√ 5 Manfaat Menjadi Guest Blogger di Blog Orang Lain

√ 5 Manfaat Menjadi Guest Blogger di Blog Orang Lain


Manfaat Menjadi Guest Blogging

Guest blogger atau lebih dikenal dengan blogger tamu adalah orang yang menulis dan memposting di blog orang lain untuk ditampilkan dan dipublikasikan di situs media online tersebut. Saat ini, beberapa blogger menawarkan kepada siapa saja yang ingin menjadi blogger tamu kesempatan untuk mengisi beberapa berita utama di blog mereka.

Selain itu, ketika seorang blogger menjadi guest blogger dan membuat artikel pada blog orang lain, maka kita akan mendapatkan backlink gratis dari blog tersebut. Pentingnya membuat artikel blog yang panjang dan berisi informasi yang solutif bagi pembaca.

Backlink merupakan salah satu contoh dari manfaat yang kita dapatkan ketika menjadi guest blogger, tetapi artikel blog berkualitas yang harus dibuat untuk menjadi guest blogging. Untuk itu cara mendapatkan backlink gratis dari blog orang lain adalah menjadi gues blogger.

Tetapi sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menjadi blogger tamu, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal, terutama yang berkaitan dengan manfaat dan keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan ini. Setidaknya ada lima manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan seseorang jika menjadi  blogger ini. Dibawah ini adalah ulasannya.

Baca juga : Ingin Jadi Guest Blogger? Berikut Ini Prosedur yang Harus Dipahami

1. Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Backlink adalah tautan di situs web yang mengarah ke situs web lain atau halaman web lain. Dalam istilah tautan dasar, tautan balik adalah tautan apa pun yang diterima oleh simpul web (situs web, direktori, halaman web, atau domain tingkat atas) dari simpul web lain.

Backlink penting untuk peringkat optimasi mesin pencari (SEO). Jumlah backlink merupakan indikasi popularitas atau pentingnya sebuah situs web atau halaman (misalnya, digunakan oleh Google untuk menentukan Page Rank sebuah situs web). Selain SEO, backlink situs web dapat memiliki makna pribadi, budaya, atau semantik: mereka menunjukkan siapa yang menarik perhatian ke halaman.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa backlink tidak hanya untuk keperluan SEO, tidak hanya untuk meningkatkan peringkat website tetapi juga memiliki banyak manfaat jika produk tersebut direview secara positif oleh para blogger.

Jika blogger telah menulis cerita produk Anda, review produk, bersiaplah produk Anda akan meledak. Pembeli biasanya selalu berusaha untuk mencari manfaat dari produk atau merek yang akan mereka beli melalui pencarian Google.

Manfaat pertama menjadi blogger tamu adalah mendapatkan backlink yang berkualitas baik. Backlink ini masuk dalam ketegori sangat penting untuk membuat blog Anda lebih kuat di mata mesin pencari. Jadi, ketika Anda menjadi blogger tamu, peluang Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas semakin terbuka luas. Umumnya saat kita submit artikel, admin blog akan secara sukarela memberikan backlink.

Ini karena hubungan simbiosis ini harus saling menguntungkan. Jika admin blog mendapatkan postingan yang diinginkan, blog tamu juga akan mendapatkan reward berupa backlink. 

Jadi dari sana, Anda benar-benar perlu memastikan admin blog mengirimkan backlink setelah Anda memposting artikel. Jadi ketika admin blog tidak menyediakan backlink, Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi blogger tamu lagi.

Backlink sangat penting untuk keberadaan sebuah blog dimata mesin pencari (search engine), oleh karena itu buatlah guest blogger sebanyak mungkin untuk mendapatkan backlink-backlink dari situs blog tersebut.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

2. Bertambah Luas Jaringan Pertemanan 

Dengan menjadi seorang guest blogger maka kita akan semakin dikenal luas oleh semua orang, selain itu lingkaran pertemanan semakin meluas sehingga blog kita banyak dikenal oleh semua kalangan.

Bukan hanya sekedar mendapatkan backlink, Anda juga akan mendapatkan jaringan pertemanan dengan seorang blogger melalui aktivitas bloggingnya. Persahabatan atau Friendship sangat penting bagi kedua blogger. Hubungan antara kedua blogger ini bisa saling menguntungkan jika ingin saling melengkapi.

Tamu yang meluangkan waktu untuk menulis postingan ini dapat dihargai oleh pemilik blogger dengan backlink yang berkualitas. Dan jika keduanya mendapat manfaat dari hubungan ini,  persahabatan ini pasti akan bertahan lama.

Baca juga : Waktu Produktif Menulis Untuk Seorang Blogger

3. Meningkatkan Lalu Lintas Blog (Traffic)

Jika Anda memiliki kesepakatan dengan pemilik blog untuk memposting link blog atau hanya menyertakan profil Anda, maka dengan menjadi blogger tamu Anda bisa mendapatkan traffic blog yang tinggi dan menguntungkan.

Namun, untuk dapat menarik pembaca atau pengunjung blog ke artikel Anda dan diri Anda sendiri sebagai penulis, Anda harus bisa membuat tulisan Anda menarik untuk dibaca dan diakses. Karena ketika pembaca atau pengunjung blog tertarik dengan tulisan Anda di blog orang lain, mereka juga akan tertarik mengunjungi blog Anda sendiri. Ini akan meningkatkan lalu lintas blog Anda.

Traffic blog akan semakin meningkat dengan banyaknya menjadi guest blogger pada blog orang lain, bahkan ketika postingan blog kita berisi informasi yang baik. Maka blog akan semakin dipercaya oleh pengunjung blog dan meningkatkan traffic blog yang kita buat. Artikel blog yang dibuat harus meberikan value terhadap pembaca agar pengunjung blog merasa puas terhadap konten blog yang dipublikasikan.

Baca juga : 4 Tahapan Membuat Ilustrasi Tulisan Untuk Blog Agar Menarik

4. Mengasah Kemampuan Menulis Anda 

Menulis merupakan kegiatan rutinitas seorang blogger setiap hari bahkan setiap jam kapanpun dan dimanapun. Selain mendapatkan backlink dengan menjadi guest blogger Anda juga secara tidak langsung mengasah kemampuan menulis sebuah artikel dan tentunya kemampuan menulis Anda akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Menulislah dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah menulis yang baik dan benar, buatlah konten blog yang menyajikan informasi yang akurat dan terpercaya, sehingga orang lain akan puas terhadap artikel blog yang kita buat.

Menjadi blogger tamu, terutama di blog yang sudah terkenal, tentu akan mendorong Anda untuk menulis artikel sebaik mungkin. Di blog yang sudah terkenal ini, tidak mungkin sembarangan memposting. Pengelola blog (admin) akan secara ketat memilih artikel yang memenuhi syarat untuk dipublikasikan.

Jadi ketika seseorang memutuskan untuk menjadi blogger tamu di tempat terkenal ini, tentu dia akan termotivasi untuk menulis artikel terbaik yang dia bisa. Dari sana, hingga akhir, kemampuan menulis Anda akan terus diuji dan disempurnakan.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

5. Acara Promosi untuk Memperkenalkan Diri 

Setelah menulis konten blog selanjutnya adalah mempromosikan diri Anda sendiri dengan menjadi guest blogger. Seperti yang sudah dibahas diatas secara tidak langsung ketika Anda memutuskan menjadi guest blogger maka personal branding Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu, tingkat kemampuan menulis meningkat dan mendapatkan backlink berkualitas dari blog orang lain.

Manfaat menulis di blog orang lain (menjadi blogger tamu) adalah mendapatkan promosi tentang diri Anda dan blog Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika Anda memiliki kesepakatan dengan pemilik blog untuk menampilkan data atau profil pribadi Anda dan mungkin blog Anda,  secara tidak langsung Anda telah menerima suatu bentuk promosi komersial merek.

Beberapa blogger terkenal mengatakan bahwa mempromosikan diri di blog orang lain sangat efektif dan menguntungkan. Apalagi jika Anda bisa menjadi blogger tamu di tempat atau blog yang sudah mapan maka peluang promosi Anda akan semakin baik.

Dalam menjadi guest blog tentunya simbiosis mutualisme yang artinya kedua belah pihak saling diuntungkan baik itu Anda maupun pengelola blog (admin). Sebenarnya manfaat menjadi gues blogger itu banyak dan Anda bisa menggali lebih dalam lagi mengenai manfaatnya. Oleh karena itu selain membaca manfaat blog dari blog ini, Anda bisa mencari informasi tambahan lainnya dari blog lain.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat menjadi guest blogger di blog orang lain, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam dunia blogging.

Share

0 Response to " √ 5 Manfaat Menjadi Guest Blogger di Blog Orang Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel