. Singkatnya, pengertian asumsi adalah asumsi sementara yang diyakini oleh pembuat asumsi itu benar dan itu membutuhkan bukti untuk membuat pernyataan itu benar-benar mutlak.

Baca juga: Pengertian Analisis

Arti Asumsi dalam Ekonomi

Pada dasarnya arti penting asumsi dalam ilmu ekonomi hampir sama dengan penjelasan di atas, namun konteksnya hanya dalam bidang ilmu ekonomi. Salah satu contoh asumsi ekonomi yang banyak digunakan adalah asumsi Ceteris Paribus

Asumsi Cateris Paribus digunakan untuk menyatakan hubungan antara harga dan kuantitas produk, yaitu mengurangi faktor-faktor kompleks untuk menyederhanakan berbagai formula dalam ilmu ekonomi.

Pengertian Asumsi dalam Filsafat

Arti asumsi dalam filsafat adalah spekulasi tentang realitas alam yang ada baik dalam bentuk abstrak maupun konkrit. Dalam filsafat, asumsi merupakan bagian dari antologi yang berguna untuk menambah pengetahuan dan sebagai dasar penelitian untuk membuktikan kebenaran. Dalam penelitian biasanya menggunakan asumsi dasar karena faktor yang sebenarnya sangat kompleks.

Pengertian Asumsi Penelitian

Pengertian asumsi penelitian adalah setiap pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya dalam penelitian melalui eksperimen. Dalam penelitian biasanya menggunakan asumsi dasar karena faktor yang sebenarnya dalam kehidupan nyata sangat kompleks.

Penyampaian Asumsi

Ada asumsi yang dapat disampaikan secara terbuka, ada yang tidak. Namun pada prinsipnya, asumsi juga dapat disampaikan secara tidak langsung dalam tuturan. 

Kita melihat contoh asumsi dalam bidang ilmu pengetahuan, yaitu asumsi tentang objek empiris diantaranya sebagai berikut; 

  • Asumsi pertama adalah bahwa beberapa objek memiliki kesamaan, seperti properti, struktur, bentuk, dll. Dengan asumsi ini, objek-objek yang memiliki kemiripan tertentu dapat dikelompokkan menjadi satu. 
  • Asumsi kedua, asumsi bahwa objek tidak berubah sepanjang waktu. Namun pada prinsipnya, tidak ada yang namanya daya tahan mutlak, karena pada dasarnya semua hal berubah dari waktu ke waktu. 
  • Asumsi ketiga, anggapan bahwa setiap peristiwa dan fenomena bukanlah suatu kebetulan, melainkan karena hukum sebab akibat (determinisme). 
Baca juga: Pengertian Observasi

Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana tentang pengertian asumsi, pentingnya asumsi dalam ilmu ekonomi, filsafat dan penelitian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share

0 Response to "√ Pengertian Asumsi: Penelitian, Filsafat, dan Arti Asumsi Dalam Ekonomi (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel