√ 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk Tipe yang Mana?

Cara mengetahui pengunjung blog


Tipe-Tipe Pengunjung Blog

Melihat pengunjung blog saat ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu, perlu diketahui bahwa pengunjung blog itu bermacam-macam. Ada yang hanya membaca artikel blog sampai dengan hanya mampir sekilas terhadap sebuah blog. Berbagai macam karakter pengunjung blog yang kita temui untuk sekedar dibahas sekaligus belajar memahami aktivitas visitor blog.

Walaupun pengunjung blog tinggi, namun apa salahnya mempelajari kegiatan apa saja yang dilakukan pengunjung blog ketika berselancar dalam artikel yang kita publish. Memahami hal tersebut tentunya menjadikan sebuah evaluasi untuk membuat blog kita lebih baik dan meningkatkan bounce rate terhadap blog. 

Sebagai produk dunia maya, blog yang dijalankan oleh para blogger kerap menawarkan beberapa fenomena menarik untuk dijelajahi. Media alternatif, yang semula digunakan sebagai tempat untuk berbagi dan mengembangkan bakat ini, tentu saja menjadi lebih populer, karena blog sekarang dapat digunakan untuk memonetisasi guna menghasilkan uang dari blog. Sejak itu, aktivitas blogging semakin  ramai dan banyak orang terlibat dalam dunia blog.

Selain semakin maraknya kegiatan blogging, dampak dari blogging juga tercermin dari munculnya jenis pengunjung blog tertentu. Pengunjung blog yang sebenarnya akan membuat pemilik blog senang karena karyanya ditanggapi dan juga berujung pada peningkatan trafik blog. Namun perlu anda pahami juga bahwa saat ini banyak sekali jenis pengunjung yang bisa membuat pemilik blog bukannya heboh tapi malah terpana. Kamu tidak percaya? Simak saja penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

1. Pengunjung Blog Pendiam

Jenis pengunjung blog yang pertama adalah pengunjung blog pendiam (silent reader). Tipe silent reader ini adalah seseorang yang suka membaca postingan blog tanpa meninggalkan komentar apapun. Pengunjung dengan tipe ini tentunya terlihat menyebalkan bagi kebanyakan blogger karena tidak mau peduli dengan pemilik blogger dan ingin mencari uang untuk dirinya sendiri. Kabar kurang baiknya, silent reader jenis ini dikatakan memiliki jangkauan pengunjung blog terluas daripada blogger lain.

Artinya jenis pengunjung blog ini hanya melakukan kegiatan blogwalking untuk mencari ide dari blog orang lain. Meskipun terlihat menjengkelkan tetapi tipe pengunjung tersebut membantu meningkatkan traffic dalam blog kita.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

2. Loyalitas dan Pengertian 

Loyalitas dan pengertian merupakan tipe pengunjung blog yang menjadi dambaan semua blogger, karena selai membaca secara keseluruhan artikel blog. Mereka juga meninggalkan jejak dalam kolom komentar, serta memberikan saran dan kritikan agar blog kita lebih baik.

Jika Anda secara teratur menerima kunjungan dari orang-orang yang menyukai dan membagikan artikel Anda dan juga meninggalkan komentar yang baik pada setiap konten yang Anda buat, maka selamat untuk blog Anda, saat ini Anda sudah mempunyai tipe pengunjung yang dapat membuat Anda sukses.

Pengunjung pengertian dan setia seperti ini adalah harapan setiap blogger. Bagaimana tidak dengan kehadirannya, trafik blog akan berpotensi lebih tinggi dan lebih ramai. Tentu saja, dengan lebih banyak lalu lintas, Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, seperti popularitas, pendapatan, dan merek yang kuat.

Baca juga : Waktu Produktif Menulis Untuk Seorang Blogger

3. Mampir Sekilas

Walaupun hanya mampir sekilas, tipe pengunjung blog seperti membuat blog kita menjadi bertambah visitornya, walau hanya sesaat pengunjung blog mampu memberikan dampak positif terhadap blog kita.

Tidak seperti silent reader, pengunjung blog jenis ini hanya sekilas mampir meninggalkan jejak  komentar. Sayangnya, komentar yang ditinggalkan oleh orang yang lewat seringkali sangat pendek dan dipertanyakan. Setelah kita menjawab pertanyaannya,  belum tentu dia akan kembali lagi ke blog yang kita kelola.

Namanya juga pengunjung yang lewat. Ciri lainnya dari tamu baru-baru ini adalah mereka datang untuk berkomentar hanya untuk membalas budi karena kita telah blogwalking dan mengomentari blog yang dimilikinya.

Blogwalking menjadi kegiatan untuk blogger profesional, karena selain mencari ide konten blog. Jenis pengunjung blog seperti ini selalu membaca cepat untuk mendapatkan rangkuman terhadapa artikel blog.

Baca juga : Ingin Jadi Guest Blogger? Berikut Ini Prosedur yang Harus Dipahami

4. Pengunjung Blog Review

Jenis pengunjung blog selanjutnya adalah review. Tamu jenis ini tidak hanya akan mengunjungi dan berkomentar, tetapi mereka biasanya akan membahas semua detail tentang blog Anda dan isinya.

Jenis ulasan ini tidak hanya mengomentari konten kiriman, tetapi juga sifat dan penggunaan kata atau frasa yang tidak tepat dalam konten Anda. Ciri lain dari tipe tamu ini adalah memberikan komentar yang panjang dan rinci.

Tipe Pengunjung blog dengan hanya review blog orang lain sering kita temui, dimana mereka hanya mengunjungi blog hanya sekedar blogwalking tanpa meninggalkan jejak, seperti komentar dan lainnya. Sebenarnya pengunjung blog tersebut memiliki blog dengan traffic tinggi. Mereka hanya sekedar melakukan kegiatan membaca dan mencari ide konten blog.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

5. Tukang Promosi

Perkembangan dunia blogging berjalan seiring dengan pertumbuhan bisnis-bisnis yang tentunya akan berpengaruh pada dunia blogger itu sendiri. Saat ini sudah banyak blog yang bertemakan toko online. Dari situ akan muncul tipe pengunjung blog promosi. Mereka mengunjungi blog lain dan tidak membaca blog untuk mencari informasi melainkan promosi sebuah produk.

Namun, orang-orang ini mengunjungi blog dengan misi untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan mereka. Karena dia sering mengunjungi dan mempromosikan melalui komentar, penampilan mereka selalu dianggap sebagai spam. Banyak meninggalkan komentar namun isinya bukan sebuah pertanyaan maupun kritik, mereka malah berkomentar yang isinya link spam. Terkadang komentar yang berisi judi online.

Wajar saja ketika seorang blogger mempromosikan blognya, namun harus memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku sehingga tidak menjadikan spam komentar terhadap blog orang lain. Backlink memang penting untuk sebuah blog, namun seorang blogger harus membuat backlink berkualitas untuk sebuah blog agar diperhatikan oleh mesin pencari (search engine).

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

6. Tukang Stalker

Istilah stalker atau stalking sering kita dengar, istilah tersebut identik dengan seseorang yang sering ingin tahu terhadap kehidupan orang lain. Nah, dalam dunia blogging istilah stalker adalah pengunjung blog yang sering berselancar atau blogwalking untuk mencari ide konten blog dari sebuah blog. Stalker tersebut banyak mengunjungi blog dalam waktu bersamaan.

Tipe pengunjung blog selanjutnya adalah stalker. Seperti namanya, pengunjung blog jenis ini adalah orang-orang misterius yang tidak menunjukkan identitas aslinya tetapi sangat antusias dengan Anda dan blog Anda. Mereka akan terus setia menjadi follower blog Anda, tetapi mereka tidak ingin mengungkapkan identitas mereka.

Pengunjung seperti ini dapat ditandai dengan komentar yang selalu menggunakan status anonim (tanpa nama). Namun meski begitu, pengikut blog memiliki kelebihan dari pengikut media sosial karena Anda akan mendapatkan lalu lintas blog yang bagus dari mereka.

Baca juga : 5 Manfaat Menjadi Guest Blogger di Blog Orang Lain

Demikianlah pembahasan sederhana mengenai tipe-tipe pengunjung blog yang sering kita jumpai dalam dunia blog, tipe pengunjung blog bisa beraneka ragam mulai dari yang hanya mencari informasi sampai dengan mencari ide menulis artikel. Karakter pengunjung blog menarik untuk dibahas karena selain menjadikan sebuah penelitian, sekaligus mempelajari siapa saja orang-orang yang berkunjung terhadap blog yang kita kelola.

Share

0 Response to " √ 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk Tipe yang Mana?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel