√ Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya

√ Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya


Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda

Seperti yang sudah saya sebutkan niche blogging sebelumnya. Bagi mereka yang tidak tahu dengan niche blog, itu adalah topik blog atau topik diskusi. Sebagai blogger kita bebas mengisi konten sebanyak yang kita mau, namun dengan fokus pada niche blog anda akan mendapatkan nilai tambah dibandingkan konten blogger campuran. 

Pada dasarnya, tidak ada aturan bagi seorang blogger untuk mengisi konten mereka dengan topik tertentu. Tapi bayangkan jika kita memiliki sebuah blog, kita mengisinya dengan konten yang tidak konsisten. Misal kita bicara makanan, lalu mencampurnya dengan mobil, blog kita akan kurang menarik.

Niche blog adsense bayaran tinggi seperti niche blog Kesehatan, Finance, Kuliner, Wisata & Travel, Teknologi, Beauty (Kecantikan), Game Online, Edukasi, Olah Raga, Parenting, dan Otomotif.

Topik atau tema blog yang sesuai dengan jiwa seorang blogger akan sangat membantunya mewujudkan apa yang dicita-citakannya saat membuat blog. Kenapa begitu? karena dalam dunia blogging, blog tertentu dengan topik tertentu atau yang biasa disebut dengan niche blog selalu memiliki niche tersendiri untuk pengunjung dan iklannya. Jadi jika Anda benar-benar memiliki tujuan, apakah Anda ingin terkenal atau ingin menghasilkan uang dari blog, pastikan blog Anda memiliki niche tertentu yang cocok untuk Anda dan sesuai dengan passion Anda.

Sayangnya, menemukan tema blog yang tepat tidaklah mudah. Anda perlu menganalisa dan berpikir serius untuk dapat mengambil keputusan untuk memilih topik atau niche blog. Nah, bagi Anda yang masih bingung menentukan topik untuk blog Anda (niche blog), Anda bisa menggunakan teknik tersebut untuk menjawab 5 pertanyaan berikut.

Baca juga: 7 Niche Blog Terbaik yang Diminati oleh Blogger Perempuan

1. Apa Gairah Anda (Passion)? 

Apa pertanyaan pertama yang perlu Anda jawab untuk menentukan topik blogging yang tepat untuk Anda adalah passion Anda? Ya, dengan menjawab pertanyaan ini Anda akan diajak untuk mencari tahu apa yang paling penting bagi Anda, terutama dalam hal minat dan hobi Anda. Tetapi mengabaikan pertanyaan ini tidak semudah yang dibayangkan orang. Karena ada banyak hal yang Anda sukai, Anda harus memilih satu hobi.

Hal inilah yang seringkali membuat para blogger kesulitan untuk menentukan hobi mana yang akan mereka pilih untuk blog mereka. Tetapi ketika Anda menemukan topik yang tepat untuk passion Anda, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk mengelola blog Anda. Ini pasti akan banyak menguntungkan Anda dalam mencapai tujuan blogging Anda yang sesuai topik.

2. Apakah Topiknya Populer? 

Kedua, pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk menentukan apakah topik yang tepat untuk Anda adalah apakah topik tersebut populer? Setelah mengidentifikasi topik berdasarkan passion Anda, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah popularitas topik tersebut. Mengapa harus populer? Karena dengan ceruk pasar yang populer, Anda akan dengan mudah menarik lebih banyak pengunjung blog. 

Saat blog Anda mendapat lebih banyak pengunjung, Anda akan segera menyadari apa yang Anda inginkan di blogging. Dari situ, Anda memang harus lebih jeli dalam mengidentifikasi passion audience Anda. Bila Anda menemukan topik yang tidak populer, lebih baik menggantinya dengan topik lain yang masih berhubungan dengan passion Anda.

Baca juga: 7 Cara Membuat Logo Keren dan Unik Untuk Blog Anda

3.  Niche Blog Berkembang Atau Malah Menyusut?

Apapun yang populer tidak akan bertahan selamanya. Tengok saja beberapa fenomena boyband saat ini yang telah “ditelan” oleh waktu. Di masa lalu, boy band sangat populer. Jadi dari sini, Anda tidak boleh terjebak dengan ketenaran instan atau sesaat. Anda harus menemukan tema yang  berkelanjutan dan berkembang serta tidak memakan waktu lama.

Dalam dunia bisnis, itu bisa berarti sesuatu di luar musim. Dengan tema blog non-musiman ini, Anda akan bisa mendapatkan traffic yang stabil dari pengunjung blog. Jadi dari sana, Anda harus bisa menjawab pertanyaan tentang popularitas berkelanjutan dari topik pilihan Anda.

4. Topik Apa yang Menjadi Persaingan Antar Blogger? 

Selain itu, memilih niche blog ini, seorang blogger harus menjawab seberapa sulit persaingan topik yang Anda pilih? Layaknya sebuah bisnis, dalam blogging yang sebagian besar dijalankan oleh orang-orang, persaingan tidak bisa dihindari. 

Jadi, untuk lebih mudah mencapai tujuan Anda dalam blogging, Anda harus mencari topik yang  tidak terlalu kompetitif. Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda memilih mata pelajaran yang terlalu jauh dari populer di kalangan masyarakat umum. Coba juga untuk tetap di jalur atau ikuti langkah-langkah sebelumnya.

Baca juga : 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog

5. Apakah Niche Blog Tersebut Menguntungkan? 

Terakhir, pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk menentukan topik blog Anda apakah menguntungkan topik tersebut? Profit di sini tidak hanya berlaku untuk blogger yang fokus menghasilkan uang. Tapi untuk blogger dengan tujuan lain, Anda harus memikirkannya juga. 

Pastikan apa yang Anda buat di blog berbasis niche blog ini akan menguntungkan Anda. Manfaat di sini sendiri dapat dilihat dari kemajuan yang Anda rasakan setiap hari atau minggu ke minggu dan bulan ke bulan dalam mencapai tujuan blogging Anda.

Manfaat dan Keuntungan Menerapkan Niche Blog Terfokus

  • Pengunjung setia - dari blog niche berfokus pada membahas topik yang akan membuat blog Anda ditargetkan dan pengunjung spesifik. Untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman mengunjungi blog Anda. 
  • Pengunjung mengenal Anda sebagai seorang ahli - dengan menulis artikel berkualitas dengan niche tertentu,  orang akan berpikir Anda ahli dalam niche tersebut, sehingga blog Anda akan terlihat lebih profesional. 
  • Monetisasi blogging lebih mudah - menghasilkan uang adalah salah satu alasan banyak orang memulai blogging, Anda dapat menghasilkan uang dari iklan di blog ini dengan bergabung dengan Google AdSense dan lainnya. Dengan niche blog yang ditargetkan, Google akan menganggap blog Anda layak untuk menampilkan iklan. 
  • Meningkatkan SEO blog - dengan blog yang berfokus pada niche tertentu, mesin pencari akan lebih mudah menentukan peringkat blog Anda. Dengan cara ini kemungkinan untuk mencapai peringkat pencarian tertinggi.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

Tips Memilih Niche Blog Terbaik

Setelah mengetahui daftar niche blog menarik di atas, tentu kita memahami peluang dan potensi dari masing-masing relung tersebut di atas. Plus, tentu saja, Anda sudah tahu cara memilih niche blog. Jadi, putuskan sekarang dan mulailah menulis posting blog Anda. 

Untuk memilih niche blog, Anda dapat menggunakan beberapa metode, seperti: 

  • Gunakan Google Trends atau alat lain untuk mengidentifikasi level potensial dan peluang pasar. 
  • Pilih topik yang Anda sukai dan jangan memaksakan diri untuk menulis topik yang tidak Anda ketahui. 
  • Jika suatu niche blog memiliki pembahasan mandalam, targetkan subtopik dengan persaingan keyword rendah. 
  • Ketahui prospek jangka panjang dari niche blog pilihan Anda. 

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

Sekarang Anda tahu niche blog mana yang harus dipilih dan mana yang berpotensi menguntungkan. Selanjutnya, jangan lupa untuk membuat konten yang berkualitas dengan melakukan optimasi SEO yang akan meningkatkan pengunjung blog Anda. Dengan blogging yang tepat dan optimasi yang tepat, bersiaplah untuk menuai keuntungan yang jauh lebih besar dari blogging Anda.


Share

0 Response to "√ Cara Menentukan Niche Blog yang Tepat Untuk Anda? Berikut Ini Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel