√ 4 Waktu Produktif Menulis Untuk Seorang Blogger

Waktu produktif menulis untuk seorang blogger


Waktu Produktif Untuk Menulis

Produktif adalah cara seseorang memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif, kegiatan positif bisa digunakan untuk bekerja di perusahaan, berjualan, belajar di sekolah, mengerjakan PR, memasak bagi ibu rumah tangga, dan kegiatan positif lainnya. Keterkaitan waktu produktif dengan seorang blogger adalah menentukan waktu yang tepat untuk membuat konten blog setelah seharian berarktivitas penuh.

Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi yang intens untuk menghasilkan karya terbaik. Di sinilah banyak orang berjuang dengan menulis dan untuk memperbarui blog mereka. Selain merasa tidak berbakat, banyak orang yang merasa tidak punya waktu untuk menulis dan belum memahami cara menulis yang baik dan benar. Padahal setiap orang mempunyai kesempatan dan waktu yang sama untuk belajar menulis artikel blog dan cara menulis yang sesuai dengan kaidah yang benar.

Tetapi jika seseorang terus berpikir seperti itu, yang sebenarnya terjadi adalah Anda tidak akan pernah bisa menulis selamanya. Meskipun menulis bukanlah sesuatu yang murni bakat, itu bisa dipelajari jika Anda benar-benar ingin belajar. Untuk itu belajar menulis dari sekarang adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan, setiap orang mungkin tidak memiliki bakat tapi setiap orang pasti memiliki waktu yang sama untuk belajar menulis. Terkadang bukan hanya bakat yang membuat seseorang sukses, tetapi kerja keras dan kerja cerdas juga mempengaruhi kesuksesan itu.

Oleh karena itu, belajar menulis adalah sesuatu hal yang penting bagi seorang blogger, karena setiap hari blogger harus membuat artikel untuk memperbarui blognya. Dengan terus belajar menulis maka kemampuan seorang blogger dalam membuat artikel blog akan semakin meningkat, mulai dari skill mencari ide konten, mencari keyword, membuat rencana tulisan, membuat tulisan yang menarik, dan skill-skill lain yang akan terus berkembang. Tips menulis kreatif adalah dengan sering-sering blogwalking dan membaca buku agar banyak kosa kata yang bisa dijadikan tulisan.

Baca juga : 4 Tahapan Membuat Ilustrasi Tulisan Untuk Blog Agar Menarik

Tentukan Waktu Produktif Untuk Blogger

Lalu, bagaimana menentukan waktu untuk menulis? Waktu adalah alasan klasik seseorang untuk menulis. Meskipun waktu ini sangat penting dalam menulis untuk memiliki waktu yang produktif, jika Anda tidak berniat untuk memulai, Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan artikel blog apa pun.

Seorang blogger harus bisa menentukan kapan waktu produktif untuk menulis artikel blog, karena waktu adalah poin yang sangat krusial dalam dunia blogging. Waktu berjalan terus menerus sehingga ketika kita menyia-nyiakan waktu maka hilanglah waktu produktif tersebut. Contoh waktu minggu produktif artinya waktu luang dihari libur yang bisa dimanfaatkan untuk menulis konten blog.

Jadi untuk dapat menemukan waktu yang produktif dalam menulis konten blog, Anda harus mencoba untuk mulai menulis di beberapa titik dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dari trial and error ini, Anda berpeluang besar menemukan waktu produktif yang selama ini Anda cari.

Waktu kerja yang efektif atau waktu produktif benar-benar merupakan kunci bagi blogger untuk membuat banyak artikel. Maka dari sini bagi para blogger yang ingin produktif di blog anda, anda bisa menerapkan strategi menulis di waktu produktif anda. Lantas momen apa saja yang bisa dijadikan waktu produktif? Ini adalah ulasannya.

Baca juga : Travel Blogger Profesional Sering Menggunakan 4 Media Sosial Ini

1. Menulis Pada Pagi Hari

Pertama kali seorang penulis bisa produktif adalah di pagi hari. Anda dapat memanfaatkan  pagi  yang sangat sejuk ini setelah bangun tidur untuk menulis artikel blog secara efektif. Tentunya syarat untuk bisa memiliki waktu kerja yang efektif di pagi hari adalah harus cukup istirahat di malam hari.

Dengan tubuh yang segar setelah tidur nyenyak dan istirahat yang cukup dimalam hari, Anda bisa fokus menulis di pagi hari. Namun, jika Anda tidak cukup istirahat di malam hari semisal begadang semalamnya, Anda mungkin tidak bisa fokus dan produktif saat menulis di pagi hari.

Oleh karena itu, tidur yang cukup dimalam hari sangat penting agar bisa membuat waktu produktif di pagi harinya. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat dan prima kita bisa lebih fokus dalam membuat artikel blog, membuat tulisan kata demi kata membutuhkan otak yang fresh di pagi hari. Sebenarnya arti produktif adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk digunakan dalam kegiatan-kegiatan positif.

Baca juga : Ingin Menjadi Blogger yang Sukses? 4 Etika Blogger Ini Harus Ditanamkan

2. Menulis Pada Siang Hari

Jika Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, Anda bisa mencoba waktu yang produktif pada siang hari. Nah, setelah istirahat penuh, Anda bisa mulai menulis konten untuk blog. Tetapi ketika Anda menulis di siang hari, Anda harus siap dengan hiruk pikuk yang terjadi di sekitar Anda.

Sore hari adalah waktu yang lebih sibuk daripada pagi hari. Namun jika Anda tidak kesulitan menulis dalam suasana sibuk, menulis konten blog di siang hari bisa menjadi pilihan Anda. Dan mungkin siang hari ini adalah waktu yang produktif untuk menulis Anda.

Menulis artikel blog pada siang hari merupakan sebuah tantangan untuk Anda, karena siang hari merupakan kondisi dimana kesibukan terjadi disekeliling Anda. Oleh karena itu, seorang blogger yang menulis artikel disiang hari termasuk kategori orang yang hebat, karena tidak bisa dipungkiri siang hari cuaca panas dan Anda membuat artikel dengan kodisi seperti itu. Tentunya siang hari juga tidak masalah jika memang Anda lebih senang membuat konten blog disiang hari, kapanpun boleh menulis artikel asalkan waktu produktif itu nyaman bagi Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

3. Menulis Pada Sore Hari

Jika Anda sibuk di pagi hari dengan bersiap-siap untuk pergi ke kantor dan di sore hari Anda harus fokus bekerja di kantor, maka pada sore hari setelah pulang kerja, Anda bisa memiliki waktu produktif menulis pada sore hari.

Ketika Anda tidak lagi bekerja terlalu keras dan semacamnya, Anda dapat menulis konten blog Anda  sore hari ini. Anda tidak perlu menulis di rumah jika tidak ingin terjebak macet dalam perjalanan pulang kerja. Apalagi jika pulang kerja menggunakan transportasi umum, maka kemacetan tidak bisa dihindari.

Tapi Anda bisa menulis sore ini dengan nyaman di tempat ngopi (cafe) atau tempat pertemuan favorit Anda. Mengingat kondisi santai di tempat favorit ini, pada sore hari bisa menjadi waktu produktif untuk menulis artikel blog. Dengan menulis artikel blog sore hari akan efektif jika Anda tidak lelah setelah pulang kerja, karena bagaimanapun namanya pulang kerja pasti cape ingin istirahat dan tidur. Tetapi bilamana sore hari lebih nyaman untuk menulis maka tidak masalah dan bisa Anda jadwalkan menjadi waktu produktif untuk menulis konten blog.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

4. Menulis Pada Malam Hari

Terakhir, waktu produktif untuk menulis yang bisa dicoba seorang blogger adalah di malam hari. Jika Anda perlu istirahat dari pekerjaan, Anda dapat mengubah malam menjadi waktu yang produktif untuk menulis. Pada malam  hari ini seseorang juga memiliki banyak kelebihan seperti kondisi lingkungan yang tenang dan juga mendapatkan banyak ide tentang kegiatan hari sebelumnya.

Pada malam hari, Anda sebenarnya dapat memilih berbagai ide dari peristiwa hari yang Anda jalani. Tentunya malam hari dengan lingkungan yang tenang dan sunyi, Anda akan lebih mudah berkonsentrasi untuk menulis dan lebih fokus dalam menulis atau mengimplementasikan ide.

Malam hari setelah isya Anda bisa memulai waktu produktif untuk membuat artikel-artikel blog, karena malam hari bisa lebih nyaman untuk menulis, selepas pulang kerja dan kegiatas semua sudah selesai. Malam hari menjadi pilihan waktu produktif yang tepat untuk merealisasikan ide-ide untuk dijadikan konten blog, sebenarnya waktu produktif itu bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kenyamanan Anda. 

Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda, misalnya ada yang kerja pagi hari dan pulang sore hari, ada juga yang kerja pada malam hari. Terkadang setiap perusahaan bekerja disift sehingga waktu produktif setiap orang berbeda-beda.

Baca juga : Apakah Cara Membuat Blog Anda Sudah Efisien? Coba Cek 5 Hal Ini

Demikianlah pembahasan sederhana mengenai waktu produktif untuk membuat konten blog, mulai dari pagi hari, sore hari, dan malam hari. Gunakanlah waktu sebaik mungkin dan tentukan waktu produktif Anda untuk membuat artikel blog, sehingga dengan menggunakan waktu produktif bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung blog.

Share

0 Response to " √ 4 Waktu Produktif Menulis Untuk Seorang Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel