√ 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog

Tujuan dan Alasan seseorang menjadi blogger


4 Hal Tujuan Seorang Blogger Profesional

Apa yang dimaksud blog? Blog adalah media online yang bisa dijadikan sebagai wadah informasi untuk diberikan kepada pengunjung blog, mereka yang mencari informasi di Google dan mendapatkan informasi tersebut dari blog. Beberapa tujuan dan alasan kenapa seseorang menjalani sebuah blog.

Tidak ada alasan mengapa seseorang tidak boleh membuat blog. Ini mungkin yang dapat menunjukkan keadaan dan kondisi saat ini. Blogging sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, berbagai cara dan teknik bisa digunakan untuk menarik seseorang ke blog.

Kegiatan ngeblog yang kini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja sebenarnya lebih menarik ketika ada peluang seseorang untuk mendapatkan penghasilan darinya. Dengan dampak yang dapat diprediksi, jumlah blog yang hadir di dunia online ini semakin bertambah setiap tahunnya.

Kehadiran teknologi dan pertumbuhan Internet yang konstan tentu juga berkontribusi mengapa permintaan akan blog meningkat. Blog sebagai media yang identik dengan penyedia informasi, sebenarnya lebih mudah dan murah untuk diakses dibandingkan media massa lainnya. Akibatnya, banyak orang beralih ke blog untuk mendapatkan dan memperbarui informasi mereka.

Contoh blog makanan yang membahas seputar kulineran dan aneka macam makanan khas daerah, tentunya blog tersebut banyak dicari oleh travel blogger untuk medapatkan informasi tentang makanan khas suatu daerah tertentu.

Dari potensi permintaan yang besar untuk media blogging ini, banyak orang membuat blog. Namun di luar alasan atau tujuan selain mencari keuntungan untuk menghasilkan uang, ada beberapa tujuan yang menjadi alasan seseorang menjadi seorang blogger dan memulai serta menjalankan sebuah blog. Berikut beberapa tujuan yang sering membuat seseorang menjadi blogger dan blogger aktif.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

1. Sebagai Media Informasi dan Pendidikan 

Tujuan pertama pembuat dan pengelola blog pada umumnya adalah untuk berbagi dan mendidik atau mengedukasi. Benar sekali, dengan ilmu dan pengalaman seorang blogger, mereka akan menikmati keceriaan berbagi dan mengedukasi para pengguna internet dan khususnya pengunjung blog mereka.

Blog ini dijalankan oleh orang-orang yang suka berbagi dan mendidik, sering kali menampilkan artikel yang informatif dan bermanfaat untuk dibaca. Topik atau niche blog dapat bervariasi tergantung pada pengetahuan dan pengalaman blogger. Blog berbasis sharing ini biasanya tidak mempedulikan jumlah hits atau jumlah pengunjung, karena hanya mementingkan kepuasan berbagi ilmu dan pengalaman.

Contoh blog pendidikan yang berisi informasi tentang seputar topik pendidikan, maka blog tersebut banyak dicari oleh anak-anak sekolah, mahasiswa, guru dan lainnya. Oleh karena itu, semakin jelas bahwa berbagai macam informasi yang kita butuhkan bisa diakses melalui sebuah blog.

Baca juga : 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk Tipe yang Mana?

2. Untuk Mempromosikan Produk dan Jasa Komersial 

Namanya promosi, tentunya blog ini tidak akan jauh dari dunia bisnis. Ya, blogger membuat dan mengelola blog yang kemudian mereka gunakan untuk promosi ini yang akan terlihat dari artikel blog atau konten blog yang diposting.

Beberapa kesamaan dengan blog ini adalah foto produk, harga bahkan penawaran beli. Namun meskipun ditujukan untuk kegiatan komersial atau bisnis, tetap sah sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku, seperti mengiklankan narkoba atau menggunakannya untuk menipu.

Blog selalu berkaitan dengan bisnis, karena selain memberikan informasi juga bisa dijadikan sebagai tempat mempromosikan produk, baik itu produk sendiri maupun produk orang lain yang ingin dipromosikan oleh blog kita. Sebagai imbalannya kita akan mendapatkan jasa endorse dari pemilik bisnis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa blog bisa menjadi bisnis jangka panjang.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

3. Tempat Menuangkan Hobi atau Kesukaan

Jaman semakin canggih untuk menuangkan ide dan tulisan bisa menggunakan sebuah blog, saat ini blog bisa menjadi tempat untuk menulis artikel yang memuat informasi-informasi bermanfaat untuk dipublikasikan kepada semua orang yang membutuhkan informasi tertentu. Blog bisa dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan hobi dalam berbagi konten blog.

Banyak blogger sebenarnya memulai karir blogging ini dari hobi atau kesukaan. Secara umum, hobi menulis menjadi dasar yang sering memotivasi para blogger untuk melakukan kegiatan blogging. Karena lebih mudah dan cepat, mereka memilih blogging sebagai cara untuk menulis artikel dan melatih hobi mereka dalam membuat konten blog.

Blog yang didedikasikan untuk hobi ini sering mencakup berbagai topik. Beberapa memiliki tema  blog pribadi yang isinya meliputi kegiatan sehari-hari, keluhan dan konten informasi. Blog berbasis minat ini juga sering menampilkan niche blog dengan konten yang khusus disesuaikan dengan keinginan blogger.

Blog ini hampir seperti blog bersama yang tidak mengutamakan pengunjung. Dengan bisa sering menulis, para blogger blog ini juga merasa senang. Tidak selalu harus berkaitan dengan uang dengan aktifitas blogging juga bisa menyalurkan ide dan berbagi informasi.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

4. Profesionalisme dan Menghasilkan Uang 

Selain menjadi tempat untuk berbagi informasi, blog adalah cara untuk meningkatkan profesionalisme seseorang dalam membuat artikel blog. Tentunya ketika profesionalisme itu sudah diraih oleh seorang blogger, selanjutnya bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog tersebut. 

Pada akhirnya, tujuan keseluruhan dari blogging adalah profesionalisme. Blog yang berorientasi profesional ini biasanya didasarkan pada kegiatan monetisasi untuk mendapatkan penghasilan uang dari blog. Saat ini, Anda dapat menggunakan blog untuk menghasilkan uang melalui kegiatan monetisasi dengan Google Adsense. Secara umum blog tersebut berdasarkan profesionalisme adalah blog niche (blog khusus).

Blog ini juga dicirikan dengan penggunaan kata-kata yang baku dan isinya juga padat dan informatif. Karena dapat menarik iklan untuk menghasilkan uang, saat ini banyak blogger penuh waktu (fulltime blogger) yang fokus menjalankan blog yang lebih menarik dan lebih informatif.

Ketika sudah menjadi seorang yang profesional dalam dunia blogging, maka langkah selanjutnya adalah menjadi blogger profesional dan bisa menghasilkan uang dari blog. Siapapun di dunia ini pasti membutuhkan uang, bahkan untuk menulis artikel blog kita membutuhkan laptop, kuota internet, dan waktu. Jadi, ada pengorbanan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger, sehingga ketika blog sudah bisa menghasilkan uang itu menjadi sebuah pencapaian luar biasa bagi para blogger.

Selain bisa menutupi biaya operasional selama menjalankan dunia blog, penghasilan dari blog bisa menutupi biaya tersebut dan bisa memiliki uang lebih untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan lainnya. Terlihat jelas bahwa kesuksesan bisa membuat seseorang bisa membantu yang lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Kesimpulan

Dengan banyak membaca tentunya kemampuan untuk menulis artikel blog semakin meningkat dan kosa kata semakin variatif. Sehingga apapun informasi dalam sebuah blog bisa mendapat hal-hal positif lainnya. Selain itu, profesionalisme seorang blogger terus menerus meningkat dan menjadikan skillnya bertambah.

Demikianlah beberapa hal yang dijelaskan mengenai tujuan seseorang menjadi blogger, selain ingin menjadi blogger profesional tentunya bisa menghasilkan uang dari blog. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan menjadi wawasan tambahan dalam keilmuan blogger Anda.


Share

0 Response to " √ 4 Hal yang Biasanya Menjadi Tujuan Seseorang Ketika Ngeblog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel